Interpersonal Skill: Penjelasan dan Pentingnya bagi Perkembangan Karier

interpersonal skill adalah

Artikel berikut membahas mengenai apa itu interpersonal skill, jenis-jenisnya, serta perbedaannya dengan soft skill.

Hai guys, kamu pastinya sudah mengetahui bahwa ada beberapa skill yang dibutuhkan untuk dapat memasuki dunia kerja. Salah satunya yaitu interpersonal skill. Interpersonal skill adalah kemampuan untuk dapat menjalin hubungan dengan orang lain. Jika dilihat dari penjelasannya, kemampuan ini memang dibutuhkan dalam membangun karier. Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk dapat mengembangkan skill ini? Nah, bagi kamu yang penasaran, tanpa basa-basi lagi, yuk simak artikel berikut.  

Apa itu interpersonal skills?

Interpersonal skill adalah sebuah kemampuan yang bisa kamu gunakan dalam berinteraksi dengan orang lain. Hal ini termasuk dalam cara berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan orang atau kelompok. Dikutip dari Investopedia, kemampuan ini sering disebut sebagai keterampilan memahami manusia, keterampilan sosial, atau kecerdasan sosial. Hal ini berupa kemampuan untuk membaca sinyal yang dikirim orang lain dan menafsirkannya secara akurat untuk membentuk tanggapan yang efektif. 

Jika memiliki kemampuan ini, maka kemungkinan kamu juga bisa melihat interpersonal skill yang dimiliki oleh orang lain. Walaupun terlihat seperti kemampuan yang biasa saja, tapi tidak semua orang mampu mengembangkan kemampuan ini lho. 

Kenyataannya ada sebagian orang yang tidak memiliki skill interpersonal dengan baik, sehingga sulit bagi mereka untuk berinteraksi dengan orang lain. Apakah karena alasan komunikasi atau sifat orang itu sendiri, misalnya pemalu dan lain-lain. Padahal pada beberapa kasus, hal-hal yang bersifat interpersonal ini dapat menjadi faktor penyebab suksesnya seseorang. 

Misalnya, ada rekan kerjamu dari kemampuan teknis atau hard-skill biasa-biasa saja. Namun, dia memiliki interpersonal yang baik, seperti komunikasi, bersosialisasi, inisiatif, bahkan berbicara di depan umum yang lancar. 

interpersonal skill artinya

(Sumber: Pexels.com – Edmond Dantès)

Karena hal ini lah dia dapat membangun hubungan yang baik dengan rekan dan atasannya. Ketika hubungan baik dapat dibangun, maka biasanya akan sejalan dengan meningkatnya kepercayaan orang-orang disekitar. Nah, ini lah yang mungkin bisa menjadi salah satu faktor lancarnya karier seseorang.

Pentingnya Interpersonal skill

Orang dengan keterampilan interpersonal yang kuat cenderung dapat membangun hubungan dan dapat bekerja dengan baik dengan orang lain. Hal ini karena mereka mampu memahami keluarga, teman, rekan kerja, dan klien mereka. Dikutip dari Careeraddict.com, kemampuan interpersonal juga memiliki beberapa manfaat seperti:

  1. Mampu menciptakan komunikasi yang efektif
    Salah satu bagian utama dari interpersonal skill adalah kemampuan komunikasi yang baik. Seorang komunikator yang baik dapat menciptakan proses komunikasi yang efektif. Kemampuan untuk memahami setiap pesan yang disampaikan orang membuat kamu dapat mengurangi miskomunikasi dan potensi perselisihan yang berasal dari kesalahpahaman.
  2. Meningkatkan kepercayaan
    Ketika kamu dapat menjalin hubungan dengan baik dengan rekan kerja ataupun pelanggan, maka ada tingkat kepercayaan yang bisa kamu bangun. Coba bayangkan, apakah kamu akan percaya dengan orang yang tidak dapat merespon pesan yang kamu sampaikan dengan baik? Di sisi lain, sebagai pelanggan apakah kamu yakin dengan produk yang ditawarkan secara asal-asalan tanpa adanya upaya untuk memahamimu.

    meningkatkan kepercayaan rekan kerja
    Selain komunikasi, empati juga merupakan bagian dari interpersonal skill. Kemampuan untuk memahami apa yang dialami orang lain, dapat membantumu untuk berhubungan dengan mereka.

  3. Membuka lebih banyak peluang
    Lancarnya hubungan yang terjadi antara kamu dan atasan dapat membuka peluang yang lebih banyak. Peluang ini dapat berupa berbagai bentuk, mulai dari pengembangan diri, hingga kesempatan untuk naik ke posisi yang lebih tinggi.  Namun, dibalik semua itu, hal ini dapat terjadi jika adanya upaya kamu untuk meminta umpan balik atas kinerja yang telah dilakukan, baik itu pujian ataupun kritik.
  4. Menjaga kesadaran sosial
    Memiliki kemampuan interpersonal membantu kamu untuk memahami situasi yang sedang terjadi. Misalnya kamu bisa dengan mudah memahami apa yang terjadi dengan rekan kerjamu. Apakah mereka sedang kesulitan atau sedang membutuhkan bantuan. Ini tentunya tidak lepas dari kecerdasan emosional, sehingga dapat membantumu untuk menentukan langkah berikutnya.

Beda Interpersonal skill dengan soft skill

Komunikasi dan kecerdasan emosional bukankan juga termasuk soft skill ya? Lalu apa perbedaan interpersonal skill dengan soft skill?

Dikutip dari jurnal penelitian Marcel Robles mengenai top soft skill, soft skill adalah atribut pribadi dan kualitas interpersonal yang tidak berwujud. Kualitas interpersonal ini juga dikenal sebagai people skill. Jika kita coba sederhanakan, maka kemampuan interpersonal bisa dibilang adalah bagian dari soft skill. Karena kemampuan tersebut tidak berwujud dan berasal dari dalam diri seseorang. 

Nah, jika kamu berencana untuk mengembangkan kemampuan interpersonalmu, yuk ikuti kelas career mentoring dari Skill Academy. Gampang lho, kamu tinggal klik banner di bawah ini dan bisa langsung mendaftar dan mengikuti kelasnya. 

[IDN] CTA Blog - Kelas Interpersonal Skill - Skill Academy

Jenis Interpersonal skill yang harus kamu miliki

1. Komunikasi

Pada dasarnya komunikasi merupakan faktor paling penting dalam menjalin hubungan. Adanya pesan yang disampaikan dan diterima membuat terciptanya pemahaman satu sama lain. Komunikasi juga menjadi kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Karena hampir setiap aktivitas yang kamu lakukan nantinya akan selalu berhubungan dengan komunikasi, baik secara verbal ataupun nonverbal. Selain itu, kamu harus juga menjadi pendengar yang baik agar komunikasi yang nyaman dapat tercipta. 

Baca juga: Skill komunikasi kamu masih kurang, yuk simak cara meningkatkannya

2. Self confidence & sikap positif

Sederhananya, pribadi yang baik itu tidak lepas dari cara mereka dapat membuat dirinya nyaman. Coba kamu bayangkan, jika kamu tidak dapat membuat dirimu nyaman, maka semuanya akan terasa sulit, bahkan sekedar berbincang dengan rekan kerja. Oleh karena itu, penting untuk merasa yakin akan kemampuan dan dirimu supaya rasa nyaman tersebut dapat muncul. 

Selain itu, penting juga untuk dapat bersikap positif. Hal ini terkait bagaimana kamu menunjukkan dirimu sebenarnya. Attitude dan sopan santun sangat mempengaruhi kelancaran hubungan yang kamu bangun dengan orang lain. 

3. Empati dan kecerdasan emosional

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, empati dan kemampuan dalam memahami emosi menjadi faktor penting dalam menjalin sebuah hubungan. Dalam dunia kerja, apakah kamu sebagai seorang manajer ataupun karyawan, tidak akan terlepas dari yang namanya interaksi dengan orang lain. Kemampuanmu untuk bisa memahami kebutuhan dan perasaan orang lain dapat menunjukkan tingkat kecerdasan emosionalmu.  

rasa empati

(Sumber: Pexels.com – Pixabay)

4. Manajemen konflik

Pada kenyataannya baik dalam dunia kerja atau kehidupan sehari-hari, kamu pasti akan menghadapi konflik. Adanya konflik yang terjadi antara dirimu dengan orang lain, akan memaksamu untuk dapat memecahkan masalah yang terjadi. Ujung dari permasalahan tersebut akan bergantung terhadap caramu dalam mengelolanya. Apakah akan dibuat cepat atau dibuat lama dengan membiarkannya.

Oleh karena itu, kemampuan negosiasi dan persuasi sering kali merupakan keterampilan yang berguna dalam penyelesaian konflik tersebut. Kamu harus bisa membuat lawanmu bisa duduk bersama untuk menyelesaikan semua masalah yang terjadi antara diri masing-masing. 

5. Negosiasi

Sejalan dengan upaya menyelesaikan konflik, kemampuan negosiasi juga merupakan interpersonal skill yang sangat dibutuhkan. Kemampuan untuk dapat menciptakan win-win solution dapat menciptakan kepercayaan dirimu.

Namun, tidak selamanya negosiasi harus menyenangkan semua pihak, yang terpenting adalah kamu dapat membuat pihak yang berseberangan dapat menyetujui pendapatmu. Ketika kamu dapat mempengaruhi orang untuk setuju denganmu, maka akan dapat menciptakan reputasi yang baik. 

 

Itulah penjelasan mengenai apa itu interpersonal skill. Jika kamu merasa perlu untuk mengembangkan soft skill lainnya, langsung saja ke Skill Academy. Karena di Skill Academy tersedia berbagai kelas pelatihan yang kamu butuhkan. Jadi yuk, upgrade kemampuanmu dan raih karir yang diinginkan. [IDN] CTA Blog - Kelas Interpersonal Skill - Skill Academy

Referensi

Careeraddict.com.(2022). The Importance of Interpersonal Skills in the Workplace. https://www.careeraddict.com/the-importance-of-interpersonal-skills-in-the-workplace [Daring] (Diakses 27 September 2022)

Indeed.com. (2022). Interpersonal Communication and Its Importance at  Work.https://www.indeed.com/career-advice/career-development/importance-of-interpersonal-communication [Daring] (Diakses 27 September 2022)

Robles, Marcel. (2012). Executive Perceptions of the Top 10 Soft Skills Needed in Today’s Workplace. Business Communication Quarterly. https://www.researchgate.net/publication/258126575_Executive_Perceptions_of_the_Top_10_Soft_Skills_Needed_in_Today’s_Workplace [Daring] (Diakses 27 September 2022)

Tarver, Evan. (2022). How to Use Interpersonal Skills to Get and Keep a Job. https://www.investopedia.com/terms/i/interpersonal-skills.asp [Daring] (Diakses 27 September 2022)

Sumber Gambar

Nappy. (2018). Photo of Men Having Conversation. https://www.pexels.com/photo/photo-of-men-having-conversation-935949/ [Daring] (Diakses 28 September 2022)

Gulman Azkiya