8 Top Skill yang Harus Kamu Miliki Sebagai Seorang Manajer

Gulman Azkiya Sep 15, 2022 • 9 min read


skill yang harus dimiliki manager

Berencana menjadi seorang manager? Cek dulu beberapa skill berikut agar kamu nantinya dapat memimpin tim dengan baik. 

--

Beberapa dari kamu mungkin sedang berada di jalur karier yang baik. Berbagai peluang mulai muncul dan mulai mendatangimu. Salah satunya yaitu tawaran untuk mengisi posisi yang lebih tinggi, misalnya saja sebagai seorang manajer. Namun, untuk dapat menjalankan tanggung jawab pada posisi tersebut tidaklah mudah. Adapun kamu harus mempunyai skill yang secara umum dimiliki oleh seorang manajer. Tapi apa saja itu? Nah, tanpa basa-basi lagi, yuk, simak beberapa skill yang bisa kamu latih untuk dapat menjadi seorang manajer yang baik. 

  1. Relationship management
  2. Leadership 
  3. Komunikasi yang baik
  4. Team building
  5. Problem solving
  6. Strategic thinking
  7. Ketahanan dan kecerdasan emosional
  8. Domain Knowledge

Skill yang harus dimiliki manager

1. Relationship management 

Sebagai seorang manajer sangat penting untuk dapat mengelola setiap hubungan, khususnya dalam ruang lingkup pekerjaan. Mulai dengan sesama tim, atasan, hingga dengan para pemangku kepentingan. Jika disederhanakan manager berada di posisi antara karyawan setingkat staf dan para petinggi perusahaan. Oleh karena itu, memiliki kemampuan untuk menjaga kelancaran hubungan dengan setiap pihak sangat perlu bagi seorang manajer.

Contoh sederhana adalah mengelola hubungan dengan tim. Sebagai seorang manager dia harus dapat menunjukkan cara berhubungan yang baik, mulai dari kesadaran, kepemimpinan, hingga dengan cara berkomunikasi dengan timnya. Karena hal ini dapat membantu kesuksesan departemen atau organisasi atau malah sebaliknya. 

Dikutip dari blog Stafford University, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menumbuhkan keterampilan manajemen hubungan yang baik,

  • Kendalikan emosi: Jangan reaktif terhadap suatu situasi, luangkan beberapa saat untuk menenangkan diri sebelum merespons.
  • Dengarkan pendapat orang lain: Ada saat-saat ketika keterampilan manajer dalam suatu area atau topik bisa jadi kurang efektif dibandingkan dengan karyawan atau rekan kerja mereka. Akui keahlian orang lain dan biarkan mereka mengambil poin untuk hasil terbaik.
  • Ambil minat aktif: Perlakukan setiap karyawan atau rekan sebagai individu, bukan hanya sumber daya. Kenali mereka sebagai individu, dengan harapan, kebutuhan, dan motivasi mereka sendiri.
  • Mintalah umpan balik dan benar-benar terbuka untuk itu: Umpan balik hanya akan diberikan jika seorang karyawan tahu bahwa tidak ada konsekuensi untuk melakukannya. Selain itu, umpan balik harus dimasukkan dan perubahan dilakukan untuk meningkatkan.

2. Leadership

Kalau yang satu ini sepertinya bukan hal yang baru untuk kamu ketahui untuk menjadi seorang manajer, yap skill leadership. Secara umum softskill ini bukan hanya harus dimiliki oleh seorang yang memiliki posisi sebagai seorang pemimpin, melainkan sangat berguna untuk kita semua. Namun, dalam hal ini, kemampuan kepemimpinan akan menjadi perwujudan yang akan memperlihatkan cara kamu dalam mengelola tim. 

Dalam memimpin sebuah tim, manajer bertanggung jawab untuk menentukan tujuan bersama dan kemudian memberikan tanggung jawab kepada berbagai anggota tim dengan jelas. Adapun dalam pemberian tanggung jawab ini nantinya juga akan berkaitan dengan kemampuan komunikasi yang baik. 

Di samping itu, dengan memiliki kemampuan leadership yang baik, seorang manajer akan memiliki visi yang jelas dalam membawa ke arah yang jelas seluruh anggota timnya. 

Bagi kamu yang mungkin masih merasa kurang pada kemampuan ini, ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk meningkatkan yaitu, 

  • Berani untuk mengambil tanggung jawab
  • Membiasakan diri untuk memperhatikan situasi dengan baik
  • Mulai memberanikan diri untuk menyampaikan ide ataupun pendapat
  • Selengkapnya kamu dapat mengikuti kelasnya dengan mengklik banner di bawah ini.

New call-to-action

3. Komunikasi yang baik

Memiliki komunikasi yang baik, merupakan kemampuan yang sangat penting bagi seorang manajer. Terutama dalam mengelola tim yang akan kamu pimpin. Penyampain tugas dan pemberian tanggung jawab tentunya akan berjalan dengan baik, jika kamu dapat menyampaikannya dengan baik.

Namun dibalik semua itu, kemampuan ini tidak hanya sekedar berbicara ataupun menyampaikan pesan, melainkan juga bagaimana dapat mendengarkan dengan baik. 

Misalnya saja dalam mengkomunikasikan pendapat, harapan, dan kebutuhanmu kepada orang lain. Nantinya ada tahapan dimana kamu menyampaikan pendapat dan mendengar feedback dari anggota tim. Hal ini sangat bergantung pada proses komunikasi seperti menyampaikan dan mendengarkan. 

Baca juga: 8 Cara Melatih dan Meningkatkan Skill Komunikasi

4.Team building

Sebagai seorang manajer, kamu membutuhkan peranan tim untuk dapat menjalankan berbagai proses tugas dan projek. Oleh sebab itu, penting untuk dapat menjaga tim agar tetap utuh. Dalam manajerial proses membangun tim tidak hanya terjadi satu kali, melainkan setiap saat. Manajer yang baik juga dapat membangun suasana kerja yang nyaman di dalam timnya.

Dalam beberapa kasus, kepercayaan menjadi faktor utama untuk mencapai tim yang sukses dan sehat. Jika seorang manajer mampu membangun kepercayaan secara sistematis, anggota tim akan merasa jauh lebih berkomitmen dan dihargai. Hal ini juga termasuk dalam upaya membangun motivasi tim, karena tanpa kepercayaan yang nyata akan sulit menjalani hal tersebut. 

team-building

(Sumber: Pexels.com - Fauxels)

Selain itu, dalam proses membangun tim, manajer yang baik akan mengetahui jika terjadi sesuatu yang tidak beres. Contohnya ketika salah satu anggota merasa kemampuannya paling baik dan mulai meninggalkan rekannya yang lain. Dengan memahami apa yang sedang terjadi, dia akan berusaha memperbaiki situasi melalui diskusi dan mencari solusi agar tim dapat kembali pada kinerja yang semestinya. 

5. Problem solving

Bagi manajer manapun, kemampuan problem solving tidak bisa dikesampingkan. Selain berguna dalam aktivitas kerja, hal ini juga sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai permasalahan. Mulai dari urusan teknis, team management, hingga hubungan dengan para atasan. Dilansir dari Indeed.com ada beberapa alasan kenapa kemampuan ini penting untuk dimiliki oleh seorang manajer. 

  • Kohesi tim yang lebih baik
    Seorang manajer yang terampil dalam pemecahan masalah mungkin menjadi pemimpin yang lebih baik untuk tim mereka.
  • Peningkatan alur kerja
    Ketika manajer dapat secara efisien menghilangkan tantangan, tim mereka dapat berkonsentrasi pada tugas lain.
  • Melebihi harapan kerja
    Manajer yang terampil dalam pemecahan masalah dapat melebihi harapan dan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.
  • Penyelesaian proyek tepat waktu
    Memecahkan masalah memungkinkan karyawan untuk menyelesaikan dan mengirimkan proyek tepat waktu.
  • Lingkungan kerja yang ramah
    Seorang manajer yang memecahkan masalah dengan timnya dapat membuat karyawannya merasa nyaman mengajukan pertanyaan.

Baca juga: Pentingnya Memiliki Skill Problem Solving dan Cara Meningkatkannya

6. Strategic thinking

Skill selanjutnya yang penting untuk kamu miliki sebagai seorang manajer adalah kemampuan untuk dapat berpikir strategis. Hal ini tentunya berkaitan dengan bagaimana kamu menciptakan berbagai perencanaan mengenai tugas dan kinerja dari anggota tim. 

Di samping itu, kemampuan manajer untuk berpikir secara strategis menjadi sesuatu yang tidak bisa dianggap remeh. Selain dapat membantu dalam pengambilan keputusan, kemampuan ini juga dapat menunjukkan bagaimana kamu dalam merespon sesuatu. 

Dikutip dari HBR, keterampilan berpikir strategis menunjukkan kepada tim dan atasanmu bahwa kamu dapat berpikir untuk diri sendiri dan membuat keputusan yang memposisikan organisasi pada kondisi terbaik. Hal ini akan terlihat bagaimana kamu dalam mengidentifikasi pola-pola penyebab masalah dan menghubungkan titik-titik dengan cara baru agar mendapatkan solusi terbaik. 

7. Ketahanan dan kecerdasan emosional

Pada nyatanya untuk menjadi seorang manajer tidak semudah membalikan telapak tangan. Kamu nantinya akan memiliki lebih banyak tanggung jawab, baik kepada atasan ataupun anggota tim. Akan banyak nantinya perubahan mendadak yang terjadi dalam proses menjalankan posisi manajer. Ini bisa berkaitan dengan proyek kerja dan urusan SDM. Oleh sebab itu, manajer yang profesional mampu mengelola emosi dan tingkatan stres mereka.

kecerdasan emosional manager

(Sumber: Pexels.com - Sora Shimazaki)

Namun, ini juga sangat bergantung dengan kecerdasan emosional dari seorang manajer. Manajer yang baik akan melatih kemampuan emosionalnya, seperti empati, kepekaan, dan cara bersikap adil. Memiliki kecerdasan emosional yang baik, akan membantu dalam mengidentifikasi masalah yang terjadi rekan kerja. 

Misalnya, salah satu anggota tim kewalahan dengan pekerjaannya. Terkait hal tersebut, manajer yang baik akan memberi dukungan dan membantu anggotanya. Contohnya, seperti memberi saran dan  motivasi dan mengatur jadwal yang cocok dengan anggotanya tersebut. 

8. Domain Knowledge

Adapun hal ini bisa diartikan sejauh mana kamu dapat memahami ruang lingkup kerjamu. Seorang manajer harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang segala proses yang dikelola, mulai dari tugas yang dilakukan anggota tim dan bagaimana mereka bekerja. 

Selain itu, hal ini juga tidak terlepas mengenai pengetahuan dari industri yang dijalani. Manajer yang baik, akan selalu update mengenai hal-hal baru yang terjadi dalam industri tempat dia bekerja. Dengan selalu update akan informasi terkait, akan sangat membantu dalam menemukan ide-ide baru yang inovatif. 

 

Gimana guys? Sepertinya ada beberapa skill yang harus kamu miliki untuk dapat menjadi manager profesional. Oleh karena itu, jika kamu tertarik meningkatkan berbagai skill lainnya kamu dapat mengunjungi Skill Academy. Karena di Skill Academy tersedia berbagai kelas dengan materi yang sesuai dengan kebutuhan kariermu. 

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Referensi

Brightonsbm.com. (2022). 6 Essential Skills for Managers. https://www.brightonsbm.com/news/6-essential-skills-managers/ [Daring] (Diakses 14 September 2022)

Businessdegrees.uab.edu. (2021). Top 10 Skills Managers Need. https://businessdegrees.uab.edu/management-degree-bachelors/resources/top-10-skills-managers-need/ [Daring] (Diakses 15 September 2022)

Indeed.com. (2022). 21 Skills of a Good Manager. https://www.indeed.com/career-advice/career-development/skills-of-a-good-manager [Daring] (Diakses 15 September 2022)

Indeed.com. (2021). Problem Solving as a Manager: Definition and Tips. https://www.indeed.com/career-advice/career-development/problem-solving-as-manager [Daring] (Diakses 14 September 2022)

Staffordglobal.org. (2021). Top 5 Management Skills. https://www.staffordglobal.org/articles-and-blogs/mba-articles-and-blogs/5-management-skills/ [Daring] (Diakses 14 September 2022)

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Masih dalam tahapan mempelajari SEO dan Digital Marketing

Beri Komentar