9 Tips Menjadi MC “Kondang” untuk Pemula

Kusariani Adinda Okt 7, 2021 • 10 min read


tips menjadi mc

Predikat MC “Kondang” bisa diraih siapa saja, termasuk kamu yang baru terjun ke dunia MC level pemula dengan mengikuti 9 tips berikut!

--

Nama-nama seperti Ruben Onsu, Raffi Ahmad, Daniel Mananta, Sarah Sechan, Indra Herlambang, Feni Rose, dan Choky Sitohang dikenal masyarakat Indonesia sebagai MC kondang.

Cukup sering pastinya kamu mendengar istilah MC kondang. Predikat MC kondang ini biasanya berlaku bagi mereka yang jam terbangnya sudah tinggi dalam mengisi acara, baik formal maupun non formal. Mereka dianggap terpercaya dalam membawakan acara dengan karakter dan pembawaannya yang unik konsisten melekat setiap menarik perhatian audiens. 

tips menjadi mc

Daniel Mananta dipercaya sebagai MC ajang pencarian bakat "Indonesian Idol" selama 15 tahun. Sumber: Instagram @vjdaniel

Untuk menjadi MC kondang faktanya salah besar kalau harus dari kalangan artis. Kamu yang berkarir sebagai marketer, psikolog, konsultan bisnis, atau programmer bisa banget punya pekerjaan sampingan sebagai MC kondang. Asalkan, jam terbang mereka saat mengisi acara memang sudah tinggi dan layak disebut profesional.

 

Berapa sih penghasilan menjadi MC kondang?

Menjadi MC kondang bukanlah pekerjaan full-time dengan jam kerja yang menentu. Mereka bekerja berdasarkan tawaran dari panitia untuk mengisi acara. Tapi, semakin MC kondang tersebut terkenal dan dipercaya, harga yang ditawarkan bisa menyentuh gaji UMR Jakarta untuk satu acara, lho!

Dilansir dari lifepal.com, tarif MC kondang yang berpengalaman bisa menyentuh angka Rp. 5.000.000 untuk satu acara.

Bayangin kalau kamu sudah jadi MC, semakin kondang semakin mendatangkan uang juga!

 

Bagaimana tips menjadi MC kondang untuk pemula?

Meniti karir menjadi MC bisa berawal dari mana saja. Ada yang awalnya iseng disuruh memandu acara non formal dengan audiens yang sedikit, lalu terus mengasah kemampuannya dengan terjun mengisi berbagai acara. Ada juga yang memulainya dengan ikut kursus public speaking, kemudian baru berani memandu acara karena bekal ilmu yang terstruktur. 

Baik belajar secara otodidak atau mengikuti kelas khusus, para MC pernah berada di level pemula yang masih perlu banyak belajar dari banyaknya pengalaman yang mereka temukan. 

Berikut adalah tips menjadi MC kondang untuk pemula yang bisa kamu ikuti:

 

1. Persiapan yang matang

Mau sukses cuap-cuap di depan audiens? Sebagai MC kondang harus memiliki persiapan yang matang. 

Pada dasarnya, MC diundang untuk hadir dalam sesi briefing dengan event organizer sebelum acara dimulai. Kesempatan emas ini biasanya MC manfaatkan untuk mengulik lebih dalam mengenai tema acara (formal atau non formal), pihak/industri yang menyelenggarakan acara, rundown acara, dan audiens yang ada di acara tersebut. Tujuannya agar MC paham dan bisa tampil secara total di panggung acara, serta meminimalisasi kesalahan.

Kesalahan kecil yang kelihatannya sepele adalah menyebut nama dan gelar pejabat yang hadir sebagai tamu. Bagi audiens atau tamu, MC tidak menghormati kehadirannya yang berarti. 

Jadi, sebelum masuk panggung, MC kondang sudah harus siap secara total dalam membawakan acara.

 

2. Membangun komunikasi dengan berbagai pihak

Sebagai MC yang diberikan kehormatan untuk memandu acara, bukan berarti bersikap tidak peduli dengan berbagai pihak di sekeliling acara.

MC bertanggung jawab agar acara yang ia bawakan lancar tanpa hambatan, menyesuaikan dengan tema acara, apakah itu formal maupun non formal. Sehingga, MC perlu membangun komunikasi dengan berbagai pihak dari sebelum sampai acara dilaksanakan, seperti event organizer,  partner MC (jika ada), tamu, dan audiens yang hadir.

Cara sederhana para MC kondang dalam membangun komunikasi dengan berbagai pihak agar acara dapat berjalan dengan lancar adalah sebagai berikut: 

  • Menghadiri briefing dan berdiskusi bersama event organizer,
  • Berlatih dan membangun kekompakan dengan partner MC juga penting untuk menyesuaikan vokal dan intonasi, masuknya bridging, serta berbagai pelafalan penting lainnya,
  • Mengajak berbincang tamu sebelum acara dimulai juga bisa kamu coba untuk membangun chemistry. Najwa Shihab sering melakukan hal ini, lho!

tips menjadi mc - membangun komunikasiNajwa Shihab. Sumber: Femina

  • Menyapa audiens dengan ramah, mengajak audiens berinteraksi.

 

3. Menguasai bahasa asing menjadi nilai plus

MC kondang ada juga yang kurang begitu menguasai bahasa asing, tapi akan menjadi nilai plus kalau nantinya kamu fasih dalam beberapa bahasa. Paling tidak, MC kondang mengerti sedikit, bahkan fasih berbahasa Inggris.

Keuntungan MC kondang yang fasih dan paham berbahasa asing pastinya adalah tawaran untuk mengisi acara Internasional dengan tarif yang fantastis. Kemudian, MC akan lebih paham dalam membangun interaksi dengan audiens warga negara asing. 

 

Baca juga: 10 Hobi Menyenangkan yang Bisa Menghasilkan Uang

 

4. Datang ke lokasi lebih awal 

Dr. Terri-Karelle Reid membagikan pengalamannya sebagai MC kondang profesional. Menurutnya, menjadi MC harus bisa menghargai waktu dengan datang ke lokasi 30 menit lebih awal sebelum acara benar-benar dimulai.

Walaupun rundown sudah dibuat oleh tim event organizer, seringkali ditemukan perubahan mendadak. Misalnya, tamu berhalang hadir yang akan diganti dengan tamu lain, tamu datang terlambat, ada perubahan materi yang disampaikan di acara, perubahan alur rundown. 

Intinya, MC kondang anti banget untuk datang terlambat. Soalnya, audiens dan tamu terhormat di suatu acara haram hukumnya hanya untuk menunggu MC. Acara terlambat, audiens mengulur waktu, mereka malah jadi bete!

 

5. Berpakaian rapi

MC kondang pastinya paham kapan kostum terbaik mereka digunakan menyesuaikan tema dan konsep acara. Meskipun mengisi acara non formal, MC kondang tetap menjaga penampilannya dengan berpakaian rapi dan bersih. Soalnya, MC juga berperan sebagai “wajah” untuk menarik audiens di sebuah acara.

Kalau kamu sang MC pemula ingin naik kelas menjadi MC kondang, yuk belajar untuk mendalami cara berpakaian, merias makeup, menata rambut dengan baik dengan mencari dari berbagai referensi.

tips menjadi mc - berpakaian rapi

6. Kuasai punchline lucu yang menghibur

Marshel Widianto, Sule, Andre Taulany, Abdel Achrian sukses mondar-mandir jadi MC di berbagai acara karena jago mengundang tawa audiens dengan latar belakang mereka sebagai komedian yang lawakannya menghibur.

Baik acara formal maupun non formal, selipan lucu berupa punchline masih diperlukan untuk membuat suasana menjadi lebih santai. Jadi, MC perlu mengembangkan selipan humor dan punchline yang sekiranya nggak buat audiens tersinggung. Kondisikan juga dengan suasananya, ya!

Oh ya, Andy Saks sebagai MC professional punya tips nih untuk para MC saat melempar lelucon kala mengisi acara:

  • Nggak disarankan untuk ngelawak saat pembukaan acara, apalagi MC yang bukan sebagai komedian. Soalnya, kalau lelucon nggak lucu audiens hanya menanggapi dengan tatapan kosong, terus nggak sesuai dengan suasananya.
  • Lelucon yang akan menghibur audiens disampaikan secara spontan. Waktu yang tepat untuk melempar punchline yang menghibur adalah saat pergantian sesi acara. MC biasanya akan lebih relax, audiens bisa menanggapi lelucon dengan tawa.
  • Kalau audiens berhasil tertawa dengan selipan humor, mulai berbicara kembali saat tertawa mereka sudah setengah jalan.

 

7. Adaptif di segala situasi

Menjadi MC kondang nggak cuma jago berbicara dan menarik audiens. Mereka juga adaptif dan tanggap jika ada beberapa hal yang tidak berjalan sesuai rencana. Misalnya, di tengah acara situasi menjadi ricuh.

Selain kemampuan membantu mengelola situasi menjadi terkendali, MC harus kreatif dan cepat melakukan improvisasi, tapi tetap bersikap tenang.

 

Ikuti kelas: Quick Win: Cara Menjadi MC Andal!

 

8. Tunjukkan aura positif

Dalam menarik perhatian audiens, MC kondang pastinya selalu tampil prima dengan menunjukkan aura positif. 

Caranya sederhana banget, seperti menjaga gestur tubuh saat memandu acara, menjaga intonasi dan vokal dengan nada ramah, dan selalu sisipkan senyuman.

Hal yang paling penting untuk memukau audiens adalah tetap menjadi diri sendiri, ya!

 

9. Menarik audiens dengan wawasan yang luas

Terakhir nih, kalau audiens akan sangat terkesan dengan MC yang berwawasan luas. Saat acara berlangsung, audiens bisa lebih fokus memperhatikan pembicaraan antara tamu dan MC sebagai pemandu acara.

Untuk menjadi MC kondang yang berwawasan luas kuncinya adalah perbanyak membaca buku. Sebelum membawakan acara, ulik banyak hal yang bersangkutan dengan acara dan tamu yang diundang dari berbagai sumber. Nantinya, kamu sebagai MC akan mendapatkan sejumlah pertanyaan di tahap persiapan.

Saat briefing, MC dan tamu bisa berdiskusi mengenai pertanyaan yang akan dibuat.

 

Pastinya, kamu bisa jadi MC kondang dengan terus berlatih!

Sebutan MC kondang nggak asing di telinga kita karena kepiawaian mereka dalam memandu acara sangatlah profesional, ditambah dengan tawaran yang tinggi. Semua orang bisa banget berkesempatan untuk menjadi MC kondang ini, termasuk MC pemula yang baru terjun ke beberapa acara formal maupun non formal.

Untuk menjadi MC kondang, berlatihlah sesering mungkin dengan memperluas pengalaman. 

Buat kamu yang baru tertarik menjadi MC tapi belum berpengalaman sama sekali? Jangan khawatir! Soalnya, kamu bisa daftar kelasnya sekarang di Skill Academy. Dipandu oleh MC profesional dengan harga terjangkau, banyak banget pengetahuan yang kamu dapatkan untuk mengasah kemampuan dalam memimpin acara formal dan non formal.

Selamat mencoba, ya!

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Sumber: 

Paul, Sayan. (2021). 7 qualities you should develop to become an outstanding emcee. [daring].

https://www.buzztribe.news/7-qualities-you-should-develop-to-become-an-outstanding-emcee/

Saks, Andy. (2015). 4 key tips to help you be a good emcee. [daring]. https://www.sparkpresentations.com/how-to-be-good-emcee-tips

Sasmita, Prameswari. (2021). 9 Tips Menjadi Host atau MC yang Baik Agar Acara Berjalan Lancar. [daring].

https://www.sonora.id/read/422539482/9-tips-menjadi-host-atau-mc-yang-baik-agar-acara-berjalan-lancar?page=all

Reid, Terri-Karelle. (2019). 8 Things to Consider When Becoming An Emcee. [daring].

https://www.linkedin.com/pulse/8-things-consider-when-becoming-emcee-dr-terri-karelle-reid/

Juliawati, Linda. (2021). Bisa Mencapai Puluhan Juta, Segini Besaran Gaji Penyiar Radio. [daring].

https://lifepal.co.id/media/gaji-penyiar-radio/

 

Profile

Kusariani Adinda

Lorem ipsum dolor sit amet, assalamualaikum warganet!

Beri Komentar