Mengenal Google AdSense: Fungsi, Keuntungan, dan Cara Daftarnya

Mengenal Google AdSense

Tertarik mendapat penghasilan tambahan di web, blog atau YouTube dengan Google AdSense? Yuk, simak cara daftar dan aktivasinya berikut ini!


Apakah kamu memiliki situs web, YouTube, atau blog? Selain dapat cuan dari endorse, kamu bisa dapat penghasilan tambahan lainnya, lho. Caranya dengan menggunakan Google AdSense. Hm, gimana sih?

Dengan mendaftar Google AdSense, kamu bisa menampilkan iklan di situs web, blog, atau YouTube. Ketika pembaca atau penonton mengeklik iklan yang tampil, kamu akan mendapat penghasilan tambahan. Menarik, ya? Agar lebih paham, yuk, simak penjelasan mengenai Google AdSense berikut!

 

Apa itu Google AdSense?

Google AdSense adalah program iklan berbasis CPC (cost-per-click) yang memungkinkan kamu sebagai pemilik situs web atau blog untuk mendapat penghasilan dengan menampilkan iklan di samping konten yang ada.

Berapa banyak yang bisa didapatkan dari AdSense? Penghasilan dari AdSense dipengaruhi pada beberapa faktor, seperti banyaknya traffic, jenis konten yang kamu sediakan, lokasi user, cara kamu menyiapkan iklan, dan lain sebagainya. Google menyediakan kalkulator estimasi pendapatan untuk memperhitungkan potensi penghasilan.

 

Fungsi Google AdSense

Google AdSense berfungsi mencocokkan iklan dengan situs web kamu berdasarkan konten dan pengunjung. Iklan tersebut dibuat dan dibayar oleh pengiklan yang ingin mempromosikan produk atau jasa mereka. Berikut adalah cara kerja Google AdSense:

  1. Google AdSense akan menampilkan iklan berupa gambar, teks, atau video yang sesuai konten situs web kamu;
  2. iklan disesuaikan dengan minat pengunjung berdasarkan cache dari browser mereka; dan
  3. ketika pengunjung mengeklik iklan, pemilik situs web akan mendapatkan uang atau penghasilan.

Google AdSense memanfaatkan cache browser pengguna agar menampilkan iklan yang sesuai. Misalnya, kamu sedang mencari kursus online di Google, nanti akan muncul iklan dari berbagai penyedia kursus online di berbagai web yang kamu buka.

Baca juga: 5 Cara Mudah Beriklan di Twitter Ads untuk Pemula

 

Keuntungan menggunakan Google AdSense

Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan Google AdSense.

  1. Bisa mendapatkan uang dari situs web atau blog. 
  2. Google AdSense bisa digunakan secara gratis, jadi kamu nggak perlu mengeluarkan biaya untuk memulainya. 
  3. AdSense akan menampilkan iklan yang sesuai dengan niche situs web milikmu
  4. Iklan yang muncul di situs web kamu sudah diverifikasi oleh Google, jadi iklan tersebut sudah memenuhi standar kualitas tertentu. 
  5. Iklan yang muncul sesuai dengan konten yang kamu buat dan minat pengunjung web. 
  6. Semakin tinggi traffic web mu dan semakin banyak klik iklan, maka semakin banyak juga penghasilan yang bisa kamu dapatkan.
  7. Kamu nggak perlu keahlian khusus karena Google AdSense mudah digunakan dan dihubungkan ke situs web milikmu. 
  8. Kamu bisa menyesuaikan tampilan iklan sesuai desain web agar tidak merusak tampilan keseluruhan dan membuat pengunjung nyaman. 
  9. AdSense menyediakan alat untuk menganalisis kinerja dan bantu kamu mengoptimalkan strategi beriklan dengan lebih maksimal 

Wah, banyak banget ya keuntungan menggunakan Google AdSense. Gimana sih cara daftarnya? Yuk, simak pembahasan selanjutnya!

 

Cara mendaftar Google AdSense

Berikut adalah cara daftar Google AdSense: 

1. Masuk ke Google AdSense

Pertama, pastikan kamu sudah memiliki akun Google terlebih dahulu, jika belum maka kamu harus membuatnya. Setelah itu, kunjungi https://AdSense.Google.com/start/, kamu akan melihat tampilan seperti gambar berikut. Klik Mulai atau Start.

2. Pilih Google Account

Setelah itu, pilih akun Google yang ingin kamu daftarkan ke Google AdSense. 

 

3. Masukkan alamat URL website

Kamu akan melihat tampilan di atas. Masukkan URL website yang akan menggunakan AdSense. Jika belum punya, kamu bisa melewati bagian ini dan ceklis I don’t have a site yet. Lalu, klik bagian selanjutnya, apakah kamu ingin menerima informasi saran dan bantuan atau tidak. 

Jika kamu seorang YouTuber, berikut ini adalah cara daftar Google AdSense YouTube:

  • masuk ke YouTube Studio;
  • pilih tab Monetisasi;
  • klik Mulai pada Daftar Google AdSense; dan
  • masukkan kata sandi dan ikuti langkah selanjutnya hingga selesai.

 

4. Pilih negara atau wilayah pembayaran 

Pilih negara sesuai tempat tinggalmu dan pastikan tempatmu bisa menerima nomor pengenal pribadi (PIN) lewat pos. Kamu tidak bisa mengubah negara atau wilayah AdSense di lain waktu. Oleh karena itu, pastikan tidak salah input, ya!

 

5. Baca syarat dan ketentuan AdSense

Setelah memilih negara, kamu perlu melihat syarat dan ketentuan AdSense. Jika sudah, klik checkbox.

6. Klik Mulai gunakan AdSense

Setelah semuanya sudah diisi dengan benar, klik Start Using AdSense. Akun Google AdSense berhasil didaftarkan.

 

Cara aktivasi Google AdSense

Setelah membuat akun AdSense, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu agar iklan bisa muncul di web dan menghasilkan uang. Berikut adalah cara mengaktifkannya:

Menghubungkan laman ke AdSense

  1. Masuk ke akun Google AdSense
  2. Copy kode yang ada di halaman AdSense tersebut
  3. Paste kode ke HTML laman
  4. Edit URL, jika ada kesalahan, masukkan URL saat membuat akun AdSense. Klik Edit untuk mengedit dan memperbarui URL
  5. Cek semua data yang sudah kamu input dan klik Selesai.

 

Memasukkan informasi pembayaran 

  1. Login ke akun Google AdSense yang sudah dibuat sebelumnya. 
  2. Di kolom Jenis Akun, pilih opsi antara Perorangan atau Bisnis. Pilihan ini nggak memengaruhi layanan atau sistem pembayaran, ya
  3. Isi nama lengkap sesuai informasi perbankan di kolom Nama. Jika kamu memilih akun Bisnis, maka masukkan nama perusahaan di kolom Nama Bisnis dan masukkan kontak perusahaan. 
  4. Pada kolom Alamat, masukkan alamat lengkap dan kode pos
  5. Masukkan nomor telepon aktif pada kolom Nomor Telepon, klik Kirim.

 

Verifikasi nomor telepon

  1. Masuk ke akun AdSense
  2. Akan muncul halaman Verifikasi nomor telepon Anda. Masukkan nomor telepon dengan format internasional, masukkan kode negara. Contoh: +6281234567890
  3. Pilih cara verifikasi, melalui pesan teks atau panggilan suara
  4. Setelah itu, klik Dapatkan kode verifikasi
  5. Masukkan 6 digit kode verifikasi yang sudah kamu terima, klik Kirim

Apabila semua tugas sudah selesai, tim Google AdSense akan meninjau informasi pembayaran dan memastikan situs kamu sesuai kebijakan program AdSense. Nanti kamu akan mendapat email jika akun sudah berhasil diaktifkan. Prosesnya memakan waktu beberapa hari, tapi bisa juga 2–4 minggu.

Baca juga: 8 Cara Lengkap Membuat Konten YouTube untuk Pemula

 

Tips meningkatkan penghasilan di Google AdSense

Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan pendapatan di Google AdSense.

  1. Mengikuti aturan AdSense untuk menghindari penangguhan akun. Kamu perlu mengecek secara berkala apakah ada pembaruan aturan Google agar proses monetisasi aman.
  2. Buat konten yang berkualitas tinggi dan memberi manfaat atau nilai bagi pembaca. Ini bisa meningkatkan traffic, keterlibatan audiens, dan meningkatkan klik iklan.
  3. Kamu bisa memanfaatkan SEO untuk menargetkan keyword dengan CPC tinggi. Ini membantu kamu membuat konten yang sejalan dengan pasar iklan yang menguntungkan.
  4. Pasang iklan di bagian atas halaman, jadi pengunjung web nggak perlu scroll untuk bisa melihat iklannya. Dengan begitu, iklan lebih terlihat dan memungkinkan untuk mendapat klik yang banyak.
  5. Gunakan fitur optimasi AdSense, ini membantu kamu menemukan cara terbaik untuk mengoptimalkan iklan agar lebih banyak klik dan menghasilkan lebih banyak uang.

Ikuti kelas: Meningkatkan Performa Iklan dengan Pemasaran Digital


Okay, segitu dulu pembahasan mengenai Google AdSense ya mulai dari pengertian, fungsi, keuntungan, cara daftar, sampai tips menghasilkan uang di AdSense. Semoga membantu, ya. Kamu bisa belajar lebih lanjut mengenai iklan bareng ahlinya di Skill Academy. Klik banner berikut untuk kepoin kelasnya!

Devi Lianovanda