3 Manfaat Instagram Shopping untuk Tingkatkan Penjualan Bisnismu

Devi Lianovanda Jan 11, 2021 • 3 min read


instagram-shopping

Artikel ini membahas tentang manfaat fitur Instagram Shopping terhadap bisnis online-mu.

-- 

Instagram merupakan media sosial yang populer sejak 2010 silam. Media sosial yang satu ini memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Dilansir dari hootsuite.com, pengguna Instagram di Indonesia adalah sebanyak 78 juta pengguna

Pada awal Oktober 2020, Instagram resmi merilis fitur Instagram Shopping di Indonesia. Fitur ini memudahkan pengguna untuk berbelanja melalui foto atau video yang diunggah di Instagram. 

Fitur ini memiliki manfaat untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan, apa saja manfaat tersebut? Simak artikelnya ya!

1. Meningkatkan penjualan dan engagement

Dilansir dari socialsamosa.com, tujuan utama dari fitur Instagram Shopping adalah untuk meningkatkan penjualan dan engagement. Mengubah unggahan di Instagram menjadi shoppable post akan membantu mengubah niatan konsumen untuk membeli produk secara instan. Shoppable post juga memberikan informasi yang lengkap mengenai produk seperti harga, deskripsi produk, dan rekomendasi produk lain yang relevan.

Konsumen juga dapat diarahkan menuju website toko untuk melakukan pembelian. Kamu dapat mengubah followers menjadi customers dengan menggunakan Instagram Shopping. 

2. Memudahkan konsumen untuk membeli produk

Siapa saja tentu menyukai kemudahan, termasuk dalam berbelanja. Instagram Shopping, memudahkan konsumen untuk mencari dan menemukan produk. Dilansir dari hootsuite.com, sebanyak 81% orang menggunakan Instagram untuk mencari produk atau jasa. Dengan fitur ini, konsumen dapat membeli produk dengan cepat dan mudah hanya dengan beberapa kali klik tanpa meninggalkan Instagram.  

Menjadikan media sosial sebagai channel utama pembelian merupakan salah satu tren digital marketing tahun ini yang dapat kamu ikuti untuk memudahkan konsumen dan meningkatkan penjualan.  

memudahkan-membeli-produk

(Sumber: freepik.com)

3. Meningkatkan kunjungan website toko

Dengan menggunakan Instagram Shopping, kamu dapat mengarahkan konsumen untuk mengunjungi website toko untuk melakuakn pembelian dan melihat produk lainnya. Konsumen dapat mengunjungi website toko tanpa perlu meninggalkan Instagram. Dilansir dari lyfemarketing.com, dengan memiliki website, kamu dapat menjangkau lebih banyak konsumen, semakin banyak konsumen yang dijangkau maka semakin besar peluang meningkatkan penjualan.

Apabila kamu belum memiliki website untuk bisnismu, kamu dapat membuatnya sekarang agar penjualan lebih meningkat. Selain itu, bisnis yang memiliki website akan meningkatkan kepercayaan konsumen. 

 

Itulah beberapa manfaat fitur Instagram Shopping yang bisa kamu maksimalkan untuk meningkatkan penjualan. Sebanyak 200 juta pengguna Instagram mengunjungi setidaknya satu akun bisnis setiap harinya, selain itu melihat kepopuleran dan banyaknya fitur yang ditawarkan membuat Instagram menjadi media promosi sekaligus penjualan yang menguntungkan. 

Kamu juga dapat mempelajari cara berbisnis menggunakan Instagram dengan mengikuti kelas Sukses Bisnis Online Shop di Instagram dari Skill Academy.

 

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Profile

Devi Lianovanda

Satu individu dari 7,9 miliar manusia di bumi. Terimakasih sudah mampir baca tulisan ini :)

Beri Komentar