Trend HRD 2021, Penting untuk Strategi Manajemen Karyawan

Devi Lianovanda Jan 7, 2021 • 4 min read


Selama perusahaan mempekerjakan manusia, tim HR memiliki peran penting untuk meningkatkan keterlibatan karyawan dan mendukung pertumbuhan perusahaan. Sebab itu, tim HR perlu mengetahui tren HRD setiap tahunnya agar dapat mempersiapkan manajemen karyawan dengan baik

Berikut adalah beberapa tren HRD 2021 yang perlu kamu ketahui!

1. Bekerja secara remote atau Work From Home (WFH)

Pandemi Covid-19 menciptakan tren bekerja dari rumah (WFH). Jumlah perusahaan di Jakarta yang menerapkan sistem WFH selama pandemi adalah sebanyak 4.057 perusahaan. Dilansir dari gethownow.com, sebanyak 98% karyawan menginginkan opsi bekerja dari rumah setidaknya selama beberapa minggu

Bekerja secara remote atau WFH memberikan beberapa manfaat seperti, jam kerja fleksibel, tidak perlu melakukan perjalanan menuju kantor, dan banyak waktu luang dengan keluarga.

(Sumber: freepik.com)

2. Menemukan kandidat yang ‘tahan banting’

Perusahaan mencari calon karyawan yang tahan banting agar dapat bertahan saat menghadapi masa krisis. Kepribadian tahan banting akan tumbuh dan berkembang ketika dihadapkan ketidakstabilan, ketidakpastian, risiko, dan pemicu stres lainnya. HR bukan hanya bertugas untuk mencari dan menemukan kandidat dengan kepribadian yang demikian, namun juga menanamkan kepribadian ini kepada seluruh karyawan yang ada di perusahaan saat ini. 

(Sumber: giphy.com)

3. Kesetaraan gender

Masalah kesetaraan gender bukan merupakan isu baru, namun hal ini tetap perlu mendapat perhatian, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menjelaskan bahwa tingkat kesetaraan gender di Indonesia masih sangat rendah.

Dilansir dari gethownow.com, berdasarkan data World Bank, kesetaraan gender di tempat kerja dapat membantu ekonomi global hingga 120 triliun pound sterling. Karena itu, perusahaan terus berusaha untuk menerapkan dan meningkatkan nilai-nilai kesetaraan dalam perusahaan.

(Sumber: pexels.com)

4. Peningkatan skill karyawan

Salah satu megatrend HR 2021 menurut hrtrendinstitute.com adalah mengubah SDM berbasis pekerjaan menjadi SDM berbasis keterampilan. Dalam hal ini, HR akan memberikan saran mengenai keterampilan yang dapat dikembangkan dan perlu diperbarui oleh karyawan. 

Meningkatkan skill karyawan penting untuk efisiensi kerja, dan kini dapat dilakukan secara digital dengan Skill Academy for Enterprise, dapatkan pembelajaran dengan harga hemat dan materi berkualitas yang dapat diakses kapan saja. 

(Sumber: twitter.com/skillacademy)

5. Kesehatan mental karyawan

Kesehatan mental merupakan hal penting yang perlu mendapat perhatian. Dilansir dari beekeeper.io, sebanyak 40% orang dewasa di Amerika Serikat mengalami masalah kesehatan mental akibat pandemi Covid-19. Salah satunya adalah gangguan kecemasan yang disebabkan kelelahan bekerja jarak jauh dan cemas akan masa depan mereka di perusahaan tempat mereka bekerja. 

Apabila kinerja karyawan terus mengalami penurunan akibat perjuangan melawan gangguan kesehatan mental, maka HR harus turun tangan dengan memberi dukungan dan membantu karyawan menyuarakan ketakutan yang mereka rasakan.

(Sumber: freepik.com)

Itulah beberapa trend HRD 2021 yang berpengaruh terhadap pengembangan karyawan yang perlu kamu ketahui untuk mendukung pertumbuhan perusahaan. Ikuti kelas mengenai HR dari Skill Academy untuk menambah insight dan keterampilanmu. 

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya! Selamat belajar!

   #MUDAHUPGRADESKILL DI SKILL ACADEMY!

Beri Komentar