6 Tips Membuat Video Pendek yang Menarik dan Viral

6 Tips Membuat Video Pendek yang Menarik dan Viral - Skill Academy

Kamu punya aplikasi TikTok? Pernah berpikir buat bikin video pendek seperti yang kamu lihat di TikTok? Bagaimana caranya agar video kita masuk FYP TikTok dan menjadi viral sampai meraup jutaan penonton? Yuk, simak tips dan triknya di bawah ini!

__

Populernya aplikasi TikTok berimbas pada perubahan tren di media sosial. Kini, media sosial berbondong-bondong membuat fitur untuk membagikan video pendek dengan durasi mulai dari 10 detik sampai 3 menit.

Sebenarnya, tren video pendek ini sudah aja sejak awal era media sosial. Dahulu, orang-orang mengenal aplikasi penyedia video pendek, seperti Vine dan Dubsmash. Namun, saat itu aplikasi tersebut kurang populer di masyarakat Indonesia. Saat itu aplikasi-aplikasi tersebut juga masih kalah populer dari aplikasi media sosial lainnya, seperti Twitter (sekarang X), Path, Facebook, bahkan Instagram.

Beberapa masa berlalu, muncul aplikasi yang menyediakan video pendek di dalamnya, salah satunya TikTok. Munculnya aplikasi TikTok menjadi titik kebangkitan tren video pendek di media sosial. Banyak media sosial yang sudah mapan pun mengikuti jejak TikTok dengan menyediakan layanan video pendek, seperti Instagram dengan video reels-nya dan bahkan kini YouTube pun menyediakan layanan video pendek di aplikasi mereka.

Masyarakat pun menyambut tren ini dengan sangat antusias. Ini terbukti dengan mudahnya video-video pendek di TikTok untuk mendapatkan viewers. Para artis dan public figure pun ikut meramaikan tren ini.

 

Alasan Orang Lebih Menyukai Video Pendek

Ada tiga alasan utama yang menyebabkan seseorang lebih menyukai video pendek daripada video dengan durasi yang panjang. Alasan-alasan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Konten yang Variatif

Banyak informasi penting yang bahkan mungkin belum banyak diketahui publik yang bisa ditemukan di aplikasi video pendek. Konten-konten di aplikasi video pendek lebih dari sekadar hiburan. Di TikTok, contohnya, pengguna bisa menemukan konten tentang keanekaragaman budaya Indonesia, inspirasi fashion, drama mini series, kerajinan tangan, resep masakan, dekorasi rumah estetik, hingga unjuk bakat bermusik. Selain itu, karena kemasan video pendek yang durasinya singkat membuat informasi-informasi itu bisa dicerna dengan mudah.

 

2. Konten Berdurasi Singkat

Waktu fokus manusia itu tak lama, hanya beberapa menit. Karena attention span manusia yang singkat itu, aplikasi video pendek menjadi cara yang tepat untuk memperoleh informasi. Konten-konten informasi yang ada di aplikasi video pendek itu dikemas dengan singkat, tapi padat dan ringkas.

 

3. Hemat Kuota Internet

Karena durasi videonya lebih singkat, tak banyak kuota internet yang harus dialokasikan di aplikasi video pendek. Ini yang menyebabkan orang lebih senang melihat video pendek daripada video panjang.

 

Aplikasi Media Sosial Penyedia Video Pendek

Berkembangnya tren video pendek membuat banyak aplikasi media sosial menyediakan platform untuk mengunggah video pendek. Media sosial yang sebelumnya tidak menyediakan platform tersebut pun kini berlomba-lomba menyediakan platform untuk masyarakat mengunggah video pendek. Berikut adalah aplikasi media sosial yagn menyediakan video pendek yang bisa kamu pilih untuk mengunggah karyamu.

1. TikTok

Aplikasi asal China ini awalnya dirilis dengan nama Duoyin pada tahun 2016 oleh perusahaan yang bernama ByteDance. Setahun kemudian, ByteDance mengakuisisi aplikasi Musical.ly yang kemudian membuat aplikasi Duoyin yang tadinya terbatas di China, bisa tersebar ke seluruh dunia. Aplikasi ini pun berubah nama menjadi TikTok. TikTok sendiri masuk ke Indonesia pada tahun 2017 dan hingga kini menjadi aplikasi penyedia video pendek terfavorit di Indonesia.

 

2. Instagram Reels

Awalnya, Instagram merupakan media sosial untuk berbagi foto. Namun, belakangan kita dapat mengunggah video dengan durasi yang lumayan panjang dengan fitur Instagram Reels. Dengan demikian, kita bisa mengunggah video pendek kita di Instagram.

 

3. YouTube Shorts

YouTube pada awalnya merupakan aplikasi untuk membagikan video panjang dengan durasi yang bisa sampai berjam-jam. Namun, belakangan YouTube menyediakan fitur untuk kita mengunggah video pendek. Para YouTuber pun kini lebih senang menggunakan fitur ini.

 

Tips dan Trik Membuat Video Pendek yang Menarik dan Viral

Nah, dengan berkembangnya tren video pendek, minat masyarakat untuk menjadi kreator video pendek di berbagai aplikasi pun meningkat. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat video pendek yang menarik dan viral. Berikut kami sajikan 6 tips dan trik untuk membuat video pendek yang menarik dan viral. Yuk, simak baik-baik!

1. Pilih topik yang sesuai dengan minat, passion, dan niche kamu

Ada banyak topik untuk membuat video pendek yang kini berseliweran di media sosial, terutama pada tahun 2023 ini. Kamu bisa membuat topik yang sesuai dengan minat, passion, dan niche kamu. Misalnya, kamu passion di bidang perfilman dan kamu suka menonton film. Nah, kamu bisa membuat video pendek yang berisi rekomendasi film atau review film yang baru dirilis. Dengan membuat video pendek yang sesuai dengan passion, kamu pun bisa membuat video dengan lebih menyenangkan.

 

2. Tentukan durasi video yang optimal dan sesuai dengan topik video kamu

Salah satu alasan video pendek digemari oleh banyak orang saat ini adalah durasi yang pendek. Namun, kamu pun harus memikirkan durasi yang tepat untuk video kamu. Jika kamu membuat video dance yang sedang viral, pastikan video kamu tidak terlalu panjang. Berbeda dengan video yang berisi informasi seperti sejarah atau sketsa cerita, kamu bisa menggunakan video yang berdurasi lebih panjang. Hindari penggunaan part pada video kamu untuk menarik penonton, ya!

 

3. Gunakan jenis video yang mudah dipahami dan menarik perhatian

Sebelum kamu membuat video pendek, kamu tentu harus menentukan jenis video yang hendak kamu buat. Ada banyak jenis video yang menarik dan mudah viral di media sosial. Tentunya kamu harus membuat video yang sesuai dengan keahlian kamu, ya. Jika kamu ahli dalam story telling, kamu bisa membuat video yang berisi diri kamu membacakan cerita, bisa cerita sejarah ataupun cerita lain yang menarik.

Contoh jenis video yang lainnya adalah tutorial, review, challenge, prank, atau Q&A yang sesuai dengan topik dan tujuan kamu. Kamu juga bisa menentukan jenis video tersebut berdasarkan minat dan bakat kamu, ya!

 

4. Tambahkan musik, suara, atau efek audio yang sesuai dengan suasana dan tema video

Penggunaan musik, lagu, atau efek suara yang terkini dapat membuat video kamu menjadi lebih menarik. Penambahan lagu yang sedang hits juga bisa membuat video kamu mendapat lebih banyak penonton daripada video yang sekadar memberi suara di latar belakang kamu.

Namun, perlu diperhatikan pula bahwa pemilihan musik atau suara harus disesuaikan dengan jenis video kamu. Jangan sampai kamu memasukkan musik jenaka di video yang berisi penjelasan sejarah kelam suatu daerah atau kamu memberi efek musik yang suram dan menyeramkan untuk video prank kamu.

 

5. Gunakan filter, stiker, teks, atau efek visual yang dapat mempercantik dan memperkaya video

Penggunaan filter, stiker, teks, dan efek visual bisa memberikan beberapa manfaat bagi video pendek kamu, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Kreativitas

dengan filter dan efek visual, kamu dapat mengubah tampilan video pendek kamu secara dramatis. Ini memungkinkan kamu untuk mengekspresikan kreativitas dan membuat konten video pendek yang menarik.

  • Tema dan suasana hati

filter memungkinkan kamu untuk mengatur tema, cahaya, dan warna video dalam video pendek kamu. Efek ini dapat membantu kamu menciptakan suasana hati yang sesuai dengan isi video pendek kamu.

  • Engagement

Video dengan filter dan efek yang menarik akan lebih mengundang perhatian penonton video pendek kamu. Dengan kata lain, filter dan efek pada video pendek kamu dapat meningkatkan engagement dan membuat konten lebih menarik.

  • Kepribadian

Filter dan efek memungkinkan kamu untuk menambahkan elemen, seperti stiker, mengubah bentuk wajah, atau memperhalus tampilan. Ini membantu kamu untuk mengekspresikan kepribadian dalam video pendek kamu.

  • Trending

Penggunaan filter dan efek yang kreatif dapat membuat video pendek kamu masuk dan menjadi trending di platform media sosial seperti TikTok.

 

6. Tulis caption, hashtag, dan tag yang relevan dan menarik

Penggunaan caption atau takarir yang menarik dalam video pendek kamu dapat membuat penonton lebih tertarik. Captionmerupakan salah satu daya tarik dari sebuah video pendek sehingga membuat caption yang menarik dapat membuat video pendek kamu lebih menarik. Kamu bisa belajar membuat caption yang menarik dengan membaca artikel di sini.

Selain itu, pemilihan tanda pagar atau hashtag juga bisa merupakan hal yang penting. Dengan adanya hashtag yang menarik, penonton bisa lebih mudah mencari video pendek kamu dengan hanya mengeklik hashtag tersebut. Tentu saja hashtag yang kamu gunakan harulah yang relevan dengan video pendek yang kamu buat.

__

Kamu tertarik membuat konten video pendek? Yuk, terapkan tips dan trik di atas agar video pendek kamu lebih proper, menarik, dan viral. Kamu mau mandapatkan pelatihan lain untuk memperkaya skill kamu? Yuk, gabung Skill Academy dan pilih kelas yang mau kembangkan!

SKill Academy - CTA

Atqo