Sukses Hadapi Interview Kerja dengan 7 Tips Berikut Ini

Devi Lianovanda Jul 1, 2021 • 8 min read


tips interview kerja

Besok ada panggilan interview? Tenang, ikuti 7 tips berikut ini untuk sukses hadapi interview kerja!

--

Setelah mengirim puluhan CV ke sana ke mari, akhirnya kamu dapat panggilan interview kerja. Memang sulit untuk bisa lolos screening CV. Menurut data glassdoor.com, hanya 2-3% pelamar yang berhasil lolos screening CV dan mendapat panggilan interview.


Karena proses yang nggak mudah, tentu kamu mau proses interview ini berjalan dengan lancar dan baik. Terlebih jika ini adalah interview kerja pertamamu sebagai fresh graduate. Pasti bingung, deg-degan, bahkan mungkin overthinking.

“Duh, lusa interview kerja pertamaku. Harus gimana, ya?”

Tenang, nggak perlu overthinking. Yang harus kamu lakukan adalah belajar dan mempersiapkan diri dengan baik. Ingat ungkapan “hasil tidak akan menghianati usaha”? Jadi berusaha dulu saja, nanti hasil terbaik akan mengikuti.

Karena itu, yuk, simak 7 tips berikut ini agar lebih siap menghadapi interview kerja!

1. Tepat waktu

Ini penting untuk diperhatikan baik interview online atau offline. Datang tepat waktu memberi kesan kamu punya antusias, semangat, dan disiplin. Jika interview dilakukan secara offline, kamu bisa datang ke kantor lebih cepat. Misalnya, 15 menit sebelum waktu interview, kamu sudah ada di tempat. Biar nggak terlambat dan bingung, kamu bisa cari tahu lokasi kantor sehari sebelumnya.

Jika interview dilakukan secara online, maka kamu harus standby untuk masuk room yang telah disediakan. Masuk duluan dan menunggu perekrut juga nggak apa-apa. Intinya, jangan sampai terlambat dan membuat HRD menunggu. Ini bisa merusak mood perekrut dan memberi kesan pertama yang kurang baik. Jangan lupa untuk mempelajari platform interview yang digunakan untuk mengurangi gangguan teknis.

 

2. Berpakaian sopan dan rapi

Saat interview, HRD menilai banyak hal. Termasuk cara berpakaian. Karena itu, gunakan pakaian yang sopan dan rapi. Agar kamu terlihat profesional dan nyaman dipandang.

“Emang kenapa kalau bajunya nggak sesuai?”

Dilansir dari inc.com, 71% perekrut memilih untuk tidak mempekerjakan seseorang yang berpakaian tidak sesuai aturan. Sayang, kan, kalau kesempatan kamu bekerja hangus hanya karena cara berpakaian?

Tipsnya, lihat gaya berpakaian orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut. Kemudian sesuaikan.

“Kalau interview-nya online nggak perlu, kan, ya?”

Hm, ini juga berlaku untuk interview online. Terlebih jika interview-nya on camera. Pasti perekrut tetap melihat penampilan kamu. Jadi meskipun online, pakailah baju yang rapi, sisiran, dandan seperlunya agar terlihat fresh.

 

3. Pelajari pertanyaan umum saat interview

Sekarang, banyak HR atau karyawan yang sering membagikan tips seputar melamar kerja dan interview melalui sosial media. Nggak jarang juga mereka membagikan pertanyaan-pertanyaan saat interview dan juga cara menjawabnya.

Nah, kamu bisa membuat sendiri list pertanyaan apa saja yang kira-kira akan muncul saat interview nanti.

Beberapa pertanyaan yang sering muncul saat interview, misalnya: 

  1. Coba ceritakan diri kamu?
  2. Apa kelebihan dan kekurangan kamu?
  3. Kenapa melamar posisi ini?
  4. Kenapa kamu ingin bekerja di perusahaan ini?
  5. Apa rencanamu dalam 3-5 tahun ke depan? 

Dan masih banyak lagi. Biasanya, perekrut juga menanyakan pengalaman kerja sebelumnya. Ini untuk mengetahui karakter dan kinerja kamu. Kamu bisa menjawabnya dengan metode STAR. Ini metode untuk menceritakan pengalaman kerja kamu sebelumnya yang bersifat situasional.

interview kerja dengan mtode STARMenjawab pertanyaan interview dengan metode STAR. (Sumber: instagram.com/skillacademy.id)

Mungkin nggak semua list pertanyaanmu akan keluar, tapi paling tidak, kamu mempersiapkan sebagiannya dengan sangat baik. Kamu jadi lebih siap untuk menjawab dengan tepat dan jujur.

Baca juga: Bingung Cara Negosiasi Gaji Saat Interview? Ini 8 Tips yang Bisa Kamu Pakai!

 

4. Lakukan riset

Melakukan riset sebelum interview bisa memberimu gambaran tentang perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Bisa melalui website resmi, sosial media, dan siaran pers.

Karena nggak jarang perekrut akan bertanya “kenapa tertarik melamar kerja di sini?” Nah, pertanyaan ini bisa kamu jawab dengan hasil riset.

Misalnya “Karena perusahaan ini memiliki citra dan track record yang baik. Selain itu, bekerja di bidang kecantikan sangat sesuai dengan passion saya. Dengan latar belakang pendidikan Farmasi, saya dapat membantu perusahaan untuk menciptakan dan mengembangkan produk kosmetik untuk mencapai kualitas yang semakin baik.”

Jangan lupa untuk riset tentang posisi yang kamu lamar. Seperti, deskripsi pekerjaan dan skill yang diperlukan. Agar ketika ada pertanyaan yang berhubungan dengan posisi tersebut kamu bisa menjawab dengan baik juga.

 

5. Kenali diri sendiri

Selain mempelajari tentang perusahaan dan posisi yang kamu lamar, jangan lupa untuk mempelajari diri sendiri. Ketahui apa kelebihan, kekurangan, kemampuan yang kamu punya, pengalaman kerja atau organisasi, pencapaianmu selama ini, cara menghadapi masalah atau tekanan, dan lainnya.

Dengan ini, tentunya kamu bisa menjelaskan tentang dirimu dengan lebih baik. Karena banyak pertanyaan saat interview yang bertujuan untuk mengenal karakter kandidat. Misalnya “Coba jelaskan apa kekurangan kamu.”

Kalau paham diri sendiri, kamu jadi lebih mudah menjawabnya. Misalnya begini “Kekurangan saya adalah pelupa. Untuk mengatasi itu, saya sering membuat to do list, dan mencatat hal lainnya.”

7 tips interview

Jadi kamu tahu apa kekuranganmu dan juga solusinya.

Ikuti kelas: Sukses Interview/ Wawancara Kerja

6. Latihan interview

Agar saat interview kamu nggak gagap dan gugup, ada baiknya latihan dulu. Bisa di depan cermin sambil memperhatikan bahasa tubuh, tatapan mata, dan cara bicara. Bisa juga latihan dengan teman sambil latihan menggunakan aplikasi yang dipakai untuk interview. Jadi temanmu berperan jadi pewawancara dan memberi pertanyaan, dan kamu menjawabnya.

Jangan lupa evaluasi atau minta feedback ke teman. Tentang cara menjawab pertanyaan, mimik wajah, suara, intonasi, dan lainnya. Karena hal-hal ini ternyata berpengaruh, lho.  Berdasarkan data dari legaljobs.io, 39% kandidat ditolak karena rasa percaya diri yang rendah, kualitas suara yang buruk, dan kurang senyum

Jadi, saat interview usahakan untuk menjawab dengan jelas dan tidak bergumam. Tunjukkan rasa percaya diri, jangan menunduk, dan tunjukkan wajah yang ramah. Jangan jutek, nanti HRD-nya ikutan jutek karena mood-nya jadi buruk. :(

 

7. Siapkan pertanyaan untuk perekrut

Biasanya, di akhir interview, perekrut akan bertanya “Kamu ada pertanyaan?” Nah, kalau ditanya seperti ini jangan langsung jawab “Nggak ada”, ya.

Ini adalah kesempatan untuk tahu lebih jelas tentang perusahaan. Kalau nggak nanya, bisa menimbulkan kesan kamu kurang tertarik. Selain itu, dengan bertanya juga bisa meningkatkan komunikasi dua arah antara kamu dan perekrut. Jadi kamu nggak terlihat pasif karena hanya menjawab pertanyaan saja.

Kamu bisa bertanya tentang step selanjutnya dari proses rekrutmen, tentang tantangan dari posisi yang kamu apply, atau budaya kerja di perusahaan tersebut.

Misalnya, “Bagaimana budaya kerja di perusahaan ini?”

Di akhir, jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada perekrut untuk kesempatan dan waktunya.

Nah, setelah interview, biasanya HRD bilang ke kamu untuk menunggu informasi selanjutnya.

dighosting setelah interviewUcapan HRD setelah selesai interview. (Sumber: twitter.com) 

Agar kamu nggak jadi korban ghosting HRD, kamu bisa follow up untuk tanya kabar selanjutnya dari proses interview kemarin. Caranya, bisa kamu lihat di sini. Kalau setelah 2 minggu nggak dikabarin, di-follow up nggak dapat jawaban, move on. Ikhlasin aja yang kemarin sambil apply lowongan kerja yang lain.

Itu tadi 7 tips interview kerja yang bisa kamu terapkan. Semoga membantu, ya. Oh, iya, kamu bisa belajar lebih lengkap lagi seputar interview kerja dengan mengikuti kelas di Skill Academy! Di kelas ini, kamu akan belajar mulai dari apa saja yang perlu diperhatikan saat interview, metode menjawab pertanyaan interview yang baik, cara follow up, sampai tips negosiasi.

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Referensi:

Indeed. 2021. '21 Job Interview Tips: How To Make a Great Impression' [daring]. Tautan: https://www.indeed.com/career-advice/interviewing/job-interview-tips-how-to-make-a-great-impression (Diakses pada: 29 Juni 2021)

Doyle. Alison. 2020. '7 Interview Tips That Will Help You Get Hired' [daring]. Tautan: https://www.thebalancecareers.com/top-interview-tips-2058577 (Diakses pada: 29 Juni 2021)

Glassdoor. 2015. '50 HR & Recruiting Stats That Make You Think' [daring]. Tautan: https://www.glassdoor.com/employers/blog/50-hr-recruiting-stats-make-think/ (Diakses pada: 29 Juni 2021)

Profile

Devi Lianovanda

Satu individu dari 7,9 miliar manusia di bumi. Terima kasih sudah baca sampai sini :)

Beri Komentar