Mau Jadi MUA? Ikuti 5 Tips Ini untuk Merintis Karier sebagai Makeup Artist!

Devi Lianovanda Des 28, 2020 • 4 min read


makeup-artist

Artikel ini membahas 5 tips yang bisa kamu ikuti untuk memulai karier sebagai seorang Makeup Artist. 

--

Makeup Artist (MUA) adalah orang-orang yang menjalani pekerjaan sebagai perias wajah klien untuk berbagai kepentingan. Sebelumnya, banyak yang mengira bahwa MUA hanya bertugas untuk merias wajah para selebriti atau artis pemain sinetron, penyanyi, pemain film atau model. Kata ‘artist’ dalam MUA memiliki arti seniman, yang berarti seorang MUA adalah seniman yang menggunakan makeup sebagai alat untuk mengekspresikan seninya. 

MUA tidak terbatas hanya merias artis, tetapi juga pengantin, peserta wisuda, peragaan busana, dan makeup untuk kepentingan lainnya. Seorang MUA harus menguasai teknik dan berbagai jenis makeup sesuai dengan keinginan dan kebutuhan klien. Tren kecantikan terus berkembang termasuk makeup, namun tidak semua orang bisa mengaplikasikan makeup pada wajah mereka sendiri. Selain itu, keterbatasan waktu seseorang juga membuat orang lain menggunakan jasa MUA untuk merias wajah mereka. 

Mempelajari teknik dan jenis makeup dapat dipelajari secara otodidak, terlebih lagi di era digital saat ini, banyak media yang dapat membantu Kamu untuk belajar. Apabila Kamu ingin menjadi seorang MUA namun baru akan belajar dan merintis karier, simak tips di bawah ini ya!

1. Mulai dengan mengenal dasar makeup

Untuk menjadi seorang MUA, tentu Kamu harus mengetahui dasar-dasar dalam makeup seperti jenis-jenis makeup, alat-alat makeup yang diperlukan, pemilihan warna atau shade sesuai warna kulit, teknik pengaplikasian produk, urutan penggunaan produk, jenis kulit dan jenis produk yang akan Kamu gunakan.

Menjadi MUA, Kamu harus pandai mencocokkan jenis dan warna kulit klien dengan produk yang akan Kamu gunakan. Seperti misalnya klien memiliki kulit berminyak, maka Kamu perlu menggunakan produk dengan finish matte agar dapat menahan minyak dan menjaga makeup tahan lama. Sesuaikan juga jenis makeup dengan kegiatan atau aktivitas yang akan dilakukan klien. 

2. Berlatih dengan konsisten

Salah satu kunci keberhasilan dalam melakukan sesuatu adalah dengan rajin berlatih, termasuk makeup. Kamu harus berlatih dengan konsisten untuk meningkatkan keterampilan mu dalam merias wajah. Saat ini Kamu dimudahkan dengan perkembangan teknologi yang ada, Kamu dapat berlatih dengan menonton video tutorial di YouTube. Kamu dapat menonton berbagai tutorial makeup dengan jenis yang berbeda-beda dari banyak beauty vlogger atau MUA profesional. 

Untuk menjaga dan meningkatkan keterampilan, Kamu harus konsisten menghasilkan karya, misalnya setiap minggu Kamu harus mengunggah video dan foto makeup terbaru. Ini akan membuatmu rajin berlatih dan meningkatkan keterampilanmu. 

vMrmA2rYuwRRS

(Sumber: giphy.com)

3. Kumpulkan alat makeup secara perlahan

Sebagai seorang MUA, tentu Kamu harus memiliki alat makeup sendiri. Alat makeup ini juga tidak sedikit, misalnya brush, terdapat berbagai jenis brush dengan kegunaan masing-masing. Kamu dapat mengumpulkan produk-produk yang diperlukan untuk merias wajah seseorang. Tidak harus membeli perlengkapan dalam jumlah banyak sekaligus, Kamu juga tidak harus langsung membeli produk high-end. Kamu dapat mencicil produk yang perlu Kamu beli, karena apabila membeli produk dalam jumlah banyak sekaligus tentu memerlukan modal yang tidak sedikit. 

pexels-suzy-hazelwood-2536965

(Sumber: pexels.com)

4. Buat sosial media untuk menyimpan portofolio

Untuk membangun kepercayaan klien, Kamu perlu memiliki portofolio. Setiap merias wajah klien, Kamu dapat mengabadikan hasil makeup tersebut dan membandingkannya dengan sebelum makeup. Abadikan dalam bentuk foto dan video, kemudian unggah di sosial media mu atau sosial media khusus untuk portofolio. Memiliki portofolio akan membuat calon klien memiliki gambaran hasil makeup Kamu dan meyakinkan mereka untuk menggunakan jasamu. Apabila Kamu belum memiliki klien, Kamu dapat merias wajahmu sendiri atau wajah orang-orang terdekatmu dengan berbagai jenis makeup yang dapat kamu abadikan dan jadikan sebagai portofolio. 

portfolio-website-home-office-setup-3d-rendering_72104-3326

(Sumber: freepik.com)

5. Ikut kursus atau pelatihan makeup

Cara lain untuk belajar makeup tentu saja dengan mengikuti kursus atau kelas pelatihan makeup. Dengan mengikuti kursus, Kamu akan belajar secara langsung mulai dari dasar hingga teknik-teknik tertentu. Kamu juga akan mendapatkan tips dan trik dari instruktur mu. Seorang instruktur kelas makeup tentu telah menjalani trial dan error yang tidak sedikit untuk mendapatkan teknik dan produk untuk hasil makeup yang bagus. Dengan mengikuti kursus, Kamu akan mendapatkan list produk terbaik dan juga teknik pengaplikasian yang benar. 

Selain itu, instruktur juga akan mengamati perkembangan mu serta memberikan evaluasi terhadap hasil makeup mu. Skill Academy hadir menjawab kebutuhan itu dengan mengadakan kelas pelatihan Memulai Special Effect Makeup Menggunakan Alat dan Bahan Sederhana

Itulah beberapa tips buat Kamu yang ingin merintis karier sebagai Makeup Artist (MUA). Kamu dapat belajar dengan menggunakan alat dan produk sederhana. Berlatihlah secara perlahan namun konsisten agar keterampilan Kamu terus meningkat. 

 

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Beri Komentar