Apa itu Komunikasi Verbal? Ini Pengertian dan Cara Meningkatkannya

Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal merupakan hal penting untuk dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja. Berikut adalah cara meningkatkan komunikasi verbal!

Komunikasi menjadi hal penting dalam kehidupan manusia. Tanpa komunikasi, sulit bagi kita untuk berinteraksi dan membangun hubungan dengan orang lain. Komunikasi bisa dilakukan secara verbal dan non-verbal. Komunikasi non-verbal adalah bentuk komunikasi yang melibatkan bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan gerakan tubuh.

Komunikasi verbal adalah komunikasi yang menggunakan kata-kata baik secara lisan (berbicara) atau tertulis dalam proses penyampaian pesan. Ini adalah bentuk komunikasi yang paling sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh komunikasi verbal adalah percakapan tatap muka, telepon, email, pesan WhatsApp, dan lainnya.

Karena sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, penting bagi kita untuk menguasai kemampuan ini agar bisa berinteraksi dan membangun hubungan dengan orang lain. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kemampuan komunikasi verbal? Berikut adalah 7 cara yang bisa kamu coba!

Cara Meningkatkan Komunikasi Verbal

Berikut adalah cara meningkatkan komunikasi verbal yang bisa kamu coba!

1. Berpikir sebelum berbicara

Berpikir sebelum berbicara adalah proses mengumpulkan informasi dan mempertimbangkan pesan yang inign disampaikan. Hal ini penting untuk komunikasi verbal yang efektif.

Berpikir sebelum berbicara membantu kita memastikan bahwa pesan yang akan disampaikan dapat dimengerti oleh lawan bicara, tidak menyinggung, tidak merugikan orang lain, dan sesuai dengan konteks pembicaraan.

Berpikir sebelum berbicara membantu kita untuk:

  • Menghindari miskomunikasi dan konflik
  • Menghasilkan pesan yang lebih efektif dan jelas
  • Meningkatkan rasa percaya diri ketika berbicara

Saat berkomunikasi, lawan bicara mungkin menginginkan respon yang cepat, tapi hal ini tidak harus membuatmu jadi tergesa-gesa. Kamu bisa berpikir sebentar untuk memberikan respon yang sesuai agar komunikasi berjalan efektif.

Ikuti Kelas: Tingkatkan Kemampuan Komunikasi untuk Menunjang Karir

2. Gunakan bahasa yang jelas

Ada orang yang lebih suka berbicara secara to the point, tapi ada juga yang suka bertele-tele. Agar komunikasi lebih efektif, kamu bisa menggunakan penyampaian yang jelas, ringkas, tapi tidak telalu kaku. Hal ini dilakukan agar lawan bicara dapat menerima pesan yang kamu sampaikan dengan jelas.

Hindari untuk menggunakan kalimat yang rumit atau sulit dimengerti. Misalnya, berbicara dengan bahasa Jaksel yang menggabungkan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris mungkin hal umum bagi sebagian orang.

Tapi, hal ini juga bisa jadi hal yang tidak biasa bagi sebagian orang lainnya. Kamu bisa menggunakan bahasa yang nyaman bagi lawan bicara.

Jika lawan bicara banyak berbicara dengan bahasa Indonesia, maka kamu bisa menyesuaikan dengan berbicara menggunakan bahasa Indonesia.

Tapi jika lawan bicara nyaman menggunakan bahasa Jaksel, maka kamu bisa melanjutkan dengan bahasa Jaksel tersebut. Menggunakan bahasa yang jelas dapat meminimalisir kesalahpahaman, kebingungan, dan miskomunikasi.

3. Percaya diri

Pede alias percaya diri juga bisa jadi kunci komunikasi verbal yang baik. Berbicara dengan rasa percaya diri membuat orang jadi lebih yakin dengan apa yang kamu sampaikan. Jika kamu sendiri ragu-ragu dengan apa yang kamu sampaikan, lawan bicaramu juga akan ikut ragu.

Salah satu cara meningkatkan rasa percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain adalah dengan memikirkan apa saja yang dapat didiskusikan atau dibicarakan.

Misalnya, saat bertemu klien, kamu bisa membuat catatan kecil tentang apa saja yang ingin dibahas atau ditanyakan agar komunikasi bisa berjalan lancar dan lebih terarah.

Catatan ini nggak harus berbentuk catatan fisik, bisa juga catatan dalam pikiran kamu. Untuk obrolan santai, kamu nggak perlu membuat poin-poin penting yang harus dibicarakan, biarkan obrolan tersebut mengalir secara alami.

Baca Juga: 8 Cara Melatih dan Meningkatkan Skill Komunikasi

4. Jadi pendengar yang baik

Mendengarkan juga merupakan keterampilan komunikasi. Menjadi pendengar yang baik sama pentingnya seperti menjadi pembicara yang baik. Kemampuan ini bisa meningkatkan kualitas interaksi dengan orang lain. Mendengarkan bukan hanya sekedar menerima informasi melalui indera pendengaran, tapi juga berusaha memahami informasi tersebut.

Berikut adalah 5 tahapan mendengarkan secara aktif yang bisa kamu coba:

  • Menerima pesan
  • Memahami pesan
  • Mengingat pesan
  • Mengevaluasi pesan
  • Memberi respon

Komunikasi bukan hanya tentang kamu membalas pesan yang disampaikan lawan bicara, tapi juga memahami apa yang sebenarnya disampaikan oleh mereka.

Fokus pada apa yang lawan bicaramu sampaikan daripada fokus pada apa yang harus kamu katakan selanjutnya. Tunggu lawan bicara selesai menyampaikan pesannya baru berikan respon. Hindari memotong pembicaraan orang lain, ya.

5. Perhatikan bahasa tubuh

Bahasa tubuh memengaruhi pesan atau informasi yang kamu sampaikan secara verbal. Misalnya, kamu sedang menyampaikan informasi penting, tapi mimik wajahmu tidak serius atau cengengesan, orang yang mendengarkan bisa berpikir informasi yang kamu sampaikan tidak penting dan tidak serius.

Jadi, saat berbicara, bahasa tubuh juga perlu diperhatikan. Hal ini mencakup gerakan badan/tangan, kontak mata, ekspresi wajah, dan intonasi bicara. 

6. Pahami lawan bicara

Tidak semua orang memiliki pengatahuan atau background yang sama denganmu. Oleh karena itu, kamu perlu memahami dengan siapa kamu berbicara.

Dengan memahami lawan bicara, kamu bisa merangkai pesan atau infromasi sesuai kebutuhan mereka. Sampaikan informasi dengan cara dan pengucapan yang jelas dan mudah dipahami oleh semua orang. Memahami lawan bicara juga membantu kita untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

7. Praktik

Setelah tahu banyak soal cara meningkatkan keterampilan komunikasi verbal, hal penting selanjutnya adalah, praktik. Sering dengar istilah practice makes perfect? Dengan banyak praktik komunikasi verbal, kemampuanmu tidak akan langsung jadi sempurnya, tapi kamu jadi lebih terbiasa dan perlahan jadi lebih ahli dalam hal tersebut.

Selain itu, praktik juga membuat kamu jadi lebih percaya diri untuk berkomunikasi secara verbal dengan orang-orang. Awalnya mungkin akan terasa sulit, tapi seiring berjalannya waktu kamu akan bisa dan terbiasa.

Nah, itulah 7 cara meningkatkan komunikasi verbal. Semoga membantu, ya! Kamu juga bisa belajar cara meningkatkan komunikasi verbal dengan para ahli dengan mengikuti kelas-kelas dari Skill Academy.

Bisa belajar langsung bareng praktisi andal dan berpengalaman di bidangnya. Klik banner berikut untuk lihat kelasnya! Selamat belajar~

SKill Academy - CTA

Referensi: 

10 Effective Ways to Improve Verbal Communication Skills [daring]. Tautan: https://www.indeed.com/career-advice/career-development/how-to-improve-verbal-communication-skills

7 Tips to Imrove Verbal Communication Skills [daring]. Tautan: https://www.callrail.com/blog/7-tips-to-improve-verbal-communication-skills

Pengertian Komunikasi Verbal [daring]. Tautan: https://www.komunikasipraktis.com/2016/08/pengertian-tips-komunikasi-verbal.html

Devi Lianovanda