Latihan Soal PKN STAN 2021 dan Pembahasannya

Skill Academy Jun 6, 2021 • 9 min read


pkn stan

Kamu bisa menggunakan kumpulan latihan soal dan pembahasan di sini untuk persiapan mengikuti PKN STAN 2021

--

Hayo, siapa yang sudah menunggu-nunggu untuk bisa ikut tes PKN STAN tahun 2021 ini? Sudah seberapa jauh persiapanmu? Ingat, lho, seleksi tahun ini hanya menerima kuota sebanyak 275 saja. Jadi, kamu harus sungguh-sungguh kalau memang ingin masuk ke sana. Nah, sebagai bahan uji coba, silakan cek kemampuanmu lewat berbagai latihan soal ini ya!

latihan soal pkn stan

Tes Intelegensia Umum (TIU)

 

1) IKAN : INSANG : LAUT = … : … : …

A. Teh : Susu : Minuman
B. Anak-anak : Tua : Vitamin
C. Manusia : Paru-paru : Darat
D. Mobil : Bensin : Parkir
E. Kanak-kanak : Ibu : Ayah

 

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Jenis padanan merupakan hubungan “Makhluk, alat napas, habitat”, ikan bernapas dengan insang dan hidup di laut, sedangkan manusia bernapas dengan paru-paru dan hidup di darat.

 

latihan soal pkn stan

2. Jika 5a + 7 - 10 = 12 dan 6b + 12 - 4 = 38. Maka, a - b = …

A. 3
B. 5
C. 2
D. -2
E. 8

 

Jawaban: D

Pembahasan:

5a + 7 - 10 = 12

5a = 12 - 7 +10

5a = 15

A = 3

 

6b + 12 - 4 = 38

6b = 38 - 12 + 4

6b = 30

B = 5

 

Maka, a - b = 3 - 5

= -2

 

latihan soal pkn stan

3. Seperempat dari 2/5 adalah…

A. 1/10
B. 8/5
C. 13/5
D. 4/20
E. 8/20

 

 

Jawaban: A

Pembahasan:

¼ x ⅖ = 2/20

= 1/10

latihan soal pkn stan

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

 

4. Anda sudah bekerja dengan sangat baik. Semua tugas pekerjaan sudah Anda laksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan perusahaan. Namun, terkadang timbul sebuah permasalahan yang dalam aturan dan prosedur perusahaan belum dijelaskan. Maka, sikap Anda adalah…

A. Saya tetap menyelesaikan permasalahan sesuai dengan prosedur meskipun penyelesaiannya membutuhkan waktu yang lama dan akan mengganggu kinerja saya.

B. saya meminta pendapat dari rekan kerja yang lain agar dapat menemukan solusi terbaik.

C. Saya akan menyelesaikan masalah tersebut sesuai dengan misi dari perusahaan dan disesuaikan dengan kondisi yang ada agar masalah dapat segera terselesaikan.

D. Saya akan meminta pimpinan untuk mengkaji kembali prosedur dan aturan perusahaan.

E. Saya akan mencari penyelesaian yang sesuai dengan kondisi saya dan dapat saya kerjakan sesuai kemampuan saya dan tidak bertentangan dengan misi perusahaaan,

Baca juga: Latihan Soal dan Pembahasan Tes CPNS 2021

 

Pembahasan:

Soal tersebut bertujuan untuk mengetahui kemampuan Anda dalam bekerja mandiri, tuntas, dan bertanggungjawab dalam setiap tugas yang diberikan dan tidak menyimpang dari perusahaan dalam menyelesaikan setiap masalah.

latihan soal pkn stan

5. Anda bekerja sebagai staf di unit pengembangan sumber daya manusia. Kebetulan ada permasalahan yang belum bisa diselesaikan oleh unit Anda. Atasan meminta Anda untuk maju memimpin tim Anda untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Namun, saat Anda menangani permasalahan tersebut, strategi dan solusi yang Anda terapkan belum berjalan secara efektif. Maka, sikap Anda adalah…

A. Saya akan mengubah strategi dan solusi yang saya terapkan dan mencoba menerapkan solusi baru.

B. Saya meminta atasan untuk dapat memberikan waktu tambahan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

C. Saya akan memodifikasi kebijakan yang saya ambil dan berharap dengan memodifikasi akan memberikan perubahan.

D. Saya akan menyerah dan mengembalikan amanah tersebut ke atasan saya karena saya merasa telah gagal dalam menjalankan tugas tersebut.

E. Saya akan mendiskusikan kepada tim saya dalam mencari cara yang paling efektif dalam penyelesaian permasalahan tersebut.

 

 

Pembasahan:

Soal tersebut digunakan untuk mengetahui kemampuan Anda dalam menggunakan kreativitas dan inovasi dalam menghadapi setiap masalah yang timbul.

latihan soal pkn stan

6. Anda menyadari bahwa diri Anda memiliki kelemahan yakni pelupa. Seperti Anda lupa membawa dokumen penting dan Anda juga sedikit agak ceroboh sehingga Anda mendapati dokumen rusak bahkan hilang. Sedangkan Anda sering sekali mendapat tugas keluar kota. Sehingga Anda harus mampu mempersiapkan segala kebutuhan selama dinas di luar kota. Maka, sikap Anda dalam menghadapi situasi tersebut…

A. Saya akan menyiapkan segala kebutuhan dinas luar kota jauh-jauh hari untuk meminimalisasi tertinggalnya dokumen penting.

B. Saya akan selalu mempersiapkan dokumen dengan jumlah lebih dari satu salinan.

C. Saya akan selalu menyimpan dokumen saya ke dalam Google Drive agar dapat diakses kapanpun dan di manapun.

D. Saya akan menyimpan dokumen menggunakan penyimpan data eksternal.

E. Saya akan mempersiapkan semuanya seperti biasanya.

 

 

Pembahasan:

Soal ini menguji Anda dalam beradaptasi mengikuti perkembangan teknologi dalam menunjang kinerja kerja agar lebih efisien.

latihan soal pkn stan
Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

 

7. Perisitwa nahas ini terjadi saat Sumarijem yang baru berusia 18 tahun tengah menanti bus di pinggir jalan. Tiba-tiba ia diseret oleh sekelompok pria dan dibius. Selanjutnya, ia dibawa ke sebuah rumah di Klaten dan diperkosa secara bergilir hingga tak sadarkan diri. Saat melapor pada polisi, bukannya dibantu, Sum malah ditangkap atas tuduhan membuat laporan palsu. Ia mendapat masalah besar karena kasus ini melibatkan anak-anak pejabat sebagai tersangka. Bahkan, Jenderal Pur Hoegeng yang merupakan mantan Kapolri yang berusaha mengungkap kasus ini malah dipensiunkan. Banyak orang yang menduga pensiunnya Hoegeng adalah agar kasus ini segera ditutup. Kasus tersebut merupakan pelanggaran dari Undang-Undang Hak Asasi Manusia yakni…

A. UU No. 40 Tahun 1999
B. UU No. 38 Tahun 2000
C. UU No. 39 Tahun 1999
D. Uu No. 37 Tahun 1998
E. UU No. 36 Tahun 1997

 

 

Jawaban: C

Pembahasan:

UU No. 39 Tahun 1999 pasal 1

“Hak Asasi Manusia adalah sepertangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, pemertintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat mansuia.”

latihan soal pkn stan

8. Keberagaman di dalam masyarakat Indonesia membuat banyak aturan atau norma di dalamnya yang harus ditaati agar menciptakan kehidupan bermasyarakat yang harmonis. Ada macam-macam norma yang ada dalam tatanan masyarakat Indonesia yakni…

A. Norma Agama, Norma Hukum, dan Norma Masyarakat

B. Norma Kesopanan, Norma Masyarakat, dan Norma Agama

C. Norma Agama, Norma Hukum, dan Norma Kesopanan

D. Norma Hukum, Norma Kesopanan, dan Norma Pendidikan

E. Norma Susila, Norma Hukum, dan Norma Masyarakat

 

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Norma yang diakui di Indonesia adalah Norma Agama, Norma Hukum, Norma Susila, dan Norma Kesopanan.

latihan soal pkn stan

9. Rumusan dasar negara yang sempat dikemukakan oleh para tokoh kemerdekaan menjadi landasan dalam penyusunan UUD 1945 dan juga Pancasila. Terdapat sedikit perbedaan isi dari usulan dasar negara namun ada juga poin yang mirip di antara para tokoh (Ir. Sukarno, Moh. Yamin, dan Supomo). Manakah usulan dari ketiga tokoh tersebut yang memiliki kesamaan pandangan tentang dasar negara?

A Nasionalisme
B Keadilan Sosial
C Kesejahteraan Sosial
D Ketuhanan Yang Maha Esa
E Mufakat/Musyawarah

 

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Semua tokoh tersebut mengemukakan tentang mufakat atau musyawarah menjadi landasan dasar negara.


Bagaimana? Sudah terbayang, kan, bagaimana soal-soal yang akan keluar di PKN STAN 2021 nanti? Kalau kamu merasa soal-soal yang ada di sini masih kurang, ambil aja kelas Try Out PKN STAN di sini! Di sana, kamu akan mendapatkan total 100 soal lengkap dengan pembahasannya lho!

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Beri Komentar