Masih Gagal? Begini Cara Verifikasi Swafoto (Selfie) Prakerja yang Benar

cara swafoto prakerja

Sering gagal verifikasi wajah saat pendaftaran Prakerja? Yuk, ikuti cara swafoto (selfie) Prakerja berikut ini!

Halo teman-teman Prakerja! Di tahap pendaftaran dan update data diri Prakerja, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi wajah dengan mengunggah selfie atau swafoto.

Namun, banyak peserta Prakerja yang mengatakan bahwa mereka kesulitan untuk verifikasi foto ini. Bisa jadi, swafoto yang kamu ambil belum sesuai dengan ketentuan dari PMO prakerja.

Tapi tenang, berikut merupakan cara verifikasi swafoto atau selfie prakerja dengan baik dan benar.

Cara verifikasi swafoto Prakerja

1. Ambil swafoto dengan menggunakan kamera HP kamu

Kalau kamu melakukan pendaftaran atau update data diri Prakerja melalui browser di komputer, maka untuk swafoto, kamu harus mengambilnya menggunakan HP. Ini karena, kamera HP menghasilkan foto yang lebih berkualitas dan juga jelas.

selfie menggunakan hpKarena ini bukan selfie biasa, jadi pastikan saat selfie, posisi HPnya tegak lurus, ya.

Baca juga: Selalu Gagal? Begini Cara Foto KTP Kartu Prakerja yang Benar

2. Pastikan wajah terlihat jelas

Swafoto diperlukan untuk verifikasi wajah, karena itu tentunya wajah kamu harus terlihat jelas. Ambil swafoto di tempat dengan pencahayaan yang cukup. Nggak terlalu terang, juga nggak terlalu gelap. 

pastikan pencahayaan cukup

3. Wajah memenuhi frame 80%

Saat mengambil swafoto, biasanya akan muncul garis putus-putus untuk panduan agar kamu bisa memposisikan diri sesuai dengan garis tersebut. Pastikan, wajah kamu close up atau memenuhi 80% frame. Jangan terlalu jauh atau terlalu dekat, ya.

wajah 80% close up

4. Hindari menggunakan aksesori yang menutupi wajah

Karena syarat swafoto adalah wajah terlihat jelas, hindari menggunakan aksesori yang bisa menutupi wajah seperti topi, masket, kacamata hitam, dan lainnya.

hindari aksesori

5. Tidak selfie bersama KTP

Untuk verifikasi wajah, kamu hanya perlu mengunggah swafoto yang menunjukkan wajah dengan jelas. Nggak usah foto bersama KTP karena verifikasi KTP sudah dilakukan pada tahap sebelumnya.

tidak selfie dengan KTP

6. Jangan lupa senyum

Jangan lupa senyum, ya agar fotonya nggak terlalu kaku.

jangan lupa senyum

7. Pastikan koneksi internet stabil

Selain mengikuti 6 cara swafoto untuk verifikasi wajah di atas, jangan lupa untuk memerhatikan koneksi internet, ya. Pastikan koneksi internet kamu lancar agar proses verifikasi bisa berjalan lancar dan menghindari terjadinya foto gagal terunggah ke website Prakerja.

 

Perlu diingat bahwa, swafoto ini sebaiknya tidak diunggah sembarangan dan hanya diunggah di laman resmi prakerja.go.id saja. Hindari juga mengunggah foto-foto yang tidak sesuai, misalnya, foto orang lain, karena akan menghambat proses verifikasi.

Nah, itulah cara swafoto atau selfie untuk verifikasi Prakerja, semoga membantu. Semoga proses verifikasi kamu berjalan lancar dan bisa lolos gelombang Prakerja terbaru, ya. Sambil menunggu proses seleksi, kamu bisa kepoin kelas-kelas Skill Academy yang ingin kamu beli.

Semua video belajar di Skill Academy dibuat menarik dan mudah dipahami. Kamu juga akan belajar bersama instruktur berpengalaman dan kompeten di bidangnya. Yuk, manfaatkan saldo Prakerja untuk upgrade kualitas diri bersama Skill Academy!

Kelas Sukses Kerja - Skill Academy

Devi Lianovanda