5 Tips Praktis Membuat Blog untuk Pemula

Devi Lianovanda Jan 21, 2021 • 4 min read


SA_-_Tips_Membuat_Blog_untuk_Pemula-01

Kamu suka menulis dan berencana menjadi seorang Blogger? Menulis di blog mungkin kamu lakukan sebagai media penyaluran hobi, tapi tahukah kamu, menulis di blog bisa lebih dari itu, lho! Kamu bisa menuliskan cerita perjalananmu, membangun brand bisnis, atau sebagai portofolio untuk melamar pekerjaan. 

Selain itu, kamu bisa menghasilkan uang dengan menulis di blog, lho! Dilansir dari themuse.com, laporan dari HubSpot menjelaskan bahwa kini semakin banyak perusahaan yang mengalokasikan dana pemasaran untuk blog dan media sosial. Tentu saja ini bisa menjadi peluang untuk kamu dan juga kemampuan menulismu untuk menghasilkan uang!

Kalau kamu baru akan mulai menjadi Blogger, yuk simak beberapa tips membuat blog di bawah ini!

1. Tentukan konten yang ingin kamu tulis

Menentukan lingkup konten yang akan kamu tulis merupakan langkah pertama yang harus kamu lakukan. Kamu harus menentukan terlebih dahulu topik-topik apa saja yang ingin kamu tulis. Apakah spesifik pada industri tertentu, review produk, atau memberikan informasi pengembangan diri, dan topik lainnya. Dilansir dari forbes.com, jika kamu ingin menghasilkan uang melalui blog, maka kamu perlu menulis topik-topik yang populer. Karena memulai dengan topik yang kurang populer akan membuatmu kesulitan menaikkan jumlah pengunjung blogmu. 

(Sumber: pixabay.com)

Baca juga: Lebih Mudah Raih Mimpi-mimpimu dengan Konsep SMART!

2. Tentukan nama dan domain blog

Langkah selanjutnya adalah menentukan nama dan domain blog kamu. Seperti hal-hal lain dalam hidup, nama adalah hal penting karena akan kamu gunakan dalam waktu yang sangat lama. Kamu dapat menentukan nama blog dengan memikirkan filosofi di balik nama tersebut, atau nama yang unik dan mudah diingat oleh pembaca. Selain nama blog, nama domain juga penting untuk kamu perhatikan. Dilansir dari forbes.com, nama domain yang ideal terdiri dari 2-3 kata, 2 kata merupakan ideal dan 3 kata adalah batas maksimum

(Sumber: freepik.com)

3. Pilih platform untuk blogging

Sebelum mulai menjadi Blogger, tentunya kamu harus menentukan terlebih dahulu platform yang akan kamu gunakan. Terdapat banyak pilihan platform yang bisa kamu pilih, di antaranya adalah Wordpress, Wix, Tumblr, Medium, Blogger, dan masih banyak lagi. Pilih platform yang paling sesuai dan mudah untuk kamu dan calon pembacamu gunakan. Agar lebih maksimal dalam memilih, kamu bisa melihat beberapa blog dengan platform-platform tersebut dan pilih satu yang paling nyaman, mudah, dan menyenangkan untuk digunakan dengan sudut pandang kamu sebagai pembaca.  

(Sumber: giphy.com)

4. Konsisten menulis

Untuk dapat menghasilkan uang melalui blog, kamu harus konsisten dalam mengunggah sebuah tulisan. Kamu bisa membuat jadwal unggah konten dan topik yang ingin kamu tulis pada sebuah catatan khusus. Selain konsisten, kamu juga harus memperhatikan kata kunci dalam menulis agar lebih efektif dalam SEO (Search Engine Optimization).

Selain kuantitas, kamu juga harus memperhatikan kualitas, buat tulisan yang bagus dan menarik, sesuai dengan lingkup konten yang kamu tulis, dan berpusat pada kata kunci. Jika kamu dapat membuat pembaca terlibat secara aktif, Google akan memperhatikan dan memberi peringkat pada halaman hasil pencarian.

5. Pilih tema yang sesuai

Tema atau tampilan merupakan hal pertama yang akan terlihat ketika pembaca mengunjungi blogmu. Dilansir dari cognitiveseo.com, pemilihan tema atau desain blog dapat mempengaruhi SEO, untuk itu, kamu harus dapat memilih tema yang dapat membuat pembaca betah berlama-lama di blogmu. Kamu dapat memilih tema yang sederhana namun tetap memberi kesan.

Memilih tema dengan banyak komponen akan membuat proses pemuatan laman menjadi lambat. Loading yang lambat tentu akan membuat pembaca menjadi enggan dan memilih untuk mengunjungi blog lain yang menyajikan informasi serupa. Pastikan juga kamu memilih tema dengan tampilan yang mobile friendly karena kebanyakan orang saat ini mengakses informasi menggunakan smartphone

(Sumber: unsplash.com)

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti jika kamu baru akan membuat blog. Jika kamu ingin menjadi seorang Blogger, maka kamu harus sabar dan konsisten, karena untuk menjadi seorang Blogger dengan banyak pembaca tentu tidak dapat diraih secara instan. 

Kamu dapat belajar dasar-dasar menjadi seorang Blogger dan menghasilkan uang melalui blog di Skill Academy. 

 

Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa klik CTA di bawah ini ya!

   #MUDAHUPGRADESKILL DI SKILL ACADEMY!

Beri Komentar