Contoh Body Email Lamaran Kerja yang Baik dan Cara Menulisnya

cara menulis body email lamaran kerja

Ketika melamar kerja lewat email, jangan biarkan body email lamaran kerjamu kosong ya. Berikut merupakan contoh dan cara menulisnya. Yuk, simak!

Saat ini, banyak perusahaan yang melakukan proses rekrutmen secara online. Jadi, kamu hanya perlu mengirimkan berkas lamaran kerja secara online tanpa perlu mencetak dan mengirimnya lewat ekspedisi. Kamu bisa melamar kerja melalui job portal, LinkedIn, website perusahaan, dan email perusahaan. Meskipun melamar kerja secara online bukan sesuatu yang baru, tapi masih banyak yang bingung harus menulis apa di body email lamaran kerja. Sehingga, banyak yang mengirimkan berkas lamaran tanpa body email.

Body email bisa kamu manfaatkan untuk menyapa perekrut, memperkenalkan dan mempromosikan diri kamu secara singkat kepada perekrut. Hal ini juga memberikan kesan baik kepada. Bagi kamu yang masih sering mengosongkan dan bingung menulis body email lamaran kerja, yuk simak contoh dan cara menulisnya berikut ini!

Apa saja isi body email lamaran kerja?

Body email lamaran kerja dapat berfungsi untuk memberitahu HRD tentang alasan kamu menulis email tersebut, kualifikasi, dan gambaran singkat tentang dirimu. Body email mirip dengan cover letter atau surat lamaran kerja, tapi versi lebih singkat. Beberapa hal yang perlu ada di dalamnya adalah:

  1. Alasan menulis atau mengirimkan lamaran pekerjaan. 
  2. Perkenalan singkat dan posisi yang kamu lamar/minati. 
  3. Pengalaman dan kualifikasi atau keterampilan yang kamu punya sesuai dengan posisi yang dilamar. 
  4. Nama lengkap dan kontak yang dapat dihubungi
  5. Kontribusi apa yang bisa kamu berikan kepada perusahaan.
  6. Salam penutup atau penutup badan email dengan sopan. 

Baca juga: Cara Melamar Kerja Lewat Email yang Benar, Jobseeker Harus Tahu!

Struktur body email lamaran kerja

Berikut merupakan struktur yang harus ada dalam menulis body email lamaran kerja:

1. Salam pembuka

Saat menuliskan body email, awali dengan memberikan salam pembuka untuk perekrut. Apabila kamu mengetahui nama HRD atau perekrutnya, kamu dapat memberi salam dengan menuliskan namanya. Tapi, kalau kamu tidak tahu juga tidak apa-apa, tuliskan saja salam pembuka untuk perekrut atau HRD manager dari perusahaan tersebut.

Contoh: 

  • Yth. Bapak Kenzie
  • Yth Manager HRD [nama perusahaan]
  • Dear, Ms Putri
  • Dear hiring manager
  • Dear HRD of [nama perusahaan]

 

2. Paragraf pertama

Setelah salam pembuka, selanjutnya masuk ke paragraf pertama. Pada paragraf pertama, kamu dapat menuliskan perkenalan singkat nama, sumber informasi lowongan tersebut, dan posisi yang kamu lamar.

Contoh:

“Perkenalkan, saya Devi Lianovanda. Saya melihat informasi lowongan pekerjaan ini di situs karir resmi Skill Academy untuk posisi Social Media Specialist. Melalui email ini, saya berniat untuk melamar posisi tersebut seperti yang tertera di situs karier Skill Academy.”  

3. Paragraf kedua

Pada bagian ini, kamu dapat menjelaskan tentang ketertarikanmu terhadap posisi yang kamu lamar dan mengapa kamu merupakan kandidat yang sesuai untuk posisi tersebut. Jelaskan secara singkat mengenai pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Jika kamu seorang fresh graduate, jelaskan pengalaman organisasi atau magang yang kamu miliki.

Contoh: 

“Saya memiliki pengalaman kerja sebagai Jurnalis di PT Media Angkasa lebih dari 3 tahun. Dalam pengalaman tersebut, saya telah melakukan liputan berbagai berita mulai dari hard news seperti politik, bencana alam, kriminal, dan ekonomi. Selain itu, saya juga sering melakukan liputan berita soft news seperti hiburan dan gaya hidup. Saya juga menguasai aplikasi video editing Adobe Premiere dan pembuatan naskah berita. Saya sering mengisi voice over untuk berbagai berita. Dengan pengalaman dan kualifikasi tersebut, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang baik bagi PT Cipta Media.”

4. Paragraf ketiga

Di paragraf terakhir ini, kamu bisa menjelaskan bahwa kamu telah melampirkan CV atau berkas lamaran yang diminta perusahaan. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada perekrut atas waktu dan mempertimbangan email lamaran kerja kamu.

Kamu juga bisa mengungkapkan rasa antusias untuk berdiskusi atau mendengar kabar baik selanjutnya dari perekrut.

Contoh: 

“Bersama email ini, saya lampirkan CV, cover letter, dan portofolio karya saya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu.

Terima kasih atas waktu dan perhatiannya. Besar harapan saya untuk dapat bergabung di tim Bapak/Ibu.” 

5. Penutup

Pada bagian penutup email, kamu dapat menggunakan kata “Hormat saya”, “Regards” atau “Sincerely” yang diikuti dengan nama lengkap kamu di bagian bawahnya. 

Contoh: 

Regards, 

Geraldi Rahardian

Atau 

Hormat saya, 

Geraldi Rahardian

6. Signature

Jangan lupa menambahkan signature atau informasi kontak yang dapat dihubungi oleh HRD. Pastikan bahwa kamu menulisnya dengan benar dan tidak typo agar memudahkan HRD ketika akan menghubungi kamu. Kamu bisa mencantumkan nama lengkap, nomor HP atau nomor telepon, alamat email, atau akun LinkedIn.

Contoh: 

Geraldi Rahardian

081234567890

[email protected] 

 Baca juga: Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar!

Tips menulis body email lamaran kerja

Berikut merupakan beberapa tips dalam menulis body email lamaran kerja:

1. Tulis dengan jelas dan tidak bertele-tele

Email lamaran kerja yang diterima dan perlu diperiksa oleh HRD tidak sedikit. Hal ini membuat HRD membaca lamaran kerja dengan sangat cepat. Maka dari itu, buatlah body email dengan jelas dan ringkas. Gunakan kalimat yang efektif dan tidak berulang. Jadi, tulis poin penting yang ingin disampaikan dengan jelas ya.

— Bagi kamu yang sedang mencari kerja, kamu bisa mengikuti kelas berikut untuk mendapatkan tips lengkap Sukses Melamar Kerja dari Kak Iman Usman. Materinya lengkap  banget mulai dari bedah CV, tips interview kerja, hingga follow up hasil interview. Tunggu apa lagi? Klik banner ini untuk lihat detail kelasnya!—

[IDN] CTA Blog - Kelas Sukses Melamar Kerja - Skill Academy

2. Gunakan bahasa yang baku dan sopan

Lamaran kerja merupakan situasi yang formal, karena itu, gunakan bahasa yang baku dan sopan ya. Hindari menggunakan singkatan, atau bahasa yang tidak sopan. Penulisan email menggunakan bahasa baku juga bisa menunjukkan sisi profesional kamu.

3. Review dan baca kembali

Sebelum mengirim email lamaran kerja,  kamu harus membaca kembali body emailnya dan tidak menemukan typo atau kesalahan menulis. Menulis body email seperti ini bisa meningkatkan kesan bahwa kamu merupakan orang yang teliti dan juga profesional. 

4. Kirimkan email lamaran di waktu yang tepat

Setelah semuanya sudah ditulis dengan baik, jangan lupa untuk melampirkan dokumen yang diperlukan. Karena, mengirim email tapi lampirannya ketinggalan sepertinya sering terjadi dan dialami banyak orang. Waktu pengiriman email juga perlu diperhatikan. Pastikan mengirim pada hari dan jam kerja. Kamu bisa menggunakan fitur schedule time di Gmail agar pesan dapat otomatis terkirim sesuai waktu yang telah diatur.

Contoh body email lamaran kerja

Berikut adalah contoh body email lamaran kerja untuk fresh graduate dan body email dalam bahasa Inggris:

1. Contoh body email lamaran kerja untuk fresh graduate

Kepada HRD PT Bisa Jaya

Perkenalkan, nama saya Devi Lianovanda. Saya melihat informasi lowongan kerja sebagai Copywriter dari situs karir PT Bisa Jaya. Oleh karena itu, saya mengirim email ini dengan maksud mendaftarkan diri pada posisi tersebut. 

Saya merupakan lulusan dari Universitas ABC jurusan Marketing Communication. Saya memiliki pengalaman sebagai magang di PT XYZ sebagai Copywriter selama 6 bulan. Dalam pengalaman tersebut, saya bertugas membuat copy untuk konten media sosial, jingle, dan beberapa tagline. Selain itu, saya juga aktif mengikuti organisasi dan lomba yang berkaitan dengan bidang yang saya lamar. Dengan bekal pengalaman tersebut, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang baik di perusahaan Bapak/Ibu.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut saya lampirkan CV, cover letter, dan portofolio karya saya. Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya. Saya menunggu kabar baik selanjutnya dari Bapak/Ibu. 

 

Hormat saya, 

Geraldi Rahardian

081234567890

[email protected] 

contoh body email lamaran kerja

2. Contoh body email lamaran kerja bahasa Inggris

Dear, PT ABC123 Recruiters

Please allow me to introduce myself. My name is Devi Lianovanda, I am a fresh graduate majoring in Telecommunication Engineering from TOP University. I saw job vacancies as Network Engineer for PT ABC123 on LinkedIn. Therefore, I am writing this email to apply for the position.

During my studies, I had experience as a Telecommunication Network laboratory assistant for two years. In that experience, I taught material about routing, switching, and cabling. In addition, I also have internship experience at PT Lancar Telekomunikasi with the scope of work to integrate between routers and configure routers.

I have attached the latest Curriculum Vitae, Cisco CCNA certificate, and cover letter for your consideration. 

I hope to be able to join your company. Thank you for your time and attention. 

 

Regards, 

Devi Lianovanda

081234567890

[email protected]

Nah, itulah pembahasan tentang contoh body email lamaran kerja yang baik dan benar serta cara menulisnya. Semoga membantu kamu agar tidak bingung lagi. Setelah membaca ini, semoga body email lamaran kerja kamu tidak dibiarkan kosong lagi ya. Ohiya, saat melamar kerja melalui email, jangan lupa menuliskan subjek email (subject email) yang jelas ya.

Sambil mencari kerja, kamu bisa meningkatkan skill yang relevan dan dibutuhkan pekerjaan yang kamu lamar. Skill Academy punya ratusan kelas bersertifikat yang siap bantu kamu belajar skill baru atau meningkatkan skill terbaikmu. Jutaan orang sudah upskilling dan reskilling bersama Skill Academy, sekarang giliran kamu. Klik banner berikut untuk kepoin kelas dan promo menariknya ya, jangan sampai kehabisan!

[IDN] CTA Blog - Kelas Sukses Melamar Kerja - Skill Academy

Referensi: 

Indeed Editorial Team. 2020. ‘Job Application Email Tips, Template, and Examples’ [daring]. Tautan: https://www.indeed.com/career-advice/resumes-cover-letters/e-mail-application (Diakses 13 Juli 2022).

Alyson, Doyle. 2022. ‘Job Application Email Examples and Writing Tips’ [daring]. Tautan: https://www.thebalancecareers.com/sample-email-job-application-letter-2061608 (Diakses 13 Juli 2022)

Glassdoor Team. 2021. ‘How to Write a Job Application Email’ [daring]. Tautan: https://www.glassdoor.com/blog/guide/job-application-email/ (Diakses: 13 Juli 2022)

Devi Lianovanda