Cara Mengatur Waktu Secara Efektif Agar Lebih Bermanfaat

Ingin waktu yang kamu punya bisa diatur secara lebih efektif? Yuk, perhatikan beberapa tips mengatur waktu secara efektif berikut ini!

Pernahkah kamu mendengar pepatah yang mengatakan “time is money”? Jika dipikir-pikir, apa yang dikatakan pepatah itu benar, lho!

Mungkin, sebagai manusia kita seringkali tidak menyadari bahwa waktu adalah sumber daya paling berharga yang kita punya karena kita bisa mendapatkan waktu secara gratis tanpa harus membeli.

Namun, meskipun gratis, waktu yang telah berlalu tidak dapat kita putar ulang atau kita dapatkan kembali.

Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak membuang waktu secara sia-sia karena time is money! Jika kita membuang-buang waktu artinya kita sama saja dengan membuang-buang uang.

Nah, supaya kita tidak membuang-buang waktu, kita harus membiasakan diri untuk bisa mengatur waktu secara efektif.

Bagaimana sih cara mengatur waktu agar lebih efektif? Simak beberapa tips berikut, ya!

 

1. Buat to do list

Untuk dapat mengatur waktu dengan efektif, tips pertama yang dapat dilakukan adalah membuat to do list yang jelas terkait hal-hal yang ingin diselesaikan.

Pertama, identifikasikan terlebih dahulu hal-hal apa saja yang ingin kamu capai atau selesaikan, lalu coba lakukan break down pada hal tersebut agar menjadi task yang lebih kecil dan lebih mudah untuk diselesaikan.

Baca Juga: 5 Cara Memprioritaskan Tugas Agar Kerja Jadi Lebih Efektif!

2. Atur prioritas

Setelah itu, aturlah prioritas task-task tersebut sesuai urgensi dan kepentingannya. Kamu bisa membaginya menjadi empat kuadran, yaitu:

  • Important and urgent (penting dan mendesak)
  • Important but not urgent (penting namun tidak mendesak)
  • Urgent but not important (mendesak namun tidak penting)
  • Neither important nor urgent (tidak penting dan tidak mendesak)

 

Pembagian kuadran seperti dijelaskan di atas disebut juga sebagai The Eisenhower Matrix, yang banyak digunakan untuk membantu mengatur prioritas tugas dan menyelesaikannya secara efektif.

3. Buat perencanaan jadwal

Setelah itu, kamu bisa membuat perencanaan jadwal atas to do list yang sudah dibuat. Tentukan kapan kamu akan mengerjakan task A, task B, dan seterusnya.

Tentukan juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan task tersebut, misalnya 2 jam, 3 jam, dan seterusnya.

4. Hindari hal-hal yang membuang waktu

Setelah perencanaan selesai, cobalah fokus mengerjakan seluruh task sesuai perencanaan yang sudah dibuat tadi.

Hindari melakukan hal yang membuang waktu atau yang dapat mendistraksi, seperti bermain media sosial atau menonton film.

Kamu bisa silent sementara smartphone kamu supaya suara notifikasinya tidak mengganggu konsentrasi saat bekerja.

5. Hindari multitasking

Sebaiknya, hindari melakukan multitasking karena hal ini justru dapat beresiko membuat konsentrasi kamu menjadi terpecah.

Cobalah untuk fokus pada satu task saja, kemudian kerjakan hingga selesai. Selanjutnya, lakukan task berikutnya hingga seluruh task terselesaikan satu per satu.

Fokus pada satu task akan membuat hasil kerja kamu lebih baik jika dibandingkan dengan mengerjakan dua task sekaligus dalam satu waktu.

Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu per satu task juga cenderung lebih sedikit jika dibandingkan dengan melakukan multitasking.

6. Lakukan delegasi dan outsource

Jika perlu, kamu juga bisa melakukan delegasi dan outsource kepada pihak lain untuk membagi tugas-tugas yang harus kamu selesaikan.

Kamu bisa mendelegasikan pekerjaan yang memakan waktu, pekerjaan yang sulit untuk dikerjakan sendiri, atau pekerjaan yang berada di luar bidang yang kamu kuasai.

Dengan begitu, pekerjaan akan lebih cepat selesai.

7. Belajar untuk mengatakan tidak

Tips lain yang juga dapat membantu kamu dalam mengatur waktu supaya efektif adalah belajar untuk mengatakan tidak.

Misalnya, kamu mendapat tawaran pekerjaan freelance namun saat ini kamu sedang memiliki banyak deadline yang harus dipenuhi.

Nah, sebaiknya kamu tidak gegabah untuk menerima tawaran tersebut.

Kamu boleh menolak tawaran tersebut dan mengatakan bahwa kamu sedang memiliki banyak deadline yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum bisa menerima tawaran pekerjaan lain.

Dengan begitu, kamu tidak akan kehabisan waktu dan mengalami burnout akibat pekerjaan yang terlalu banyak.

Baca Juga: 7 Tips Manajemen Waktu yang Efektif dan Manfaatnya!

8. Jangan lupa self-care

Terakhir, jangan lupa lakukan self-care alias merawat diri sendiri. Merawat di sini maksudnya bukan hanya merawat dari fisik, tapi juga secara mental.

Jangan lupa untuk beristirahat cukup di sela-sela kegiatanmu yang padat. Selain itu, kamu juga tetap harus menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang penyakit.

Mengatur waktu secara efektif merupakan hal yang perlu dikuasai oleh semua orang.

Tidak hanya siswa atau mahasiswa, pekerja profesional pun juga wajib memiliki kemampuan untuk dapat mengatur waktu secara efektif.

Beberapa cara yang telah dibahas di atas bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk melatih kemampuanmu dalam memanajemen waktu.

Baca Juga: Kiat Manajemen Waktu untuk Profesional yang Sibuk, Atur Prioritasmu!

 

Bagi kamu yang ingin belajar lebih dalam mengenai time management, kamu bisa mengikuti kelas pelatihan di Skill Academy. Pilih kelas yang sesuai dengan minatmu, sekarang!

 

Referensi:

https://www.mindtools.com/arb6j5a/what-is-time-management

https://info.populix.co/articles/manajemen-waktu-adalah/

Kenya Swawikanti