Cermat dan Bijak Mengelola THR Bagi Karyawan

Salsabila Nanda Mei 11, 2021 • 4 min read


Header THR Lebaran

Artikel ini membahas cara mengelola THR dengan bijak agar terhindar dari pemborosan.

---

Satu hal yang juga ditunggu-tunggu saat Idulfitri adalah THR alias Tunjangan Hari Raya. Jumlahnya mencapai gaji bulanan atau sesuai dengan perhitungan prorata bagi karyawan dengan masa kerja kurang dari setahun. Nah, sebelum kalap belanja, kamu harus menyusun daftar prioritas dahulu nih agar THR tidak terbuang begitu saja. Berikut cara bijak mengelola THR Idulfitri:

1. Membayar sisa hutang

Ini nih yang sering dilupakan sebagian orang, ckckck. Kalau kamu punya tagihan Credit Card atau paylater, yuk segera lunasi agar bunganya tidak membengkak. FYI, telat membayar utang mengakibatkan reputasi kamu di bank jadi jelek lho. Ada yang namanya BI checking, yakni pengecekan riwayat pembayaran utang oleh nasabah.

Keseringan menunggak akan membuat data diri kamu ditolak saat mengajukan pinjaman dengan nominal besar. Padahal, bisa aja kan, uang pinjamannya mau digunakan untuk sesuatu yang lebih penting, seperti: renovasi rumah atau biaya kuliah adik.

2. Belanja kebutuhan lebaran

Setelah utang lunas, baru deh beli kebutuhan lebaran. Buat yang sudah berkeluarga atau tinggal dengan orangtua, jangan lupa menyisihkan THR untuk mereka ya. Orangtua juga punya wishlist seperti anak-anaknya lho. Siapa tahu Ayah mau beli sarung baru? Atau Ibu pengen makan kue kering favoritnya? 

Tenang, kamu tetap bisa belanja kok. Apalagi banyak diskon Idulfitri bertebaran di aplikasi belanja online maupun pusat perbelanjaan. Tapi, pikirin lagi deh, kira-kira perlu nggak sih punya 3 stel baju lebaran? Beli kamera atau iPhone 12 ya? Supaya terhindar dari impulsive buying, kamu bisa menerapkan 7 Days Rule seperti yang tertera di gambar berikut: 

Infografis 7 Days of Rule Sebelum Belanja

3. Dana Darurat

Merupakan sejumlah uang yang dialokasikan secara khusus untuk digunakan saat menghadapi berbagai kondisi tak terduga, contohnya: Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), bencana alam, reparasi kendaraan, dan lain-lain. Idealnya, besaran dana darurat adalah 6 kali gaji bulanan bagi pegawai lajang, serta 9-12 kali gaji untuk mereka yang sudah berkeluarga.

Jumlah tersebut nggak harus dipenuhi dalam satu waktu, melainkan bisa dicicil dengan menyisakan 10% dari upah per bulan. Kalau kamu sudah mempraktekannya, uang THR juga bisa kamu tambahkan ke rekening dana darurat lho. Jika belum, tak perlu khawatir, pelan-pelan aja ngumpulinnya, oke?

4. Investasi

Masih ada sisa THR dan bingung cara menghabiskannya? Investasi mungkin cocok untukmu. Bagi pemula, investasi dapat dimulai dari reksadana yang tidak membutuhkan modal terlalu besar, sehingga resikonya lebih rendah dibanding saham. Pembukaan rekening reksadana pun dapat dilakukan melalui aplikasi secara online.  Nantinya, uang kamu dikelola oleh manajer investasi berpengalaman, jadi tidak perlu memantau pergerakan harga terus-menerus. 

Selain berbentuk materi, investasi soft skill dan hard skill juga penting lho. Sebab, tren pekerjaan dapat berubah dari tahun ke tahun. Kalau kemampuanmu itu-itu aja, kamu nggak bakal mampu bersaing dengan yang lain. 

 

Belajar skill baru bisa dari rumah kok. Bermodalkan koneksi internet, kamu berkesempatan belajar berbagai materi dan pelatihan di Skill Academy. Harga kelasnya mulai 100 ribuan serta dipandu oleh praktisi andal. Mau terjun di industri kreatif atau fashion? Ada Raditya Dika, Nicholas Saputra, Yoga Arizona, serta Ivan Gunawan yang siap ngasih kamu materi lengkapnya. Yuk, belajar bareng mereka!

Itu dia 4 cara cermat dan bijak mengelola THR bagi karyawan. Semoga kita bisa mengontrol keuangan menjadi lebih baik dan terhindar dari perilaku konsumtif. Selamat Hari Raya Idulfitri! 

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Referensi:

Paylater [Daring]. Tautan:

https://katadata.co.id/pingitaria/digital/5e9a4e6b949f1/pahami-risiko-pay-later-fitur-penggoda-milenial-berbelanja (diakses 07 Mei 2021)

Alokasi Dana Darurat [Daring]. Tautan: 

https://www.cermati.com/artikel/berapa-banyak-jumlah-dana-darurat-yang-harus-dipersiapkan (diakses 07 Mei 2021)

Keunggulan Reksa Dana [Daring]. Tautan: 

https://www.bareksa.com/berita/reksa-dana/2015-06-05/inilah-yang-membuat-reksa-dana-unggul-dibanding-produk-investasi-lainnya (diakses 09 Mei 2021)

7 Days of Rule [Daring]. Tautan:

https://medium.com/writers-blokke/7-day-rule-for-expenses-5b238a3bac93

(diakses 09 Mei 2021)

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar