4 Tips Agar Kelas Online Kamu Menjadi Lebih Menyenangkan dan Efektif

Gulman Azkiya Jan 18, 2021 • 3 min read


tips-agar-kelas-online-menjadi-efektif

Apakah kamu pernah merasakan pelatihan, kursus, atau kelas online yang kamu ikuti tidak begitu berdampak pada kemampuan kamu? Salah satu penyebabnya kamu bosan dan merasakan kondisi yang tidak mendukung. Bagi kamu yang masih bingung, yuk simak tips agar kelas online menjadi lebih menyenangkan dan efektif.

1. Ingat tujuan awal kamu

Tujuan-awal-kamu

(Sumber: Pexels.com)

Beberapa waktu lalu kamu mungkin mendengar kabar bahwa beberapa orang sengaja mengikuti kelas online hanya untuk medapatkan sertifikat. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, tetapi apakah sebatas itu kah tujuan kamu dalam mengikuti kelas online. Pastikan tujuan kamu sebelum mengikuti kelas online. Kamu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kamu baik itu soft skill ataupun technical skill.

Mengikuti kelas online demi sertifikat memang dapat meningkatkan nilai dari portofolio kamu. Namun, hal tersebut akan sia-sia jika kamu tidak memiliki kemampuan yang tertera pada sertifikat tersebut. Cobalah serius dan tekun dalam mengikuti kelas online yang kamu ambil. Maka efek dari kelas tersebut akan berdampak pada kemampuan kamu.

2. Tentukan topik kelas atau kursus online yang sesuai dengan minat kamu

Sebelum kamu ingin mengambil sebuah kursus online, tentukan lah kelas/kursus yang ingin kamu ikuti dan sesuai dengan minat kamu. Jangan asal pilih kelas dengan tujuan memiliki banyak jenis sertfikat. Ketika kamu memilih kelas yang tidak seusai dengan minat kamu, maka kelas yang kamu ikuti akan terasa sia-sia. Kamu pun akan merasa bosan tiap kali mengikuti kelas atau pelatihan yang kamu pilih. Tak jarang nantinya kamu malah mempercepat (skip) setiap materi yang diberikan.

Topik yang dipilih sesuai dengan minat akan membuat kamu serius dalam mengkuti kursus online yang sedang diikuti. Kamu juga tidak akan menyianyiakan kelas yang kamu ambil. Karena tujuan kamu adalah untuk meningkatkan kemampuan.

3. Cari kelas lanjutan dari topik yang sama

Cari-kelas-lanjutan-dari-topik-yang-sama

(Sumber: Unsplash.com)

Jangan berhanti pada satu kelas saja. Cobalah untuk mengembangkan kemampuan kamu dengan mecari kelas atau kursus tambahan dengan topik yang sama. Bisanya masing-masing kelas memiliki tingkatan yang berbeda-beda. jika kamu berada pada posisi pemula maka lanjutkanlah dengan tahapan selanjutnya. Kemampuan kamu akan meningkat sesuai dengan kelas yang kamu ikuti.

Jika kamu merasa kurang cocok dengan tutor yang materinya kurang menarik. Maka tak ada salahnya mengambil kelas lain dengan tutor yang berbeda. Ketidakcocokan adalah hal yang wajar dan hal tersebut bukanlah salah kamu sepenuhnya.

4. Cobalah berinteraksi dengan pakar atau tutor

berinteraksi-dengan-tutor

(Sumber: Pexels.com)

Salah satu penyebab kursus atau kelas online terasa kurang efektif adalah proses pembelajaran yang bersifat pasif. Jika memungkinkan, cobalah berinteraksi dengan para tutor. Beberapa kursus dan kelas online memberikan fitur yang memungkinkan kamu dapat berinteraksi dengan tutor.

Kamu dapat menanyakan materi yang diarasa kurang mengerti. Meminta tips tambahan terkait skill yang ingin kamu kembangkan. Jika kamu dapat berinterkasi dengan tutor manfaatkanlah sebaik mungkin.

 


Bagaimana guys, apakah sudah menjawab penasaran kamu? itu lah beberapa tips agar kelas online menjadi lebih efektif. Bagi kamu yang berniat untuk meningkatkan skill dan kemampuan, kamu bisa klik banner di bawah atau langsung searching skill academy.

   #MUDAHUPGRADESKILL DI SKILL ACADEMY!


Beri Komentar