Ingin Sukses Wawancara Kerja Online? Lakukan 7 Langkah Berikut Ini!

Posted by Halimatus Sya'diyah on Apr 6, 2020 7:29:09 PM

Halo, Rekan Kerja! Di era digital ini banyak perusahaan yang melakukan wawancara online untuk memangkas jarak dan waktu yang jauh. Umumnya wawancara online dilakukan dengan video call melalui Skype. Meskipun wawancara online tidak mewajibkan Anda untuk datang langsung, bukan berarti dapat dilakukan seenaknya. Ada tata cara agar wawancara dapat berjalan dengan baik tanpa mengurangi rasa profesionalisme. Kali ini ruangkerja hadir untuk memberikan tips sukses wawancara online. Mari simak ulasannya berikut ini!

1. Pantau koneksi internet Anda

wawancara kerja

Koneksi internet jangan tersendat. (Sumber : kts-inc.com)

Koneksi internet menjadi kebutuhan primer ketika Anda hendak melakukan wawancara online. Koneksi internet di lokasi Anda mungkin cepat untuk berselancar di media sosial, tetapi apakah hal tersebut juga terjadi ketika melakukan video call? Ada kalanya koneksi internet malah tersendat ketika melakukan video call yang faktornya dapat disebabkan oleh koneksi itu sendiri atau kapabilitas gawai Anda. Maka dari itu pantau koneksi internet dengan melakukan pemeriksaan berkala demi mencegah wawancara yang terputus-putus.

2. Pilihlah tempat yang tenang

wawancara kerja

Tempat yang tenang dapat menunjang peningkatan konsentrasi Anda (Sumber : flickr.com)

Perbedaan tempat justru menantang Anda untuk membuat wawancara tetap berjalan dengan nuansa profesionalisme. Pilihlah lokasi yang jauh dari keramaian dengan dinding ruangan berwarna netral agar perhatian pewawancara hanya tertuju kepada Anda. Hindari lokasi publik seperti restoran atau kafe karena keramaiannya dapat mengganggu proses tanya jawab. Pasti Anda tidak mau, kan terlihat bingung menjawab pertanyaan karena suasana gaduh.

3. Jaga kerapian layaknya wawancara pada umumnya

wawancara kerjaTetap berpakaian sopan (Sumber: mildlifetribe.com)

Wawancara online bukan berarti Anda dapat seenaknya berpakaian. Pewawancara juga ingin melihat kesungguhan Anda dari cara berpakaian meskipun terpisah jarak. Tidak usah berbusana terlalu berlebihan, tetapi cukup sesuaikan dengan karakter perusahaan yang Anda lamar. Gunakan baju formal serta dandan yang rapi layaknya wawancara secara tatap muka.

4. Pasang posisi diri serta kamera dengan baik

wawancara kerja

Posisi duduk tetap harus tegak (Sumber : interviewing.com)

Pasang serta pastikan posisi kamera sudah benar dan membuat wajah Anda terlihat jelas. Atur pencahayaan kamera dan ruangan agar muka Anda tidak terlalu terang ataupun terlalu gelap. Setelah itu, duduklah secara nyaman dengan posisi tegak dan jangan terlalu dekat dengan kamera. Bayangkan posisi duduk setengah badan dari sudut pandang pewawancara.

Tantangan wawancara online adalah cara Anda mengatur bahasa tubuh. Tunjukkan antusiasme Anda dengan bahasa tubuh yang baik, seperti tersenyum. Atur nada bicara supaya artikulasi terdengar jelas dan bersemangat.

5. Lihat kamera, bukan layar gawai

wawancara kerja

Mata harus fokus melihat kamera (Sumber : embedwistia-a.akamaihd.net )

Kesalahan umum yang dilakukan banyak orang ketika melakukan panggilan video adalah melihat layar gawai, bukan kameranya. Nyatanya, Anda harus melihat kamera gawai untuk melakukan kontak mata dalam percakapan video call. Tidak baik jika terlalu fokus pada layar karena akan membuat mata Anda terlihat juling. Hal itu dapat memperburuk suasana wawancara karena pewawancara merasa diabaikan. Melihat layar hanya diperbolehkan untuk memperbaiki posisi duduk.

6. Perhatikan bahasa tubuh ketika melihat catatan kecil

wawancara kerja

Hati-hati saat melihat catatan (Sumber: imaginationsoup.net)

Keuntungan melakukan wawancara online adalah Anda dapat menyiapkan catatan kecil yang ditempel pada sisi kiri atau kanan gawai. Hal-hal penting ini wajib dicatat agar tidak lupa seperti waktu wawancara, nomor telepon pribadi dan calon kantor, posisi yang dilamar, nama sang pewawancara, dan pelafalan asing yang sulit diucapkan.

Ingat, jangan terlalu sering melirik ke arah catatan kecil yang dibuat! Jika terlalu sering khawatir terkesan Anda tidak mengenal diri sendiri dan tidak tahu pencapaian yang ingin dikejar. Maka dari itu perhatikan bahasa tubuh seperti lirikan agar wawancara dapat berjalan lancar.

7. Latihan agar tidak gugup ketika terjadi delay

wawancara kerja

Latihan dapat mengatasi rasa gugup (Sumber : makeusof.com)

Jangan memasang ekspresi aneh ketika pewawancara diam cukup lama karena kamera pewawancara mungkin tetap merekam gerak-gerik Anda. Delay adalah hal yang wajar, apalagi jika wawancara dilakukan antarnegara. Biasanya terdapat penundaan beberapa detik dari pesan disampaikan hingga pesan diterima. Supaya tidak gugup ketika delay, maka lakukan latihan bersama kerabat atau teman Anda. Simulasi wawancara juga berguna untuk mengantisipasi hambatan lain sebelum hari wawancara online tiba.

Nah, itu dia beberapa tips wawancara online yang ruangkerja sajikan untuk Anda. Yuk, unduh aplikasi ruangkerja supaya persiapan wawancara online semakin matang. Aplikasi ruangkerja menyediakan banyak materi kesiapan kerja dalam bentuk podcast dan video. Ada banyak pilihan kelas online ruangkerja yang dapat Anda akses  untuk menggali beberapa keahlian. Selamat mengembangkan diri, Rekan Kerja!

New call-to-action


Topics: Sukses Kerja

Leave Comment

Paling Banyak Dibaca