Penting! Nilai Passing Grade CPNS 2021 dan Cara Menghitungnya

Gulman Azkiya Agu 3, 2021 • 4 min read


Nilai-passing-grade-cpns-2021

Artikel ini membahas mengenai rincian dari passing grade CPNS 2021.

--

Tes SKD sudah semakin dekat. Selain mempersiapkan ujian dengan banyak latihan soal, penting bagi kamu untuk mengetahui nilai passing grade yang harus dicapai supaya bisa lolos. Oleh karena itu, agar persiapan kamu semakin matang, berikut penjelasan lengkap mengenai passing grade CPNS 2021 dan cara menghitungnya. 

Passing grade CPNS 2021

Setelah melewati seleksi administrasi dan verifikasi berkas, tahapan selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). SKD pada tahun ini menggunakan CAT (​Computer Assisted Test) yang memiliki 110 soal. Selain itu, SKD dibagi menjadi 45 soal TKP, 35 soal TIU, dan 30 soal TWK, dengan durasi waktu 100 (seratus) menit. 

Sedangkan untuk passing grade CPNS tahun ini terjadi perubahan. Jika sebelumnya masih berdasarkan pada (PermenPANRB) Nomor 24 Tahun 2019, kini diganti dengan Keputusan Menteri PANRB No. 1023/2021. Sehingga nilai passing grade CPNS 2021 adalah 311 dengan pembagian untuk masing-masing tes SKD sebagai berikut.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Soal yang diujikan pada tes TKP umumnya berisi tentang pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, serta profesionalisme. Nilai passing grade pada tes ini adalah 166.

tryout skd cpns terlengkap

Tes Intelegensi Umum (TIU)

Pada jenis tes ini, kamu akan diuji mengenai kemampuan verbal, numerik, dan figural. Adapun jenis soal yang akan dikerjakan berupa analogi, deret angka (kuantitatif), dan pola hubungan dalam bentuk gambar. Nilai passing grade pada tes ini adalah 80.

Tes Wawasan Kebangsaan Kebangsaan (TWK)

Soal yang akan diujikan pada TWK adalah materi mengenai nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia. Nilai passing grade pada tes ini adalah 65

Cara mencari nilai passing grade

Sistem penilaian untuk masing-masing tes yaitu menggunakan skor 1-5 (satu hingga lima) pada tingkatan benar dalam jawaban. Bila kamu salah atau tidak menjawab, maka nilainya 0 (nol). Dengan demikian, jika dapat menjawab keseluruhan soal dengan benar, maka nilai kumulatif yang bisa kamu dapatkan yaitu 550

Lalu bagaimana cara mencari nilai dengan kriteria lolos passing grade?

Cara-Menghitung-Passing-Grade-CPNS-2021

Pada perhitungan di atas adalah kemungkinan jika kamu dapat menjawab dengan nilai skor sempurna. Khusus soal TKP, kamu dapat menargetkan nilai minimal dengan menjawab 34 soal. Sehingga nilai yang kamu dapatkan melewati passing grade yaitu 170

Namun, dengan penggunaan sistem skor, kamu juga dapat lulus dengan nilai yang tidak harus sempurna dengan skor 5. Misalnya pada TKP, kamu bisa mendapatkan nilai melewati 166 dengan pengerjaan 15 soal dengan skor 5, 18 soal dengan skor 4, 7 soal dengan skor 3, dan 5 soal salah atau kosong. Sehingga nilai akhir yang kamu dapatkan yaitu 168

Baca juga: Latihan Soal dan Pembahasan Tes CPNS 2021

Ketentuan penetapan nilai passing grade CPNS 2021

Pada seleksi CPNS tahun ini, ada 4 jenis peserta yang memiliki ketentuan passing grade yang berbeda dari ketentuan di atas, 

  1. Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan Pujian” /Cum Laude
    Bagi kamu yang berpredikat sebagai Lulusan Terbaik, nilai komulatif paling rendah dari SDK yang harus kamu lewati adalah 311. Sedangkan untuk nilai TIU adalah 85.

  2. Penyandang Disabilitas
    Bagi penyandang disabilitas, nilai komulatif paling rendah untuk lulus SKD adalah 286, dengan nilai TIU paling rendah 60.

  3. Putra/Putri Papua dan Papua Barat
    Bagi kamu yang merupakan Putra/Putri Papua dan Papua Barat, nilai komulatif paling rendah untuk dapat lulus SDK adalah 286, dengan nilai TIU paling rendah 60.

  4. Diaspora
    Sedangkan untuk kamu yang berstatus sebagai diaspora atau tinggal di luar negeri, batas nilai minimal SKD yang harus dapat kamu capai untuk lulus adalah 311, dengan nilai TIU paling rendah 85. 

Itu lah penjelasan mengenai passing grade yang perlu kamu ketahui untuk CPNS 2021. Bagi kamu yang masih ingin meningkatkan kemampuan untuk mengerjakan soal tes CPNS, langsung saja menuju Skill Academy. Selain tersedia soal-soal try out, kamu juga bisa mendapatkan berbagai tips dari para instruktur yang berpengalaman. 

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Kepengen punya EP Shoegaze/Ambient sendiri

Beri Komentar