Rekomendasi 12 Aplikasi Desain Grafis Terbaik dan Terpopuler!

aplikasi desain grafis-1

Artikel ini membahas 12 rekomendasi aplikasi desain grafis terbaik dan sering digunakan.

Hampir semua bisnis membutuhkan seorang Graphic Designer, baik itu Start-Up, perusahaan multinasional, maupun juga bisnis UMKM. Ada banyak aspek dalam bisnis yang memerlukan desain grafis, misalnya konten media sosial, iklan, kartu nama, brosur, menu, banner, packaging, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk membuat berbagai desain tersebut, ada banyak pilihan aplikasi atau software desain grafis yang bisa digunakan. Agar tidak bingung, berikut adalah rekomendasi 12 aplikasi desain grafis terpopuler dan terbaik untuk kamu. Apa saja? Yuk, simak!

1. Adobe Photoshop

Aplikasi desain grafis yang satu ini pasti sudah sangat familiar untuk banyak orang. Dilansir dari situs resmi Adobe, lebih dari 90% kreatif profesional di seluruh dunia menggunakan aplikasi ini.

Photoshop adalah software (perangkat lunak) berbasis bitmap. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengedit foto, tetapi juga mengubah komposisi foto, menggabungkan seni digital, mengganti background, dan membuat desain grafis.

photoshop

(Sumber: Dok. pribadi)

Kamu dapat menggunakan Photoshop untuk menghapus objek, memperbaiki objek, melakukan remix, dan memberi ulang warna pada objek.

Adobe Photoshop dapat digunakan di Windows dan juga Mac. Melansir dari situs resminya, Photoshop kini dapat digunakan di iPad. Adobe juga membuat aplikasi Photo Editor untuk iOS dan juga Android, lho. Nama aplikasinya adalah Photoshop Express Photo Editor, aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk melakukan photo editing melalui smartphone.

Adobe Photoshop bukanlah aplikasi yang bersifat gratis, melainkan berbayar. Harganya mulai dari Rp187.000,00 hingga Rp996.000,00 rupiah tergantung paket yang ingin kamu pilih. Photoshop juga menyediakan free trial kalau kamu mau coba-coba dan belajar dulu.

Baca juga: 15 Tools Photoshop dan Fungsinya untuk Belajar Desain Grafis

 

2. Adobe Illustrator

Masih dari Adobe, aplikasi desain grafis selanjutnya adalah Adobe Illustrator (Ai). Adobe Illustrator adalah aplikasi desain yang fokus untuk desain vektor. Banyak karya yang dapat kamu buat dengan Ai, misalnya, mockup layout website, logo, ikon, tipografi, ilustrasi, poster, dan desain vektor lainnya. Karena Ai berbasis vektor, jadi hasil desain kamu tidak akan pecah kalau diperbesar.

Kalau kamu masih pemula dan baru belajar menggunakan Ai, tenang. Adobe Illustrator menyediakan banyak template yang bisa langsung kamu unduh dan gunakan.

illustrator

(Sumber: Dok. pribadi)

Aplikasi ini bisa digunakan di Windows, Mac, dan iPad. Sama seperti Adobe Photoshop, Ai juga berbayar biar bisa digunakan secara legal. Biaya berlangganannya mulai dari Rp 395.000 per bulan.

 

Baca juga: Animator, Pekerjaan Asik Bagi Kamu yang Hobi Menggambar

 

3. Inkscape

Kali ini kita akan membahas aplikasi desain grafis yang gratis. Nama aplikasinya adalah Inkscape. Inkscape adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor. Aplikasi ini cocok untuk membuat logo, ilustrasi, dan karya seni lainnya yang berbasis vektor.

inkscape

(Sumber: Inkscape.com)

Aplikasi ini bisa digunakan di Windows, Mac, dan juga Linux. Di website resminya, mereka menyediakan berbagai tutorial menggunakan Inkscape, mulai dari basic sampai tips dan triknya juga. Jadi, kalau kamu masih pemula dan baru belajar, kamu bisa banget coba aplikasi yang satu ini.

 

4. Adobe InDesign

Adobe InDesign adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk mendesain tata letak atau layout pada media cetak atau digital. Aplikasi ini biasa digunakan oleh pekerja kreatif di industri publikasi.

Dengan InDesign, kamu bisa mengatur layout untuk membuat buku, majalah, eBook, poster, PDF interaktif, dan lainnya. Hasil desain yang dibuat menggunakan InDesign bisa di-import dalam berbagai format, seperti JPG, PDF, docs, psd, dan lainnya.

adobe indesign

(Sumber: LYH Studio)

Aplikasi ini bisa digunakan di Windows dan juga Mac. Kalau kamu mau coba untuk belajar, kamu bisa menggunakan free trial-nya. Kalau cocok, kamu bisa langganan untuk menggunakan aplikasi ini secara legal. Biaya untuk berlangganan Adobe InDesign adalah Rp395.000,00 rupiah per bulannya.

 

5. CorelDRAW Graphic Suite

CorelDRAW adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor. Dengan Corel Draw, kamu bisa membuat logo, poster, brosur, bahkan undangan pernikahan. Kamu bisa membuat desain apa saja yang berbasis vektor dengan aplikasi ini. Karena basisnya vektor, hasil desainnya tidak akan pecah meskipun diperbesar.

Kamu bisa melakukan export atau import file sesuai dengan kebutuhan, misalnya, Ai, PSD, PDF, JPG, PNG, SVG, DWG, dan lainnya.

coreldraw

(Sumber: coreldraw.com)

Aplikasi CorelDRAW yang bisa digunakan di Windows, Mac, dan iPad ini juga aplikasi desain berbayar, tapi mereka menyediakan free trial selama 15 hari, jadi kamu bisa mencoba dan belajar dulu sebelum memutuskan berlangganan. CorelDRAW bisa dibeli dengan dua cara. Pertama, kamu bisa bayar per tahun atau kamu bisa sekali beli. Biaya langganan per tahunnya adalah sebesar US$399 atau sekitar Rp5.700.000,00.

— Kamu bisa belajar salah satu aplikasi desain grafis Photoshop di Skill Academy! Langsung dapat tips dan trik menarik dari ahlinya. Klik banner berikut untuk beli kelasnya! Selamat belajar~ —

[IDN] CTA Blog Kelas Photoshop Skill Academy

 

6. Affinity Designer

Banyak reviewer yang mengatakan bahwa Affinity Designer adalah alternatif dari Adobe Illustrator. Aplikasi desain grafis ini dapat digunakan untuk membuat logo, ikon, desain UI, mockup, dan lainnya.

Kalau Ai berbasis vektor, di Affinity Designer, kamu bisa beralih dari bitmap ke vektor dan sebaliknya. Kalau kamu biasa bekerja menggunakan Photoshop dan Adobe Illustrator, menggunakan Affinity Designe bisa menghemat waktu dan lebih praktis.

affinity designer

(Sumber: affinity.serif.com)

Aplikasi ini dapat digunakan di Windows, Mac, dan juga iPad. Harga beli aplikasi ini adalah sebesar $54.99 atau sekitar Rp787.000,00 untuk Windows dan Mac. Untuk iPad, biayanya adalah $21.99 atau Rp314.000,00.

 

7. Canva

Canva adalah salah satu aplikasi desain grafis yang sangat populer di berbagai kalangan. Selain karena gratis, aplikasi ini juga cukup mudah untuk digunakan. Biasanya, Canva sering dipakai untuk membuat CV, tapi lebih dari itu, di Canva, kita bisa membuat berbagai macam desain untuk berbagai keperluan.

Kamu bisa membuat logo, konten sosial media, business card, menu, banner, poster, Instagram story, infografis, presentasi, dan lainnya. Ini sangat cocok untuk membuat desain yang tidak terlalu kompleks dan butuh waktu cepat. Kamu bisa membuat desain dari 0 atau menggunakan template yang sudah ada.

canva

(Sumber: Dokumentasi penulis)

Aplikasi desain grafis ini bisa digunakan secara online melalui web atau dengan mengunduh aplikasinya di handphone. Canva bisa digunakan di Android dan juga iOS. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, tapi kalau kamu mau menggunakan berbagai fitur yang tersedia secara keseluruhan, kamu bisa membeli versi premium. Ada berbagai paket harga yang ditawarkan sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan, kamu juga bisa mencoba paket pro-nya selama 30 hari gratis.

 

8. GIMP

Aplikasi desain grafis lain yang gratis selanjutnya adalah GIMP. GIMP adalah singkatan dari GNU Image Manipulation Program. Aplikasi ini bisa digunakan untuk retouching foto, mengubah komposisi gambar, dan membuat desain baru.

Aplikasi ini dapat digunakan di Windows, OS X, dan Linux. Untuk PC dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi pun bisa dengan mudah mengunduh dan menginstall aplikasi ini.

GIMP

(Sumber: Dokumentasi penulis)

Di situs resminya, GIMP menyediakan berbagai panduan yang bisa kamu lihat untuk menggunakan aplikasi ini, mulai dari tutorial dasar, mengedit foto, hingga menggunakan parametric brush.

 

9. Gravit Designer

Gravit Designer merupakan software desain grafis berbasis vektor. Fungsinya kurang lebih sama dengan aplikasi-aplikasi berbasis vektor seperti Corel, Inkscape, dan Ai. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat ilustrasi vektor, desain UI, web, dan mengedit foto.

gravit designer

(Sumber: designer.io/en/)

Aplikasi ini bisa digunakan secara online dan gratis di hampir semua platform, seperti Windows, Mac OS, Linux, Chrome OS, Progressive Web App, dan di browser. Selain itu, aplikasi ini bisa juga digunakan secara offline. Namun, untuk bisa menggunakan aplikasi ini secara offline, kamu tidak bisa menggunakan versi gratisnya. Untuk menggunakan semua fiturnya, kamu bisa berlangganan dengan biaya sebesar $49.99 atau sekitar Rp715.000,00 per tahunnya.

 

10. Sketch

Sketch adalah aplikasi desain grafis yang hanya bisa digunakan di Mac OS. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk membuat desain produk digital, misalnya desain UI, situs web, flow, dan aplikasi.

sketch

(Sumber: sketch.com)

Ini adalah aplikasi berbayar yang memiliki banyak fitur. Terdapat dua paket yang bisa kamu pilih, paket standar dan juga bisnis. Kalau paket standar, biaya langganan per bulannya adalah sebesar $9 atau Rp128.000,00. Kamu juga bisa langsung berlangganan satu tahun dengan $99 atau Rp Rp1.400.000,00.

 

11. Vectr

Vectr merupakan aplikasi desain grafis berbasis vektor yang bisa kamu gunakan secara online di web atau diunduh di desktop. Tenang, aplikasi ini gratis, kok. Fungsi dan kegunaannya kurang lebih mirip-mirip dengan aplikasi desain berbasis vektor lainnya. Vectr bisa digunakan secara online melalui web atau juga diunduh di desktop.

vectr

(Sumber: vectr.com)

Kalau kamu masih asing banget sama desain vektor, di situs resminya, mereka menuliskan user guide dan juga berbagai tutorial untuk menggunakan aplikasinya, mulai dari tutorial membuat logo, business card, membuat logo, tipografi, dan lainnya. Jadi, kamu bisa belajar membuat desain yang baik dengan software ini.

 

12. Desygner 

Desygner adalah aplikasi desain grafis yang mirip-mirip dengan Canva. Kamu bisa membuat desain secara online melalui situs resminya, atau mengunduh aplikasinya. Desygner bisa digunakan untuk membuat logo, konten media sosial, banner, undangan, presentasi, dan kebutuhan desain lainnya.

desygner

(Sumber: desygner.com)

Aplikasi ini bisa digunakan di Windows, Mac, dan juga handphone, baik Android maupun iOS. Aplikasi ini juga bisa digunakan secara gratis atau yang berbayar. Dengan versi gratisnya, kamu bisa akses ribuan template, ikon, format desain dan banyak fitur menarik lainnya.

Nah, itu dia 12 rekomendasi aplikasi desain grafis terbaik. Mulai dari yang gratis, berbayar, yang menyediakan free trial, bisa digunakan di HP, iPad, dan PC. Semoga bisa jadi bahan referensi kalau kamu lagi bingung pas milih mau pakai aplikasi apa buat belajar atau membuat desain grafis, ya.

Kamu juga bisa belajar desain grafis dengan ikut kelas di Skill Academy, lho. Di sana ada kelas belajar Photoshop, Illustrator, membuat motion, dan lainnya. Yuk, makin Siap Kerja dan Mulai Usaha dengan ikut Kelas Sukses Kerja di Skill Academy!

[IDN] CTA Blog Kelas Photoshop Skill Academy

Referensi: 

Adobe Photoshop [daring]. Tautan: https://www.adobe.com/sea/products/photoshop.html

Adobe Illustrator [daring]. Tautan: https://www.adobe.com/sea/products/illustrator.html

Inkscape [daring]. Tautan: https://inkscape.org/about/overview/

Adobe InDesign [daring]. Tautan: https://www.adobe.com/sea/products/InDesign

CorelDRAW Graphic Suite [daring]. Tautan: https://www.coreldraw.com/en/product/coreldraw/?ft

Affinity Designer [daring]. Tautan: https://affinity.serif.com/en-gb/designer/

Canva [daring]. Tautan: https://www.canva.com/id_id/q/pro/

GIMP [daring]. Tautan: https://www.gimp.org/about/

Gravit Designer [daring]. Tautan: https://www.designer.io/en/

Vectr [daring]. Tautan: https://vectr.com/about/

Desygner [daring]. Tautan: https://desygner.com/ (Diakses pada: 28 September 2021)

Devi Lianovanda