5 Hal yang Harus Menjadi Pertimbangan Ketika Ditawari Promosi Jabatan

Gulman Azkiya Jan 20, 2021 • 3 min read


Pertimbangan-tawaran-promosi-jabatan

Salah satu hal yang dinanti-nantikan seseorang dalam karirnya adalah mendapatkan tawaran untuk naik jabatan atau promosi. Mendapatkan kabar bahwa kamu akan naik jabatan adalah sesuatu yang membahagiakan. Hal tersebut menandakan kamu merupakan seseorang yang dapat diandalkan. Selain itu, perusahaan khususnya atasan kamu juga mengakui kemampuan dan kinerja kamu. Tetapi, apakah kamu pernah merasa bingung atau ragu ketika tawaran tersebut datang kepadamu? Dilansir dari Forbes.com berikut adalah 5 hal yang harus di pertimbangkan ketika ditawari promosi jabatan.

1. Apakah jabatan tersebut benar-benar saya inginkan?

jabatan-yang-tepat

(Sumber:Pexels.com)

Sebelum kamu menerima tawaran untuk promosi jabatan, sangat penting untuk memikirkan kembali mengenai jabatan tersebut. Apakah jabatan yang ditawarkan memang benar-benar kamu inginkan?

Beberapa orang membutuhkan waktu untuk memikirkan tawaran yang mereka dapatkan. Promosi atau naik kepada posisi yang lebih tinggi pada management memang cukup menyita perhatian, khususnya bagi mereka yang pertama kali mengalaminya. Namun, bagi mereka yang tidak memiliki masalah pertimbangan biasanya langsung menerima tawaran tersebut.

Tetapi, masalahnya muncul ketika mereka yang menerima jabatan tersebut ternyata tidak tertarik untuk mengelola pekerjaan orang lain atau tidak memiliki kemampuan management yang baik. Kurangnya kemampuan tersebut membuat mereka tertekan dan menyesal pada akhirnya.

Pikirkan baik-baik mengenai perencanaan karir kamu sebelumnya. Apakah posisi yang ditawarkan sejalan dengan perencanaan kamu atau tidak. Jika sejalan, maka terimalah dan lanjutkan. Jika tidak, pertimbangkan untuk tidak menerimanya hingga tawaran yang lebih cocok dengan rencana kamu datang dengan sendirinya.

2. Kesesuaian gaya bekerja kamu dengan jabatan baru

Ada sesuatu yang pasti berubah ketika kamu naik ke posisi lebih tinggi. Yap, Peraturan atau rules-nya tidak akan sama dengan posisi kamu sebelumnya. Coba pikirkan apakah jabatan baru yang akan kamu terima sesuai dengan gaya bekerja kamu.

Ketika cara bekerja mu tidak cocok dengan jabatan baru tersebut maka akan membuat kamu kesulitan nantinya. Tekanan pun akan berbeda selaran dengan tanggung jawab yang dimiliki. Maka perlu bagi kamu sebelum menerima tawaran tersebut melakukan riset terkait cara bekerja pada jabatan tersebut.

3. Apakah ini waktu yang pas untuk naik jabatan?

waktu-yang-tepat

(Sumber: Pexels.com)

Selain kecocokan gaya bekerja, kamu juga harus memperhatikan apakah tawaran tersebut datang di waktu yang pas. Ada banyak aspek yang mempengaruhi beberapa orang menolak promosi jabatan. Urusan mengelola waktu menjadi salah satu alasannya.

Ketika menempati posisi baru mungkin kamu sedang mengikuti kuliah malam untuk melanjutkan pendidikan atau sedang memiliki proyek sampingan. Waktu pun terasa semakin singkat dan kamu pun mulai kewalahan.

Selain itu, urusan keluarga dapat juga menjadi pertimbangan. Apakah kamu sedang memulai membangun keluarga baru atau sedang fokus memperhatikan kesehatan orang tua yang semakin buruk. Pikirkan kembali, apakah penawaran tersebut datang di waktu yang tepat. Jika kamu salah memilih dan kapasitas yang kamu miliki kurang, maka kamu mungkin akan berada di posisi yang serba salah nantinya. 

4. Tanggung jawab yang berbeda dan ekpektasi dari atasan

Ketika kamu bersedia menerima tawaran promosi jabatan tersebut, tentu jasa kamu harus siap dengan bentuk tanggung jawab yang berbeda. Komunikasi dengan atasan akan menjadi lebih intens dan terasa lebih kompleks.

Kamu mungkin akan mengalami hari-hari yang lebih berat dari biasanya. Mungkin dari segi kuantitas kerja tidak sebanyak sebelumnya, tetapi tanggung jawab berupa kualitas kerja diri mu dan bawahan mu akan menyita waktu.

Sebelum menerima tawaran tersebut, Cobalah berbicara serius dan penuh perasaan dengan orang yang akan menjadi atasan baru mu. Tanyakan apa dan bagaimana harapannya terhadap kinerja kamu jika menerima tawaran tersebut. Setelah mendapatkan penjelasan yang jelas, kamu dapat meminta masukan kepada atasanmu yang saat ini terkait karir mu nantinya. 

5. Gaji

Gaji memang hal yang paling krusial ketika membahas mengenai pekerjaan. Ketika mendapat tawaran promosi coba pertimbangkan apakah ada kompensasi atas tanggung jawab tambahan yang akan kamu tangani nantinya. Urusan seperti hal ini haruslah sangat jelas. 

Jika kamu merasa tidak akan diberi kompensasi yang adil, lakukan yang terbaik untuk menegosiasikan kesepakatan yang lebih baik. Coba bicarakan hal yang kemungkinan akan kamu dapatkan baik berupa kenaikan gaji ataupun kompensasi. Kamu juga dapat bertanya kepada orang yang berpengalaman dan mengalami hal yang serupa terkait hal ini. 

 

Bagaimana guys? Terkadang ketika mendapat promosi jabatan memang membuat bingung. Itulah 5 hal yang harus di pertimbangkan ketika ditawari promosi jabatan. Bagi kamu yang ingin menambah skill dan kemampuan jangan lupa kilk CTA di bawah ini ya.

   #MUDAHUPGRADESKILL DI SKILL ACADEMY!

Beri Komentar