Cara Mengubah PDF ke Word dan Sebaliknya - Mengubah Word ke PDF

Devi Lianovanda Okt 14, 2021 • 12 min read


cara convert pdf ke word - word ke pdf

Convert atau mengubah file Microsoft Word ke PDF dan PDF ke Microsoft Word itu nggak sulit, kok. Yuk, simak cara mudahnya!

--

Sebuah file atau dokumen bisa disimpan dalam berbagai format. Format yang sudah tersimpan juga bisa diubah menjadi format lain sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, dari format doc menjadi PDF atau sebaliknya.

Biasanya, untuk keperluan kirim mengirim dokumen, file disimpan dalam bentuk PDF. Hal ini dilakukan karena dengan format PDF, file tidak mengalami perubahan dan tidak berantakan ketika diterima. Selain itu, format PDF dapat diakses di berbagai perangkat seperti HP, laptop, tablet, dan PC.

Kalau kita melamar kerja, biasanya CV, cover letter atau surat lamaran kerja dan lampiran lainnya juga dikirim dalam format PDF. Tapi, kadang, ada juga kondisi di mana kita perlu mengubah file PDF menjadi format docx atau Microsoft Word untuk keperluan editing atau mengisi form.

Nah, untuk convert PDF ke Word dan sebaliknya, mengubah Word ke PDF, ternyata nggak sulit, lho. Kamu bisa melakukannya dengan berbagai cara. Bisa convert di laptop dan juga HPmu. Yuk, simak cara mudahnya!

Mengubah PDF ke Word

1. Mengubah PDF ke Word di Microsoft Word

Selain menulis, kamu juga bisa menggunakan Microsoft Word untuk convert PDF ke Word, lho. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

1. Pilih file PDF yang akan dikonversi menjadi Word melalui file explorer atau folder tempat kamu menyimpan file. Klik kanan pada file dan pilih Open with. Kalau di komputer mu langsung muncul pilihan Word maka klik yang itu. Tapi, kalau tidak muncul, pilih Choose another app. Maka akan muncul dialog seperti gambar ke dua. Pilih Word dan klik OK

buka file pdf

 

buka dengan word

2. Setelah itu, akan muncul dialog seperti di bawah ini. Inti informasinya adalah file PDF akan di-convert ke dokumen Word yang dapat diedit. Klik OK dan konversi akan berlangsung. 

klik OK

3. Tunggu sampai konversi selesai dan dokumennya muncul di lembar kerja dalam format doc atau docx.

convert berhasil

4. Setelah itu kamu bisa langsung mengedit dokumen atau menyimpan file dengan klik File - Save atau Save As, lalu pilih folder dan beri nama file. Selesai, deh!

simpan file

Baca juga: 10 Panduan Mudah Belajar Microsoft Word untuk Pemula

 

2. Cara mengubah PDF ke Word dengan WPS Office

1. Buka WPS Office di komputer atau HP kamu, lalu pilih yang PDF.

buka wps office
2. Setelahnya, akan muncul tampilan seperti ini, kemudian klik PDF to Word.

wps pdf to word
3. Selanjutnya muncul tampilan seperti ini. Klik Add Files untuk upload file PDF yang ingin kamu ubah formatnya. Kemudian klik Start di bagian kanan bawah. Setelah itu, proses konversi akan dimulai. Tunggu sampai selesai dan file akan tersimpan di laptop atau HP kamu.
add file lalu convert

 

3. Cara mengubah PDF ke Word menggunakan Google Drive

Kalau kamu nggak punya WPS Office atau aplikasi konverter PDF lainnya, kamu bisa melakukan konversi melalui Google Drive. Saat ini, siapa saja pasti memiliki akun Gmail dan menggunakan produk Google. Nah, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Google Drive milikmu, lalu klik ikon New. klik ikon new

Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut ini. Klik File upload dan pilih file PDF yang akan dikonversi lalu unggah.

file upload
2. Setelah terunggah, buka filenya dan akan muncul tampilan seperti ini. Klik Open with Google Docs.

buka file lalu pilih open with gdocs
3. Setelah itu file PDF akan langsung terkonversi menjadi Word dan muncul di lembar kerja Google Docs. Formatnya mungkin sedikit berubah, sebelum melakukan penyimpanan, kamu bisa melakukan editing terlebih dahulu.

file berhasil dikonversi
4. Kalau sudah rapi, kamu bisa menyimpannya dalam format Word dengan cara klik tab File - Download - Microsoft Word (docx). Maka filenya akan langsung terunduh dan tersimpan di perangkatmu.
cara save file dalam bentuk word di google docs

 

4. Cara mengubah PDF ke Word secara online

Kamu juga bisa melakukan konversi PDF ke Word secara online, lho. Saat ini ada banyak website yang menyediakan layanan konversi dokumen. Untuk contohnya, kita pakai website ilovepdf.com, ya. Tenang, di website lain, kurang lebih langkah-langkahnya mirip, kok.

1. Buka website ilovepdf.com, lalu pilih PDF to Word.

buka websitenya pilih pdf to word
2. Upload file yang ingin kamu konversikan menjadi format Word dengan klik Select PDF file. Tunggu sampai proses upload selesai.

unggah file pdf
3. Jika sudah, kamu tinggal klik menu Convert to Word yang ada di sebelah kanan bawah.

klik convert to word
4. Tunggu beberapa saat sampai proses konversi selesai. Kalau prosesnya sudah selesai, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini. Untuk melakukan penyimpanan, klik Download File, maka filenya akan terunduh dan tersimpan di komputer atau HP kamu.

download file

 

Mengubah Word ke PDF

1. Mengubah Word ke PDF di Microsoft Word

1. Pilih dan dokumen yang akan diubah formatnya menjadi PDF.

buka file yang ingin diubah
2. Setelah lembar kerja Microsoft Word terbuka, pilih tab File. Maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut di perangkatmu.

klik tab file
3. Selanjutnya, pilih Export. Nah, nanti tampilannya akan seperti ini. Lalu pilih Create PDF/XPS.

klik export
4. Kemudian, simpan file dengan nama yang sesuai. Lalu klik Publish.

klik publish
5. Setelah selesai, biasanya file PDF akan terbuka secara otomatis. Jika tidak, kamu bisa melihat hasilnya di folder penyimpanan yang sudah kamu pilih sebelumnya.

hasil pdf

Ikuti kelas: Mengoperasikan Microsoft Office dan Korespondensi untuk Sekretaris Umum

 

2. Cara Mengubah Word ke PDF menggunakan Google Docs

Kamu juga bisa mengubah Word ke PDF menggunakan Google Docs. Jadi, kalau kamu lebih sering menulis di Google Docs, jangan khawatir, tetap bisa convert file, kok. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pilih dan buka file yang ingin diubah menjadi format PDF.

buka file google docs
2. Kemudian klik tab File, lalu pilih Download - PDF Document (PDF). Setelah itu, proses convert Word ke PDF berlangsung dan filenya otomatis terunduh dan tersimpan di komputer atau HP kamu.

klik download dan pilih PDF document
3. Selesai, file Word berhasil diubah menjadi PDF menggunakan Google Docs.

 

3. Cara Mengubah Word ke PDF secara online

Selain 2 cara di atas, kamu bisa mengubah format file Word ke PDF secara online. Ada banyak situs konversi yang bisa kamu coba. Contohnya, ilovepdf.com, smallpdf.com, pdf2go.com, dan lainnya.

Untuk contohnya, kita coba melalui ilovepdf ya. Berikut caranya:

1. Masuk ke situs ilovepdf.com di browser laptop atau HP kamu. Lalu pilih yang Word to PDF.

convert word ke pdf online
2. Klik Select WORD files, kemudian pilih dokumen yang akan diubah formatnya.

unggah file word yang akan diconvert
3. Setelah selesai terunggah, kamu bisa klik Convert to PDF yang ada di sebelah kanan bawah.

klik convert to pdf
4. Tunggu sampai proses konversi selesai. Nanti, akan muncul tampilan seperti berikut. Kamu bisa mengunduh filenya dengan klik Download PDF. Filenya akan tersimpan di HP atau laptop kamu.
download file pdf

 

4. Cara mengubah file Word ke PDF di WPS Writer

WPS Office adalah paket lengkap aplikasi untuk perkantoran yang bisa digunakan di Windows, Linux, iOS, dan juga Android. Untuk mengubah Word ke PDF menggunakan WPS Writer, berikut caranya:

1. Pilih dan buka dokumen yang ingin kamu ubah menjadi PDF.

buka file yang akan diconvert
2. Klik Menu, lalu pilih Export to PDF.

klik menu pilih export to pdf
3. Selanjutnya, akan muncul pop-up seperti gambar berikut. Klik Add files untuk mengunggah file. Setelah itu klik Export to PDF, maka proses konversi akan berlangsung.

klik export to pdf

4. Tunggu sampai selesai, dan filenya akan otomatis terunduh dan tersimpan di perangkat yang kamu gunakan.

file berhasil dikonversi menjadi pdf

---

Nah, itu tadi tutorial atau cara mengubah file Word ke PDF dan mengubah file PDF ke Word. Nggak sulit, kan? Kamu bisa pakai cara yang paling mudah menurutmu. Selamat mencoba!

Kalau kamu tertarik untuk belajar teknologi dan software lainnya, kamu bisa ikut kelas Skill Academy. Ada banyak pilihan kelasnya, dan tentu disertai dengan video belajar yang mudah untuk kamu pahami. Tunggu apa lagi? Yuk, upgrade kualitas diri bersama Skill Academy!

Kelas Sukses Kerja Skill Academy

Profile

Devi Lianovanda

Satu individu dari 7,9 miliar manusia di bumi. Terima kasih sudah baca sampai sini :)

Beri Komentar