5 Tips Sukses Jadi Reseller untuk Pemula, Bisnis Anti Ribet!

Devi Lianovanda Des 21, 2020 • 5 min read


SA_-_Reseller;_Peluang_Usaha_Modal_Minim

Memiliki bisnis sendiri merupakan impian banyak orang. Namun seringkali saat akan memulai bisnis, modal menjadi masalah utama. Terlebih apabila Kamu adalah seorang karyawan yang terikat jam kerja, maka Kamu harus pandai memilih bisnis yang fleksibel untuk dijalankan. Bisnis reseller dapat menjadi pilihan bagi Kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

Istilah reseller mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, namun untuk Kamu belum mengetahuinya, reseller adalah seseorang yang menjual kembali suatu produk yang telah dibeli dari supplier kepada konsumen. Biasanya reseller akan mendapatkan harga lebih murah daripada harga pasaran karena membeli dalam jumlah besar dengan tujuan untuk dijual kembali.

Reseller dapat menjadi pilihan untuk Kamu yang ingin memulai bisnis dengan modal yang tidak banyak dan dapat dijalankan secara fleksibel. Berikut merupakan beberapa tips untuk menjadi reseller sukses dengan modal minim:

  • Ketahui tren produk

Langkah pertama yang perlu Kamu lakukan sebelum memulai bisnis ini adalah mengetahui produk yang ingin Kamu jual. Pastikan Kamu menjual barang yang sedang diminati saat ini agar perputaran bisnis Kamu berlangsung lebih cepat dan lancar. Untuk mengetahui tren produk, perlu dilakukan riset dan analisa yang baik. Saat ini mencari tren produk dapat dilakukan dengan menggunakan Google Trends. Adanya website ini tentu semakin memudahkan Kamu untuk memulai bisnis sebagai reseller

kai-pilger-7YwWjgS7aJs-unsplash

(Sumber: unsplash.com)

  • Tentukan target market

Setelah mengetahui tren produk di pasaran, Kamu perlu menentukan target market yang ingin Kamu jangkau. Pastikan Kamu menentukan target market yang sesuai dengan produk yang Kamu jual. Dengan menentukan target market yang jelas juga membantu Kamu untuk menentukan media promosi, marketplace, dan konten pemasaran yang akan Kamu gunakan. Kamu perlu memastikan bahwa semuanya sesuai agar bisnis Kamu dapat berjalan dengan lancar. 

l3q2Q1ccY04N0STcc

(Sumber: giphy.com)

  • Pilih supplier yang terpercaya

Sebagai reseller, tentu Kamu perlu membeli produk dari supplier. Karena itu penting bagi Kamu untuk memilih supplier yang menjual produk dengan kualitas yang konsisten agar Kamu tidak mendapat komplain dari konsumen. Kamu bisa membandingkan beberapa supplier dan pilih yang memberi harga paling murah namun dengan kualitas yang layak. Selain itu, pastikan identitas supplier jelas dan dapat berkomunikasi dengan lancar. Perhatikan juga peraturan pemesanan barang seperti jumlah minimal order, pengemasan, pengiriman, dan lain sebagainya.

businessman-shaking-hands-with-client-customer_42193-21

(Sumber: freepik.com) 

  • Tentukan media dan konten promosi

Pemasaran merupakan hal penting dalam bisnis untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. Agar bisnis Kamu semakin dikenali oleh banyak orang dan penjualan terus meningkat, Kamu perlu memperhatikan penggunaan media dan konten pemasaran. Sesuaikan media yang digunakan dengan market yang menjadi sasaran bisnismu.

Tak hanya media promosi, konten marketing juga perlu Kamu perhatikan. Dilansir dari hubspot.com, saat ini konsumen mengharapkan konten yang berkualitas tinggi dan konsisten dari brand favorit mereka. 

  • Pilih platform penjualan sesuai target

Selanjutnya, perhatikan media penjualan yang akan Kamu gunakan. Pastikan memilih platform yang sesuai dengan target market Kamu. Melihat e-commerce di Indonesia terus mengalami perkembangan yang baik, platform ini dapat masuk dalam list media yang akan Kamu pilih. Indonesia memiliki 13.485 e-commerce pada tahun 2018 dengan jumlah transaksi sebesar 17,21 triliun rupiah. Kamu dapat menjual produk mu melalui beberapa e-commerce sekaligus. 

 

Itulah beberapa tips untuk menjadi reseller sukses dengan modal minim. Kamu dapat mengikuti beberapa kelas pilihan Skill Academy untuk mengembangkan bisnismu, mulai dari pembuatan konten hingga pemasaran menggunakan internet marketing. 

Untuk mengetahui lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya! Selamat belajar!

   #MudahUpgradeSkill di Skill Academy!

Profile

Devi Lianovanda

Satu individu dari 7,9 miliar manusia di bumi. Terimakasih sudah mampir baca tulisan ini :)

Beri Komentar