Inilah 3 Kerugian Kalau Kamu Sering Ganti Pekerjaan!

Devi Lianovanda Feb 4, 2021 • 3 min read


SA_-_Kerugian_dan_keuntungan_pindah-pindah_tempat_kerja-01

Berdasarkan hasil survei JobsDB, sebanyak 80% karyawan Indonesia ingin mencari pekerjaan baru, termasuk generasi milenial, karena generasi ini memang senang berganti pekerjaan. Fakta ini didukung hasil survei LinkedIn, bahwa generasi milenial lebih banyak berpindah kerja daripada generasi lainnya.

Pindah kerja dilakukan dengan berbagai alasan seperti, mengincar gaji lebih tinggi, mengembangkan karier secara cepat, dan mencari budaya perusahaan yang cocok. Apakah kamu juga suka berpindah-pindah tempat kerja? Sering ganti pekerjaan akan membuat kamu dinilai sebagai kutu loncat yang tidak setia.

Selain itu, jadi kutu loncat bisa menyebabkan kerugian lain, apa saja? Yuk simak di bawah!

1. Loyalitas kamu dipertanyakan

Jika kamu sering berpindah-pindah kerja dalam jangka waktu yang pendek seperti 3 atau 4 bulan, maka perusahaan yang kamu lamar akan mempertanyakan loyalitasmu. Perusahaan akan berpikir bahwa kamu bisa saja melakukan hal yang sama di perusahaan tersebut. Meskipun pengalaman yang kamu miliki beragam, kurang setia bisa mengurungkan niat perusahaan untuk merekrutmu. Perusahaan tentu tidak mau rugi dengan melakukan perekrutan kembali dalam jangka waktu dekat karena menerima karyawan yang tidak loyal.

(Sumber: freepik.com)

2. Keterampilan kurang maksimal

Keterampilan merupakan hal penting dalam bekerja, COO Facebook, Sheryl Sandberg mengatakan bahwa keterampilan lebih utama daripada pengalaman. Namun, jika terlalu sering pindah kerja, maka keterampilan yang kamu miliki akan kurang jika dibandingkan dengan seseorang yang setia dengan suatu pekerjaan tertentu. Setiap belajar keterampilan baru, pasti diperlukan waktu untuk belajar dan beradaptasi. Jika baru sebentar bekerja dan sudah ingin pindah lagi, maka keterampilan yang kamu pelajari mungkin baru permukaannya saja.

(Sumber: giphy.com)

Baca juga: Toxic People yang Perlu Kamu Hindari Di Tempat Kerja

3. Selalu merasa kurang

Seorang kutu loncat, akan merasa kurang puas dengan pekerjaan yang dilakoni saat ini. Mereka cenderung selalu melihat kekurangan dalam perusahaan dan melihat kelebihan perusahaan lain. Padahal, tidak ada perusahaan yang sempurna, selalu ada masa pasang surut dan tantangan dalam setiap pekerjaan. Jika kamu mencari review karyawan mengenai suatu perusahaan, tentu tidak hanya pengalaman menyenangkan yang mereka bagikan, tapi juga pengalaman yang kurang menyenangkan. 

(Sumber: pexels.com)

Daripada kamu bergonta-ganti pekerjaan, lebih baik syukuri dan nikmati pekerjaanmu saat ini. Ingat, di luar sana banyak yang ingin bisa bekerja seperti kamu. Kamu bisa tetap berkembang, mendapatkan jenjang karier, atau menambah keterampilan baru tanpa harus pindah-pindah perusahaan. 

Bahkan, kamu juga bisa nambah keterampilan atau meningkatkan keterampilan secara online dengan ikut kelas dari Skill Academy. Pilihan kelasnya beragam dengan instruktur handal dan kamu akan dapat sertifikat pastinya. 

 

Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa klik CTA di bawah ini! Selamat belajar!

   #MUDAHUPGRADESKILL DI SKILL ACADEMY!

Beri Komentar