5 Web Translate Inggris ke Indonesia, Terbaik dan Gampang!

Web Translate Inggris ke Indonesia

Web translate Inggris Indonesia memudahkan kita menerjemahkan teks secara otomatis. Simak 5 rekomendasi dan tips agar hasilnya enak dibaca!


Ada banyak banget bahasa di dunia ini, tapi yang paling sering dan umum digunakan adalah bahasa Inggris. Sayangnya, kadang ada kata atau istilah yang sulit kita pahami sehingga perlu kita terjemahkan. Beruntungnya, berkat perkembangan teknologi, kita nggak perlu menerjemahkan kata atau kalimat bahasa Inggris ke bahasa Indonesia secara manual menggunakan kamus. Ada bantuan dari web translate Inggris ke Indonesia.

Web translate ini bisa menerjemahkan teks, kalimat, atau dokumen dari bahasa Inggris ke Indonesia secara otomatis. Kebanyakan web-web ini gratis, tapi ada juga yang berbayar dengan fitur lebih premium. Yuk, simak rekomendasi web translate Inggris Indonesia terbaik dan tips agar hasil terjemahannya enak dibaca!

 

Pentingnya web translate Inggris – Indonesia

Web translate Inggris Indonesia membantu kita memahami teks bahasa Inggris dengan lebih mudah. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari web translate bahasa.

1. Efisiensi

Web translate memungkinkan kamu menerjemahkan teks secara cepat dan akurat dengan mudah. Hal ini bisa mempercepat pekerjaan dan menghemat waktu.

 

2. Akurasi

Web translate menggunakan algoritma dan basis data yang canggih sehingga hasil terjemahan yang diberikan akurat. Meski begitu, kamu harus membaca ulang hasil terjemahan dan melakukan perbaikan agar lebih enak dibaca dan tidak menimbulkan kebingungan.

 

3. Membantu belajar bahasa

Website penerjemah bahasa juga bisa kamu manfaatkan untuk belajar bahasa Inggris. Kamu bisa menerjemahkan kata-kata atau istilah yang tidak familiar.

 

4. Memudahkan komunikasi global

Di dunia yang saling terhubung ini, web translate memudahkan komunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara dan budaya. Ini memungkinkan adanya pertukaran informasi, budaya, seni, dan pengetahuan dengan mudah.

 

5. Peluang bisnis

Web translate juga penting dalam bisnis, kamu bisa menerjemahkan deskripsi produk, feedback pelanggan, dan konten pemasaran dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dengan cepat, mudah, dan murah, bahkan gratis.

Baca juga: Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris dan Cara Melakukannya

 

Fitur web translate Inggris-Indonesia

Di sebuah web translate bahasa, biasanya terdapat beberapa fitur sebagai berikut:

  1. Kotak input teks, untuk memasukkan teks yang ingin diterjemahkan;
  2. Pilihan bahasa asal, memilih bahasa asal yang akan diterjemahkan ke bahasa lain;
  3. Pilihan bahasa tujuan, untuk memilih ke bahasa apa teks akan diterjemahkan;
  4. Tombol translate atau terjemahkan, untuk memulai proses penerjemahan teks yang sudah diinput;
  5. Kotak output teks, berisi hasil terjemahan;
  6. Opsi menyalin, kamu bisa menyalin hasil terjemahan untuk di paste di platform lain;
  7. Menu ‘Listen’, untuk mendengarkan terjemahan;
  8. Translate by voice, untuk memasukkan terjemahan menggunakan suara;
  9. Saved, kamu bisa menyimpan terjemahan untuk dilihat lagi nanti; dan
  10. History, untuk melihat riwayat kata atau kalimat yang pernah diterjemahkan.

Baca juga: Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris, Apa Bedanya dengan Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia?

 

Contoh web translate Inggris-Indonesia 

Berikut adalah 5 contoh web translate Inggris Indonesia yang populer dan banyak digunakan.

1. Google Translate

Website translate bahasa Inggris ke Indonesia yang pertama adalah Google Translate. Kamu mungkin udah nggak asing dengan web yang satu ini. Google translate bisa menerjemahkan teks dari dan ke berbagai bahasa, termasuk Inggris ke Indonesia.

tampilan Google Translate

Penggunaan Google Translate Indonesia ke Inggris sangat mudah. Proses penerjemahan pun cepat dan akurat serta tersedia berbagai fitur, seperti terjemahan suara dan gambar.

 

2. Bing Translator

Bing translator adalah web translate yang disediakan Microsoft melalui search engine Bing. Web ini bisa menerjemahkan teks, dokumen, dan halaman web dari bahasa Inggris ke Indonesia atau sebaliknya.

tampilan Bing Translator

Sama seperti Google Translate, Bing Translator juga menyediakan fitur terjemahan suara dan kamera untuk memudahkan kamu memahami teks dari berbagai sumber. Pada gambar di atas terdapat contoh penggunaan Bing Translator Inggris Indonesia translate kalimat potongan lirik lagu.

Baca juga: 11 Tips Ampuh Saat Interview Kerja Bahasa Inggris Biar Makin PD!

 

3. Yandex Translate 

Yandex Translate adalah web translate bahasa yang disediakan oleh perusahaan teknologi dari Rusia, Yandex. Web ini menyediakan terjemahan teks, suara, dan juga foto.

tampilan Yandex Translate

Layanan ini bisa menerjemahkan dari dan ke lebih 100 bahasa. Tampilannya yang sederhana memudahkan kamu untuk menggunakannya. 

 

4. DeepL Translator

Web translator ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk memberi hasil terjemahan yang lebih alami dan akurat. Kamu bisa menerjemahkan bahasa Indonesia ke Inggris atau sebaliknya dengan kualitas tinggi.

tampilan DeepL Translator

DeepL Translator memiliki keunggulan dalam menjaga struktur kalimat asli dan memperhitungkan konteks dalam proses penerjemahan sehingga hasilnya akurat dan tidak aneh.

 

6. Bab.la Translator

Rekomendasi web translator yang terakhir adalah Bab.la Translator. Web ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan.

tampilan Bab.la Translator

Cara penggunaannya sama seperti web translate bahasa lainnya. Cukup masukkan teks yang akan diterjemahkan, pilih bahasa asal dan tujuan, lalu klik translate atau terjemahkan. Bab.la menyediakan fitur tambahan, seperti contoh kalimat, sinonim, dan frasa terkait untuk membantu kamu memahami konteks kata yang diterjemahkan. 

Web translate bahasa asing lainnya yang bisa kamu coba adalah TripLingo Translator, Translate Dict, U Dictionary, Linguee, Babylon Translator, Reverso Translation, Microsoft Translator, Translate.com, Sederet.com, dan iTranslate.

Ikuti kelas: Business English: Kunci Lolos Wawancara Bahasa Inggris

 

Cara menggunakan web translate agar terjemahan tidak kacau

Kadang, hasil terjemahan dari layanan translate Indonesia-Inggris atau sebaliknya aneh atau tidak enak dibaca. Pernah mengalami? Nah, berikut adalah 5 tips menggunakan web translate Indonesia Inggris agar hasilnya enak dibaca dan mudah dipahami.

1. Pilih web translate yang akurat

Pertama, pilih web translate Inggris Indonesia yang akurat. Ada banyak banget platform online yang bisa kamu coba, di antaranya adalah 5 rekomendasi di atas. Jangan hanya mengandalkan satu web, tapi coba gunakan web translate bahasa asing lainnya untuk mendapatkan hasil yang bervariasi. Kamu bisa memilih hasil yang paling enak dibaca, mudah dipahami, dan sesuai konteks yang kamu inginkan.

 

2. Perhatikan konteks

Memperhatikan konteks penting karena kata bisa memiliki makna yang berbeda tergantung konteksnya. Dengan memperhatikan konteks, kamu bisa mencegah hasil terjemahan yang salah atau aneh karena memastikan bahwa terjemahan sesuai dengan makna yang dimaksud dalam teks aslinya.

 

3. Periksa tanda baca dan tata bahasa

Agar hasilnya nggak membingungkan, pastikan tanda baca dan tata bahasa atau susunan kalimat sudah diterjemahkan dengan benar. Kadang, terjemahan otomatis bisa mengabaikan tanda baca atau menghasilkan struktur kalimat yang aneh.

 

4. Jangan terlalu mengandalkan terjemahan otomatis

Meskipun web terjemahan otomatis sudah canggih, tetap ada keterbatasan dalam memahami nuansa bahasa dan konteks tertentu. Jadi, jangan terlalu mengandalkan web translate, terutama untuk teks yang kompleks atau penting. Kamu perlu melakukan perbaikan untuk menghindari makna ambigu.

 

5. Cek ulang hasil terjemahan

Setelah melakukan terjemahan, jangan lupa untuk mengecek ulang hasilnya secara manual. Periksa kesesuaian dengan konteks, tata bahasa, dan makna yang diinginkan. Kamu juga bisa minta bantuan orang lain memeriksanya. Ini membantu memastikan hasil terjemahan tidak kacau.

Pilih kelasmu: Kelas Bahasa Skill Academy


Itulah pembahasan mengenai web translate Indonesia ke Inggris dan sebaliknya. Semoga membantu, ya! Biar nggak terlalu mengandalkan aplikasi translate Inggris Indonesia, kamu bisa belajar bahasa Inggris di Skill Academy, lho. Belajar langsung bareng instruktur berpengalaman, bisa belajar online dimana saja, kapan saja. Yuk, cek kelasnya!

Kelas Sukses Kerja - Skill Academy

Referensi:

AIContentfy. 2023. Essential Translation Tools Every Language Professional Should Know. (https://aicontentfy.com/en/blog/essential-translation-tools-every-language-professional-should-know)
TranslatePress. 2024. Best  Free Website Translation Tools. (https://translatepress.com/best-free-website-translation-tool/)
Ivannovation Language Management. 2022. 5 Free Translation Tools You Can Use Right Now. (https://ivannovation.com/blog/5-best-free-translation-tools-you-can-use-right-now-free-download/)

Devi Lianovanda