Tips Membuat Presentasi Online Supaya tidak Membosankan

Devi Lianovanda Jan 6, 2021 • 3 min read


SA_-_Tips_Bikin_Presentasi_Online_Biar_Ngga_Ngebosenin-01

Pandemi covid-19 membuat berbagai aktivitas kini dilaksanakan secara virtual atau daring termasuk bekerja, rapat, kuliah, dan sekolah. Karena beberapa hal dilakukan secara daring, kegiatan presentasi dalam rapat atau mengajar juga harus menyesuaikan. Kamu harus bisa membuat presentasi yang menarik dan tidak membosankan.

Presentasi sangat penting dalam dunia kerja, penelitian yang dilakukan oleh prezi.com menjelaskan bahwa sebanyak 70% responden menyatakan bahwa presentasi sangat berpengaruh dalam kesuksesan kerja, dan 75% responden menyatakan bahwa mereka ingin meningkatkan keterampilan presentasi

Berikut beberapa tips membuat presentasi online agar tidak membosankan, simak ya!

1. Buat slide yang simple dan jelas

Buat slide presentasi simple dan jelas, jangan terlalu banyak teks dalam setiap slide. Menurut stinsondesign.com, visual dalam sebuah presentasi merupakan pelengkap, untuk itu cantumkan poin penting ke dalam slide presentasi dan kamu dapat menjelaskan materi lebih lengkap secara verbal agar audiens fokus pada penjelasan yang kamu berikan. Terlalu banyak informasi juga dapat menyebabkan audiens mudah lupa dengan materi yang telah kamu sampaikan. 

(Sumber: giphy.com)

2. Desain menarik

Visual mempengaruhi audiens dalam memahami informasi, untuk itu kamu perlu membuat desain presentasi yang menarik namun tidak berlebihan. Dilansir dari t-sciences.com, otak manusia memproses gambar atau visual 60.000 kali lebih cepat dan 90% informasi yang diterima otak adalah dalam bentuk visual. Kini kamu sangat dimudahkan karena telah tersedia template presentasi gratis yang dapat kamu gunakan, sehingga kamu tidak perlu membuat desain sendiri. Kamu juga dapat membuat presentasi secara online melalui beberapa website seperti Canva, Prezi, Google Slides, dan lainnya.

(Sumber: freepik.com)

3. Buat presentasi yang interaktif

Agar presentasi tidak membosankan, kamu harus berinteraksi dengan audiens. Meskipun secara online, hal ini tetap dapat dilakukan, misalnya dengan membuat game, kuis, lelucon, atau polling. Dilansir dari prezi.com, audiens biasanya tidak fokus saat mendengarkan presentasi, mereka melakukan kegiatan lain. Sebanyak 28% audiens mengirim pesan, 27% mengecek email, dan 17%nya tertidur. Presentasi yang dilakukan secara interaktif lebih meningkatkan engagement dengan audiens. Sebab itu, presentasi yang interaktif dan melibatkan audiens penting dilakukan agar audiens tidak bosan dan sibuk melakukan kegiatan lain.

(Sumber: pexels.com)

Itulah beberapa tips untuk membuat presentasi online yang tidak membosankan. Dalam sesi presentasi, sebagian audiens biasanya tidak fokus, oleh karena itu kamu harus memiliki cara penyampaian yang menarik agar dapat menarik perhatian audiens. Karena presentasi penting bagi kesuksesan kerja, kamu juga perlu punya keterampilan membuat dan melakukan presentasi yang menarik. Skill Academy memiliki kelas pelatihan Jago Presentasi dalam 90 Menit dan juga kelas Dasar Microsoft PowerPoint untuk Pemula

Untuk informasi lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pengembangan diri lainnya, klik CTA di bawah ini ya! Selamat belajar!

   #MUDAHUPGRADESKILL DI SKILL ACADEMY!

Beri Komentar