Milenial Wajib Tau, Tips Menabung Meski Gaji Pas-pasan!

Devi Lianovanda Jan 19, 2021 • 3 min read


SA_-_Tips_menabung_meskipun_gaji_pas-pasan-01

Ada nggak yang pernah ngalamin, masih tengah bulan tapi gaji sudah habis? Kalau pernah, berarti perencanaan dan manajemen keuanganmu kurang baik tuh! Menabung, sangat penting untuk persiapan dana darurat dan juga untuk mencapai mimpi-mimpi besarmu, lho!

Dilansir dari thebalance.com, survei yang dilakukan oleh Bankrate menunjukkan sebanyak 40% orang Amerika Serikat melakukan pinjaman untuk keadaan darurat. Untuk menghindari ini, kamu harus mulai menabung dari sekarang. 

Masih bingung bagaimana cara menabung dengan gaji pas-pasan? Jangan khawatir, berikut kami siapkan 3 tips menabung untuk kamu!

1. Gunakan aturan 50/20/30

Aturan ini dipopulerkan oleh Elizabeth Warren dalam bukunya yang berjudul “All You Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan”. Aturan ini bertujuan untuk mengatur pendapatan bersih setelah pajak. Dalam aturan ini, kamu dapat membagi penghasilanmu menjadi 50% untuk kebutuhan, 20% untuk ditabung, dan 30% untuk keinginan.

Agar aturan ini efektif, lakukan pembagian anggaran dan langsung menabung 20%nya di awal kamu menerima gaji. Untuk 30% anggaran keinginan, kamu harus bijak menggunakannya agar tidak mengganggu anggaran kebutuhan dan mengambil tabungan. 

(Sumber: pexels.com)

2. Bayar tagihan di awal

50% gaji yang sudah kamu alokasikan untuk kebutuhan, juga mencakup tagihan. Sebelum uangmu terpakai untuk membeli hal-hal yang tidak kamu perlukan, sebaiknya bayarkan tagihan di awal kamu menerima gaji. Bayar seluruh tagihan listrik, internet, air, sewa kost, asuransi kesehatan, dan tagihan lainnya. Hindari kebiasaan menunda pembayaran agar kamu tidak menumpuk tagihan dan harus membayar denda keterlambatan. 

Selain itu, mengatur keuangan setelah tagihan dibayarkan akan menjadi lebih mudah, karena kamu hanya perlu mengatur sisa dari tagihan untuk kebutuhan sehari-hari. 

(Sumber: giphy.com)

Baca juga: Kembangkan 5 Interpersonal Skill Ini untuk Sukseskan Bisnismu!

3. Atur prioritas pengeluaran

Agar kamu dapat menabung rutin setiap bulannya, maka kamu harus dapat mengatur prioritas pengeluaran dengan baik. Meskipun kamu telah mengalokasikan dana sebesar 30% untuk keinginan, bukan berarti kamu dapat menghabiskan uang tersebut untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kamu perlukan. Kamu harus bijak dalam mengelola 30% dana keinginan ini, belilah sesuatu yang memiliki manfaat dan kamu perlukan. Jika ada sisa setiap bulannya, dapat kamu gunakan sebagai dana darurat atau ditabung bersama 20% yang lain pada gaji bulan selanjutnya

Hemat bukan berarti pelit, beri hadiah untuk dirimu sendiri karena telah bekerja keras setiap bulannya dengan membeli makanan yang enak atau barang yang sedang kamu inginkan, tapi harus diingat, jangan over budget ya!

(Sumber: freepik.com)

Itulah beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan untuk menabung gaji atau penghasilan bulanan. Kamu tidak harus menggunakan aturan 50/30/20, kamu dapat menggunakan aturan lain seperti aturan 80/20, atau yang paling sesuai denganmu.

Dapatkan tips dan trik menabung lainnya dengan mengikuti kelas dari Skill Academy, terdapat kelas pengelolaan uang, investasi, dan juga cara menabung. 

 

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya!

   #MUDAHUPGRADESKILL DI SKILL ACADEMY!

Beri Komentar