7 Skill Penting yang Harus Dimiliki jika Ingin Bekerja di Bank

7 Skill Penting yang Harus Dimiliki jika Ingin Bekerja di Bank - Skill Academy

Untuk bekerja di bank, dibutuhkan berbagai skill yang akan menunjang karier kamu ke depannya. Kamu berminat bekerja di bank? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

__

Kamu bermimpi untuk membangun karier di bank? Ingin bekerja dan menjadi pegawai bank? Bekerja di bank memang menjadi mimpi bagi sebagian orang. Akan tetapi, untuk bekerja di bank, kamu perlu mengetahui sebelumnya skill yang wajib dimiliki bagi seorang karyawan bank. Apa saja, ya, skill yang dibutuhkan?

Berikut ini adalah skill, baik soft skill maupun hard skill yang harus kamu kembangkan atau kamu improve jika kamu ingin bekerja di bank. Skill berikut tidak spesifik untuk suatu posisi, seperti teller, costumer service, atau back office, tetapi merupakan skill umum yang perlu dimiliki untuk bekerja di bank. Yuk, simak!

 

1. Skill Penggunaan Teknologi

Industri perbankan dewasa ini sangat bergantung pada teknologi sehingga kemampuan bekerja dengan menggunakan komputer dan software bank merupakan skill wajib yang sangat penting. Jangan sampai kamu bingung saat dihadapkan dengan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, seperti penggunaan komputer dan sebagainya.

Skill penggunaan komputer juga menjadi penting karena saat kerja di bank kamu perlu menyimpan, menggunakan, dan mencari data, baik data nasabah maupun data tentang produk-produk bank. Dengan demikian, skill dasar penguasaan komputer sangat penting jika kamu ingin bekerja di bank.

 

2. Skill Komunikasi

Saat bekerja di bank, kamu harus bekerja dalam tim. Oleh karena itu, kamu harus memiliki kemampuan berkomunikasidengan baik dengan anggota tim lainnya sehingga komunikasi menjadi skill yang harus dimiliki oleh seorang karyawan bank.

Selain itu, karena pekerjaan di bank merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain, kamu pun harus bisa berkomunikasi dengan baik saat berhadapan dengan nasabah. Kamu harus bisa menjelaskan berbagai produk yang ada di bank kepada para nasabah dengan sederhana, tetapi tepat. Jangan juga kamu lupakan untuk selalu melayani dengan senyuman nasabah yang datang.

 

3. Skill Manajemen Waktu

Pekerjaan di bidang perbankan yang serba cepat dan dinamis mengharuskan kamu untuk memiliki skill manajemen waktuyang baik. Kamu dituntut harus dapat mengatur waktu dengan baik agar kamu tidak kewalahan menghadapi dinamika pekerjaan yang serba cepat. Kalau kamu kesulitan mengatur waktu, kamu akan kewalahan sendiri dan ujung-ujungnya berpengaruh terhadap performa kerja kamu. Sebagai calon karyawan bank, tentu kamu tidak mau memiliki performa yang buruk, kan, nantinya?

Selain harus memiliki skill manajemen waktu yang baik, kamu juga harus memiliki skill organisasi yang baik. Pasalnya, jika kamu tidak bisa mengorganisasi pekerjaan kamu dengan baik, pekerjaan kamu akan menumpuk dan itu akan menyulitkan kamu saat sudah mendekati deadline.

 

4. Skill Multitasking

Bekerja di bidang perbankan memberi kita tanggung jawab yang sangat banyak. Bahkan, tidak jarang tanggung jawab tersebut bertumpang tindih dengan tanggung jawab yang lainnya. Singkatnya, kamu harus menguasai banyak pekerjaan agar setiap pekerjaannya tidak tercecer.

Contohnya adalah kamu bisa saja harus melayani lebih dari satu nasabah dalam satu waktu karena keduanya merupakan tugas atau pekerjaan yang memang harus kamu lakukan. Seiring tanggung jawab yang banyak tersebut, seorang karyawan bank harus bisa multitasking atau melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu sehingga skill multitasking menjadi salah satu skill yang wajib dimiliki.

 

Baca juga: Ketahui Tugas dan Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Frontliner

 

5. Skill Perhatian terhadap Detail

Bekerja di bidang perbankan melibatkan laporan keuangan yang perlu dibuat dengan seteliti mungkin. Hal ini membuat kamu harus fokus dan memperhatikan detail yang ada untuk memastikan tidak ada kesalahan. Kesalahan yang mungkin saja terjadi adalah saat kamu meng-input angka di laporan keuangan. Pasalnya, kesalahan kecil sekali saat meng-inputlaporan keuangan dapat mengubah laporan transaksi, bisa jadi lebih besar atau lebih kecil daripada laporan yang sesungguhnya.

Jadi, jika kamu berminat bekerja di bank, kamu harus memperhatikan setiap detail dan memiliki ketelitian yang tinggi. Bisa dibilang skill ini sangat penting untuk dimiliki setiap karyawan bank.

 

6. Skill Penyelesaian Masalah dan Analitis

Di dunia perbankan, ada banyak masalah yang bisa saja terjadi kapan pun. Jika kamu ingin bekerja di bank, kamu harus bisa mengenali banyak masalah, lalu menganalisisnya, dan mencari solusi terhadap masalah tersebut.

Selain itu, kamu juga harus memiliki skill pengambilan keputusan dan kreativitas yang baik pula. Kerja cerdas hukumnya wajib untuk kamu yang ingin bekerja di bank. Jika kamu memiliki skill penyelesaian masalah dan analisis yang baik, kamu akan dapat dengan mudah menyelesaikan masalah dan itu dapat menambah produktivitas kamu.

 

7. Integritas dan Etika

Banyaknya data pribadi yang diberikan oleh nasabah menjadikan pekerjaan di bank memiliki banyak rahasia yang harus dijaga. Kamu harus memiliki integritas yang tinggi dan etika yang baik untuk bisa menjaga rahasia tersebut sehingga kerahasiaan nasabah tetap terjaga.

Selain itu, etika pun mencakup sikap kamu dalam melakukan layanan bank. Kamu pun dituntut harus sopan, memberi raut wajah yang baik, dan sikap berdiri yang sesuai etika jika kamu bekerja di bidang jasa. Semua hal tersebut tentu saja harus kamu kuasai jika ingin bekerja di bank.

__

Nah, setelah mengetahui skill apa saja yang dibutuhkan untuk bekerja di bank, kamu makin tertarik, kan, untuk bekerja di bidang perbankan? Skill-skill tersebut harus kamu kuasai karena jika terjadi kesalahan, taruhannya adalah nama baik bank tempat kamu bekerja. Kini, memahami skill apa saja yang dibutuhkan, kamu siap ditempatkan di berbagai posisi di bank, bukan?

Untuk mempertajam skill yang kamu miliki, yuk, gabung dengan Skill Academy! DI Skill Academy, kamu bisa mempertajam skill yang sudah kamu miliki atau menambah skill baru yang bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan di bank. Tunggu apa lagi, cek kelasnya dengan klik banner di bawah ini!

SKill Academy - CTA

Referensi:
https://ca.indeed.com/career-advice/finding-a-job/how-to-get-a-job-at-a-bank

Atqo