Sering Gak PD? Ini 7 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Tempat Kerja

Gulman Azkiya Sep 10, 2021 • 7 min read


Cara-meningkatkan-kepercayaan-diri-di-tempat-kerja

Artikel ini membahas mengenai cara meningkatkan kepercayaan diri di tempat kerja.

--

Halo guys, tahukah kamu,  98% dari pekerja di Amerika mengatakan kinerja mereka menjadi lebih baik ketika merasa percaya diri. Hal ini termasuk keterampilan dasar dan etos kerja. Lalu apakah kamu memiliki masalah kepercayaan diri? Seperti kurang pede atau sering merasa takut salah ketika diminta melakukan sesuatu oleh atasan? Jika iya, maka kamu sedang berada di artikel yang tepat. Karena kali ini Skill Academy akan membagikan cara untuk meningkatkan kepercayaan diri, khususnya di tempat kerja. Check it out!

1. Hilangkan semua hal negatif dari pikiranmu

Semua upaya pastinya berawal dari diri sendiri, termasuk untuk meningkatkan rasa percaya diri. Cara pertama yang dapat dilakukan untuk membuat dirimu menghilangkan semua pikiran negatif adalah berpikir positif dan mengenyampingkan segala sesuatu yang membuat kamu tidak nyaman. Dengan berpikir positif,kamu dapat membuat perasaanmu menjadi lebih nyaman sehingga dapat mengerjakan pekerjaan dengan baik.

Dikutip dari verrywellmind.com, berpikir positif tidak selalu berarti kamu harus menghindari atau mengabaikan hal-hal buruk. Alih-alih, mengkhawatirkan hal tersebut, kamu dapat memanfaatkan situasi yang berpotensi buruk dengan mencoba melihat sisi yang terbaik dari sebuah masalah. 

Ikuti kelas: Membuat Tulisan dengan Storytelling untuk Penulis Media Interaktif

Misalnya, kamu adalah seorang introvert dan lebih suka bekerja sendiri. Namun, pada suatu ketika kamu dipindahkan ke dalam tim yang terkenal suka mengobrol dan berdiskusi. Pada satu sisi hal tersebut terlihat seperti masalah bagi dirimu, tetapi jika kamu mencoba berpikir positif hal tersebut bisa membantumu ketika butuh teman untuk mendiskusikan sebuah pekerjaan atau proyek. Yap, semua itu tergantung bagaimana kamu dapat melihat sisi baik dan membuat dirimu nyaman. 

Di samping itu, kamu dapat meyakinkan dan memberi semangat kepada dirimu sendiri. Misalnya ketika ingin melakukan presentasi kerja, kamu dapat meyakinkan dirimu terlebih dahulu “Aku pasti bisa” atau “Semuanya akan baik-baik saja”. 

Namun, hal yang paling penting adalah mencegah agar kamu tidak terlalu sering mengeluh. Karena mengeluh akan mengacaukan perasaanmu dan malah akan menjadi energi negatif sehingga berpengaruh terhadap kepercayaan diri. 

2. Hindari terlalu fokus pada apa yang orang lain pikirkan

Jangan menghabiskan energimu untuk bertanya-tanya dan mengkhawatirkan bagaimana orang lain memandang dirimu. Fokus kan energi tersebut untuk hal yang lebih penting seperti menyelesaikan pekerjaan atau mempelajari kemampuan baru. Dikutip dari psychcentral.com, dalam beberapa kasus, menghabiskan terlalu banyak waktu dan energi untuk mengkhawatirkan apa yang dipikirkan orang lain, malah dapat membahayakan citra diri dan kesehatan mental.

Namun, maksud dalam hal ini bukan berarti kamu harus menjadi orang yang cuek dan tidak peduli. Kamu tetap harus memperdulikan hal-hal sekitar terutama dalam tindakanmu yang berdampak pada orang-orang terdekat, misalnya dalam hubungan pertemanan. Kamu dapat menerima pendapat mereka dalam artian sebagai hal yang positif, seperti dukungan dan pujian. 

Jika kamu masih sulit untuk tidak mengkhawatirkan bagaimana pandangan orang lain terhadap dirimu, ingatlah bahwa hanya dirimu sendiri yang mengetahui apa yang terbaik, dan tentunya mustahil untuk menyenangkan semua orang. Jadi coba hilangkan pikiran seperti, “Apakah saya layak?” atau “Kalau saya salah gimana ya?”. Jalani saja dulu, nantinya semua kritikan dan masukan yang diterima dapat kamu ubah menjadi alat untuk mengevaluasi diri sehingga menjadi orang yang lebih baik. 

3. Identifikasi kelebihan dan kekurangan 

Coba kenali dirimu dengan jujur, cari tahu apa yang menjadi kekurangan dan kelebihanmu. Tidak ada orang lain yang mengetahui kemampuanmu kecuali dirimu sendiri. Beberapa penyebab yang membuat orang kurang percaya diri adalah karena tidak menyadari kelebihan mereka dan malah terlalu fokus terhadap kekurangannya. Oleh karena itu, bagi kamu yang masih kesulitan untuk mengidentifikasi hal tersebut, berikut beberapa langkah yang dapat kamu terapkan. 

  • Lakukan tes mandiri.
  • Bagi dalam beberapa konteks misalnya kebijaksanaan, kegigihan, kreativitas, penyesuaian diri, aktivitas (pekerjaan).
  • Beri nilai seberapa dekat kesesuaian dengan konteks tersebut.
  • Jika kamu kurang yakin, konsultasikan dengan orang terdekat atau ahli.
  • Kamu juga bisa melakukan tes secara online.

4. Tingkatkan kemampuan dan pengetahuan

Dengan mempelajari keterampilan baru, kamu dapat membuat dirimu menjadi lebih baik. Tidak ada kata terlambat untuk terus belajar. Kamu bisa mengembangkan dirimu dari segi soft-skill atau  hard-skill. Dengan mempelajari hal baru, kamu tidak hanya meningkatkan kemahiran dalam pekerjaan, tetapi juga akan meningkatkan kepercayaan dirimu.  Hal ini terjadi karena kamu sudah yakin dengan kemampuanmu sehingga dapat meminimalisir terjadi kesalahan. Selain itu, dengan menambah skill, kamu juga akan mendapatkan banyak peluang yang memungkinkan karirmu menjadi lebih baik. 

Baca juga: 8 Cara Berkomunikasi yang Baik di Tempat Kerja

5. Coba lebih terlibat pada aktivitas di tempat kerja

Jangan merasa seperti kamu merasa sendirian atau merasa tidak dibutuhkan. Cobalah berbaur dengan rekan kerjamu. Tidak ada salahnya sesekali ikut bergabung dengan pembicaraan yang mereka lakukan. Bisa saja mereka sedang membahas sesuatu yang penting mengenai pekerjaan. Namun, perlu dipertimbangkan mengenai caramu bereaksi terhadap tindakan rekan kerja atau atasanmu. Misalnya, tetap sopan ketika berbincang dengan atasan. 

langkah-melibatkan-diri-di-tempat-kerja

Jangan ragu juga untuk bertanya kepada rekan kerjamu, terutama pada saat rapat. Berbincang dengan kerja juga bisa menambah pengetahuanmu mengenai pekerjaan. Misalnya, bertanya kepada senior mengenai keahlian dan pengalaman mereka selama bekerja. 

"Tapi malu ah, nanti dibilang sok akrab, sok tahu, dan lainnya.” 

Tenang guys, selama kamu bersikap wajar dan tetap menjadi diri sendiri, tidak ada yang akan menyalahkanmu. Justru ketika dapat berbaur dengan baik, kamu akan semakin diterima oleh rekan kerjamu. Terlebih lagi, ketika kamu dapat menemukan teman yang baik, sehingga dapat membuatmu nyaman di tempat kerja. 

Selain itu, jangan ragu untuk ikut dalam pekerjaan yang bersifat team project. Dengan mengikuti hal tersebut kamu bisa mendapatkan pengalaman baru dan juga bisa mengukur kemampuanmu. Sehingga dapat menjadi hal yang membantumu ketika melakukan evaluasi kerja.

Dengan sering terlibat pada aktivitas di tempat kerja, akan membuat kamu semakin mengenal lingkungan tempat kerja dan memahami rekan kerja atau atasanmu. Sehingga dengan hal tersebut dapat menghilangkan kekhawatiran dan membuat kamu semakin percaya diri.

6. Evaluasi kinerja

Dengan melakukan evaluasi, kamu bisa mengetahui bagaimana kinerja yang telah dilakukan. Apakah semuanya berjalan baik-baik saja atau malah banyak hal yang harus diperbaiki. Ketika kamu bisa menganalisis kinerjamu, maka kesempatan untuk terus mengembangkan diri semakin terlihat. Selain itu, melakukan evaluasi kerja juga dapat membuat kamu lebih menghargai dirimu dan pencapaian yang telah dilakukan. Sehingga ketika kamu bisa menghargai diri, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap kepercayaan dirimu.

7. Selalu perbarui informasi

Cobalah untuk tetap memperbarui informasi, khususnya mengenai hal yang berkaitan dengan pekerjaan mu. Jangan sampai melewatkan informasi yang ada di depan matamu. Ketika merasa kurang mengerti terhadap sesuatu hal, jangan ragu untuk menanyakan ke rekanmu. Pada saat kamu memiliki informasi yang cukup dan ada rekan kerjamu yang menanyakan informasi, maka jawabanmu akan membantunya. Memiliki informasi dan pengetahuan yang cukup tersebut dapat menumbuhkan rasa percaya diri. 

 

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan kepercayaan diri di tempat kerja. Semoga dapat berguna bagi kamu ya guys. Di samping itu, bagi kamu yang sedang ingin meningkatkan kemampuan, khususnya untuk kepentingan karir, langsung saja ke Skill Academy. Karena Skill Academy memiliki berbagai kelas pelatihan dengan materi yang spesik dan mendalam. Sehingga sangat cocok bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk bekerja. 

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

 

Referensi

Bettino, Kate. (2021). Tips to Soothe Your Worries of What Others Think of You. https://psychcentral.com/blog/mental-shifts-to-stop-caring-what-people-think-of-you#why-we-care [Daring] (Diakses 9 Sepetember 2021)

Burgess, Beth. (2021). 10 Things You Haven’t Tried To Boost Your Confidence At Work. https://www.lifehack.org/articles/productivity/10-tips-for-boosting-your-confidence-work.html [Daring] (Diakses 8 Sepetember 2021)

Cherry, Kendra. (2019). Understanding the Psychology of Positive Thinking. https://www.verywellmind.com/what-is-positive-thinking-2794772 [Daring] (Diakses 10 Sepetember 2021)

Thompson, Malachi. (2020). How to Identify Your Strengths And Weaknesses in 5 Steps. https://www.lifehack.org/887330/strengths-and-weaknesses [Daring] (Diakses 10 Sepetember 2021)

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Masih dalam tahapan mempelajari SEO dan Digital Marketing

Beri Komentar