Trend Dunia Kerja pada Tahun 2021 yang Wajib Kamu Ketahui

Gulman Azkiya Jan 5, 2021 • 5 min read


Pentingnya-mengetahui-trend-kerja-2021

Seperti yang kita ketahui sejak pandemi di tahun 2020, dunia kerja berubah secara drastis. Lalu bagaimanakah dengan situasi saat ini yaitu tahun 2021. Perlu bagi kita untuk memahami kondisi seputar dunia kerja dan melihat peluang yang ada. Tapi tenang, bagi kamu yang masih berstatus sebagai jobseeker, berikut trend yang harus kamu ketahui di tahun 2021.

1. Trend perekrutan idak bergantung pada waktu

Mungkin pada tahun-tahun sebelumnya perekrutan akan lebih banyak terjadi pada awal tahun ataupun setelah periode kelulusan di pertengahan tahun. Namun dikarenakan dampak dari pandemi di tahun 2020 kemungkinan perusahaan pencari kerja tidak lagi bergantung pada kondisi waktu. Mereka lebih pada cara untuk mengantisipasi kekurangan karyawan ataupun mencari yang hanya mereka butuhkan.

Kamu harus tetap mengikuti trend yang ada agar dapat mempermudah kamu dalam menyesuaikan jenis pencarian kerja. Selain itu, tetap jaga hubungan dengan koneksi kamu. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Kemungkinan situasi yang tidak menguntungkan bagi sebuah perusahaan membuat koneksi kamu membutuhkan orang dengan cepat, maka peluang kamu mendapat pekerjaan akan semakin besar.

2. Industri teknologi akan menjadi besar

Kita semua sudah tahu bahwa teknologi akan terus berkembang. Pekerjaan seperti fintech, e-commerce, hingga Customer Service semakin dibutuhkan nantinya. Sinergi antara beberapa jenis pekerjaan pasti akan berhubungan dengan teknologi.

Kamu harus dapat menyesuaikan diri dengan kondisi ini. Tetap jadikan diri kamu sebagai kanidat terkuat yaitu dengan menjaga keterampilan kamu tetap tajam, meningkatkan hubungan dengan koneksi, atau mengevaluasi ulang resume. Selain itu, kamu juga dapat mengambil pelatihan online yang berhubungan dengan teknologi.

3. Jumlah pekerja magang, freelance, dan kontrak akan meningkat

Kondisi industri yang masih belum terlalu jelas mungkin akan membuat beberapa perusahaan semakin berhati-hati dalam merekrut karyawan. Pilihan kerja magang atau freelance akan meningkat. 

Pekerjaan sementara atau magang memiliki pro dan kontra. Di satu sisi, mungkin mengecewakan jika satu-satunya pekerjaan yang dapat kamu temukan hanya lowongan magang dan lebih buruk lagi tidak memberikan ansuransi. Namun di sisi lain, ada kemungkinan kerja magang atau kontrak bisa berubah status menjadi pekerja tetap di masa mendatang.

Untuk mengatasi hal ini, manfaatkan sebaik mungkin status kerja mu pada saat ini. Carilah koneksi sebanyak mungkin, latihlah skill baru, dan jangan lupa update resume kamu.

4. Kerja remote akan tetap terjadi

Remote Working

(Sumber:Unsplah.com)

Pandemi telah memberi dampak pada perubahan gaya bekerja karywan. Perubahan kembali gaya bekerja ke periode sebelum tahun 2020 tidak mungkin terjadi. Kerja jarak jauh kini menjadi pilihan dalam melakukan pekerjaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa perusahaan mungkin akan menerapkan gaya bekerja jarak jauh atau remote kedepannya.

Walaupun, situasi kini telah berubah tetaplah upgrade diri kamu. Tetap latih skill video interview kamu, jangan remehkan pekerjaan dari rumah (WFH), dan tunjukan bahwa kamu adalah orang yang fleksibel dan sungguh-sungguh dalam bekerja.

5. Perekrutan akan menjadi lebih otomatis

HRD atau tim perekrutan kini semakin beralih ke sistem otomatis untuk membantu mereka mengelola masuknya lamaran. Penggunaan media seperti LinkedIn ataupun melalui website resmi kini menjadi salah satu pilihan utama. Selain itu, proses seleksi seperti tahapan wawancara kini dapat dijadwalkan secara digital dan dilakukan secara jarak jauh menggunakan Zoom atau Google Meet.

Penggunaan dokumen digital atau form juga digunakan dalam merekam hasil wawancara baik secara tertulis ataupun langsung. Adapun hal yang harus kamu lakukan adalah:

  • Sesuaikan resume kamu

Inti dari resume adalah membuat perekrut atau HR cukup tertarik sehingga mereka mengambil langkah berikutnya dan menjadwalkan interview online dengan kamu. Dan cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan resume kamu untuk menjelaskan mengapa kamu sangat cocok untuk pekerjaan yang telah kamu lamar.

  • Gunakan otomatisasi untuk keuntungan kamu

Ketika kamu diminta untuk mengisi wawancara tertulis berupa form digital maka manfaatkan secara baik. Jangan asal mengisi dengan tujuan cepat selesai. Pikirkan baik-baik setiap jawaban kamu.

6. Persaingan meningkat drastis

Meningkatnya jumlah pengangguran dan jenis pekerjaan remote membuat kamu semakin sulit mendapatkan pekerjaan. Banyaknya kanidat yang akan melamar pekerjaan juga menyulitkan kamu dalam menonjolkan diri. Persaingan akan semakin meningkat antar para pelamar. Agar kamu tidak kesulitan cobalah beberpa langkah berikut,

  • Poles resume, surat Lamaran, dan profil LinkedIn kamu

Sebenarnya, jangan hanya memolesnya tetapi, update setiap kamu melakukan aktivitas kerja. Selain itu, buatlah akun media sosial kamu dengan mudah dicari. Hal ini akan sangat membantu kamu.

  • Pikirkan cara-cara kreatif untuk menonjol

Kamu dapat mempelajari skill baru, menulis artikel sendiri, membuat blog pribadi, dan juga jangan ragu mencoba proyek freelance.

  • Bersabarlah dan fleksibel

Mencari bekerja memang membutuhkan kesabaran namun, kamu juga harus dapat menjadi orang yang fleksibel yaitu memliki berbagai kemampuan dan dapat menyesuaikan lamaran sesuai pekerjaan yang dilamar.

Nah, itu lah kemungkinan trend dunia kerja yang akan terjadi pada tahun 2021. Buat kamu jangan terlalu pesimis, tetap lah semangat dan terus kreatif.

Referensi
Themuse [Daring]. Tautan:https://www.themuse.com/advice/job-search-trends-tips-2021/ (Diakses 28 Desember 2020)

Beri Komentar