Penting! Mengenal Surat Rekomendasi Kerja, Contoh, dan Cara Mendapatkannya

Gulman Azkiya Jun 8, 2022 • 9 min read


surat-rekomendasi-kerja

Artikel ini membahas mengenai surat rekomendasi kerja, contoh, dan cara mendapakannya.

--

Seperti yang kamu ketahui, ada beberapa berkas lamaran kerja yang umumnya diminta oleh perusahaan, seperti CV, cover letter, portofolio, dan sebagainya. Namun, di antara berkas-berkas tersebut ada salah satu hal yang dapat mempengaruhi lancarnya sebuah proses lamaran kerja. Yap, yaitu surat rekomendasi kerja.  Surat ini, dinilai dapat menjadi nilai tambah bagi pelamar yang memilikinya. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai hal ini, berikut adalah contoh surat rekomendasi kerja beserta cara mendapatkannya. 

Apa itu surat rekomendasi kerja?

Dikutip dari The Balance Careers, surat rekomendasi adalah surat yang menjelaskan kualifikasi dan keterampilan seseorang yang berkaitan dengan sesuatu pekerjaan. Surat ini ditulis berdasarkan kinerja atau prestasi yang pernah kamu lakukan di tempat sebelumnya.  Di samping itu, surat rekomendasi kerja umumnya berasal dari atasan, manager, atau kolega. Mereka mendeskripsikan kualitas dan kemampuan yang membuat kamu cocok untuk pekerjaan tertentu. 

Adapun surat ini biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan. Dalam penggunaannya, kamu yang berstatus sebagai pelamar  pekerjaan akan meminta surat rekomendasi dari individu yang memenuhi syarat, seperti mantan atasan/manager. Kemudian mengirimkannya langsung ke pemberi kerja atau tim recruiter. Selain dapat memberi dampak positif pada proses penerimaan kerja, dengan menggunakan surat ini kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat lainnya seperti,

  • Membangun kredibilitas
  • Membuat recruiter dan user menjadi lebih yakin atas kemampuamu
  • Lamaranmu menjadi lebih mudah dievaluasi
  • Memberimu nilai lebih dari pelamar yang lain

Cara meminta surat rekomendasi kerja

1. Pilih orang yang tepat

Seperti yang kamu ketahui, bahwa surat rekomendasi ini berasal dari orang lain. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk bisa memilih orang yang tepat sebagai pihak yang memberikan rekomendasi. Salah satu faktor yang dapat dipertimbangkan dalam memilih orang tersebut adalah seseorang yang memiliki hubungan kerja positif denganmu, yang dapat dengan serius mendiskusikan keterampilan dan kemampuanmu. Orang-orang ini dapat bisa jadi adalah atasan, manager, mentor, hingga senior di tempat kerja.

2. Siapkan resume atau portofolio

Dikutip dari Coursera, salah satu cara terbaik untuk mendapatkan rekomendasi yang kuat adalah dengan memudahkan orang yang menulis untuk menyoroti pencapaian dan kemampuanmu. Adapun cara mudah untuk melakukannya adalah dengan memberikan resume dan portofolio kepada orang yang akan menulis surat rekomendasimu. Dengan adanya resume atau bukti pencapaianmu, orang yang akan menuliskan surat tersebut dapat mengetahui apa saja poin-poin yang akan mereka tuliskan.

cara-meminta-surat-rekomendasi-kerja

3. Tanyakan kesediaan orang tersebut

Setelah menentukan orang yang dirasa tepat sebagai pemberi rekomendasi, selanjutnya kamu harus menanyakan kesediaan mereka. Tak menutup kemungkinan, bisa saja orang yang diharapkan malah menolak. Sehingga perlu bagi kamu untuk menanyakan kesediaan mereka sebelum benar-benar mengajukan permintaan surat rekomendasi.

4. Kirim surat resmi permintaan rekomendasi

Langkah selanjutnya adalah mengirimkan surat atau email permintaan rekomendasi secara resmi kepada orang tersebut. Dengan melakukan hal ini, kamu menunjukkan rasa hormat dan dapat sebagai pengingat mereka bahwa kamu sangat membutuhkan surat rekomendasi tersebut.  Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan beberapa poin yang dapat memandu orang tersebut ketika menulis surat rekomendasimu seperti, alasan spesifik rekomendasi, pencapaian, dan kemampuan (soft skill dan hard skill).

5. Ucapkan terima kasih

Nah, hal ini tentunya sangat berhubungan dengan etika. Setelah nantinya surat rekomendasi kamu dapatkan, jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada orang tersebut. Sampaikan juga penghargaanmu atas dukungan mereka dengan surat terima kasih yang bisa dikirimkan melalui email. 

Baca juga: Cara Menyampaikan Ucapan Perpisahan Teman Kerja Lengkap dengan Contohnya

Contoh surat rekomendasi kerja

Secara umum surat rekomendasi memiliki banyak jenis dan tergantung dengan kebutuhan serta bentuk industri kerjanya. Berikut adalah salah satu contoh surat rekomendasi kerja.

contoh-surat-rekomendasi-kerja

Dari contoh di atas, ada beberapa poin penting yang harus ada dalam sebuah surat rekomendasi kerja seperti:

  • Nama penerima 
  • Informasi pemberi dan penerima rekomendasi
  • Pendahuluan dan pernyataan rekomendasi
  • Daftar alasan spesifik dan kualitas kemampuan yang kamu miliki  (soft-skill dan hard-skill)
  • Prestasi dan bukti pencapaian
  • Pernyataan penutup dengan informasi kontak pemberi rekomendasi
  • Tanda tangan

1. Contoh surat rekomendasi kerja

 

Surat Rekomendasi Kerja

 

Jakarta, 10 Juni 2022

Yth.
HRD PT Sukma Bintang Abadi
Jalan Raya Luar 12, Jakarta

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Putri Bunga
Jabatan : Public Relation Manager
NIK : 01010000023232

Bertindak mewakili PT Jaya Relasi Selalu untuk memberikan rekomendasi kerja kepada mantan karyawan kami: 

Nama : Desy Wulandari
Alamat : Jalan Pangeran No. 12, Jakarta

Pada saat bekerja di PT Jaya Relasi Selalu, saudari Desy Wulandari selalu menunjukkan kinerja yang baik dan dedikasi tinggi. 

Sebagai seorang Public Relation, Desy tidak hanya memiliki kemampuan komunikasi yang luar biasa, tetapi juga kemampuan manajemen krisis yang baik. Sehingga dia mampu menangani berbagai permasalahan yang menyangkut publisitas perusahaan. Selain itu, dalam mengelola program kampanye perusahaan, Desy memiliki perasaan yang sangat baik untuk mengukur opini publik dan memproyeksikan reaksi publik terhadap kampanye tertentu.

Selama 3 tahun bekerja, Desy telah berhasil membantu tim dalam menjalankan berbagai program. Mulai dari  membangun hubungan yang sangat baik antara perusahaan dengan publik, mengembangkan profil perusahaan, hingga membantu dalam melancarkan berbagai program kampanye.

Dengan pengalaman yang dimilikinya, saya yakin bahwa Desy dapat memberikan kinerja yang baik dan akan menjadi aset besar bagi perusahaan Anda. Jika tertarik, Anda dapat menghubungi saya melalui email putribunga@email.com untuk membahas lebih lanjut tentang keterampilan dan pengalaman Desy.

Demikian surat rekomendasi kerja ini diterbitkan semoga dapat digunakan semestinya.


Hormat saya,

Putri Bunga
Public Relation Manager 


2. Contoh surat rekomendasi kerja 2

 

10 Agustus 2022

Yth.
Marketing Manager PT Melati Mawar
Jalan Bintang Kejora 4, Jakarta

 

Bersamaan dengan surat ini, saya ingin merekomendasikan mantan anggota tim saya Putri Bunga, untuk mengisi posisi senior copywriter di Perusahaan Melati Mawar. Selama 5 tahun bekerja sama dengan Putri, saya selalu terkesan dengan kemampuannya dalam menulis dan menghasilkan copy yang sangat cocok bagi konsumen. 

Dalam bekerja sebagai copywriter, Putri bisa mengubah informasi menjadi copy dengan baik yang memiliki nilai jual serta dapat menarik perhatian konsumen. Dia juga sangat berbakat dalam mengembangkan tulisan yang dapat diaplikasikan di berbagai konten marketing.  

Selain itu, Putri juga memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik, kreativitas yang tinggi, dan kemampuan untuk merencanakan strategi marketing pada saat mengerjakan proyek penting. 

Saya yakin, Putri akan menjadi aset yang bagus untuk tim Marketing Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai kemampuan Putri, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email bagassul@email.com.

 

Hormat saya, 

Bagas Sulaiman
Marketing Manager PT Mujur Abadi Selalu
bagassul@email.com

 

3. Contoh surat rekomendasi bahasa inggris

Social Media Manager 
PT Sukma Bintang Abadi
Jalan Raya Luar 12, Jakarta

 

Dear Social Media Manager,

It's my pleasure to recommend Veronica Putri as Social Media Specialist di PT Sukma Bintang Abadi. As Social Media Manager at Digital Jaya Abadi, Veronica showed excellent communication skills with a positive attitude. 

On a personal level, she's charismatic and highly creative. Besides that, she has a skillful knowledge of media editing software such as Photoshop, Premiere Pro, and is familiar with managing content. In managing social media, She also has good analytical skills in developing campaign programs. This is because of her understanding of using several tools such as Google Analytics and Keyhole.

One of Veronica's achievements is that she has successfully assisted the team in creating effective marketing strategies on social media. The impact of this strategy is increased engagement on all social media, which is certainly good for business growth.

In closing, I'd like to restate my strong support for Veronica to the role of social media specialist in PT Sukma Bintang Abadi.  Please feel free to contact me at haniabudi@email.com with any other questions. Thank you for your time.

Regards,

 

Hania Budi
Social Media Manager
Digital Jaya Abadi
haniabudi@email.com

 

Itulah penjelasan dan beberapa contoh surat rekomendasi kerja yang mungkin bisa digunakan. Jika kamu berniat untuk mengetahui lebih dalam mengenai tips dan cara interview kerja, kamu bisa klik banner di bawah ini atau langsung saja mengunjungi Skill Academy. Karena di Skill Academy tersedia berbagai kelas dengan materi yang spesifik. Tunggu apa lagi, yuk upgrade skill-mu.

interview kerja dan cara menjawabnya

Referensi

Doyle, Alison. (2022). Recommendation Letters for Employment. https://www.thebalancecareers.com/recommendation-letters-for-employment-2060512 [Daring] (Diakses 6 Juni 2022)

Indeed.com. (2022). Tips To Request and Write a Letter of Recommendation. https://www.indeed.com/career-advice/career-development/how-to-write-a-letter-of-recommendation-with-examples [Daring] (Diakses 6 Juni 2022)

Safier, Rebecca. (2020). Direct Manager's Letter of Recommendation for an Employee. https://blog.prepscholar.com/employee-recommendation-letter-sample [Daring] (Diakses 8 Juni 2022)

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Masih dalam tahapan mempelajari SEO dan Digital Marketing

Beri Komentar