Penting! 7 Keuntungan Memiliki Website Sendiri untuk Bisnis

keuntungan memiliki website sendiri untuk bisnis

Selain menggunakan marketplace sebagai media penjualan, adanya website bisnis juga memiliki beberapa keuntungan untuk kemajuan usaha kamu. 

Bisnis kecil maupun besar semakin gencar untuk go online karena kemudahannya yang dirasakan oleh pebisnis maupun konsumen, serta proses transaksi yang cepat dan praktis. Survei dari We Are Social pada April 2021 menunjukan angka 88,1% masyarakat Indonesia menggunakan layanan bisnis online (e-commerce) untuk belanja kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Survei dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019 menyatakan bahwa bisnis online (e-commerce) di Indonesia bergerak melalui marketplace, website, media sosial, dan platform pesan instan seperti WhatsApp.

keuntungan memiliki website sendiri untuk bisnis - bisnis online di indonesia

Survei tersebut menunjukkan data bahwa 65,14% bisnis online di Indonesia aktif berjualan di media sosial, sementara 25,72% melalui marketplace, dan 4,96% melalui website. 

Padahal, website bisnis kamu ibarat ‘rumah’ yang bisa dikunjungi para calon konsumen sebagai ‘tamu’, hanya dengan mencari di mesin pencarian. Sayang banget kalau bisnismu nggak memiliki website, apalagi di masa pandemi ini yang membatasi kontak dalam perdagangan secara langsung.

 

Memiliki website bisnis itu penting banget!

Di tahun 2021 ini, penting banget bagi pebisnis untuk memiliki website bisnis sendiri karena terdapat 7 keuntungan yang bisa kamu rasakan.

 

1. Menarik konsumen baru

Dengan memiliki website sendiri untuk bisnis, usaha kamu bekerja 24 jam setiap hari dan bisa diakses dimana saja. Tentunya berpotensi besar dalam menarik konsumen baru yang ingin tahu lebih dalam mengenai produk dan layanan bisnis yang kamu tawarkan.

 

Baca juga: Gampang kok, ini Tips Sukses Jualan Online yang Bisa Kamu Coba

 

2. Konsumen makin percaya dengan bisnismu

Keuntungan yang bisa kamu rasakan setelah memiliki website bisnis adalah dipercaya oleh konsumen maupun klien. 

Website bisnis menjadi daya tarik pertama bagi calon konsumen dan klien untuk melihat seberapa unggul produk atau layanan bisnismu. Jika bisnismu bergerak di bidang jasa, calon klien bisa melihat portofolio dan berbagai pihak yang telah bekerjasama sebagai pertimbangan untuk memanfaatkan profesionalitas bisnis kamu.

Selain itu, website bisnis juga dapat kamu manfaatkan sebagai ajang menunjukan sisi keunggulan dari deretan kompetitor, lho!

 

3. Informasi bisnis lebih terkontrol

Kalau bisnis kamu hanya mengandalkan media sosial sebagai platform bisnis, kamu cukup pusing untuk mengontrol informasi yang harus ada di sana. Selain informasi produk, kamu juga butuh eksplorasi berbagai konten kesukaan konsumen yang fun untuk meningkatkan engagement. 

Selain media sosial, penting juga lho buat kamu untuk memiliki website bisnis. Kamu bisa melengkapi berbagai informasi bisnis yang lebih terkontrol, seperti katalog produk, sejarah bisnis kamu, testimoni, bahkan bisa langsung bertransaksi di sana tanpa perlu menunggu balasan admin.

 

4. Ekonomis

Salah satu keuntungan memiliki website bisnis adalah biaya yang ekonomis.

Perlu kamu tahu nih, kalau membuat website bisnis itu nggak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Bahkan, bisa banget website bisnis kamu dibuat secara independen.

Ditambah lagi, memiliki website bisnis sendiri berfungsi juga sebagai iklan yang bisa diakses kapan saja di internet. Jadi, kamu nggak perlu lagi menggunakan iklan dengan biaya besar.

keuntungan memiliki website sendiri untuk bisnis - menarik konsumen baru

5. Menjangkau audiens lebih luas

Target audiens bisnis kamu mungkin sudah memiliki batasan yang bisa kamu sesuaikan untuk konten media sosial dan juga website bisnis. Walaupun sudah tersegmentasi, keuntungan memiliki website bisnis adalah bisa menjangkau audiens yang lebih luas, lho!

Misalnya nih, seorang konsumen laki-laki berusia 35 tahun masih bisa jadi visitor di website bisnis fashion kamu yang target audiensnya adalah perempuan berusia 18-30 tahun. Konsumen tersebut bisa mengunjungi website bisnis kamu bertujuan untuk mencari tahu pakaian yang cocok sebagai hadiah, bermula dari mencari di mesin pencarian.

 

6. Lebih dekat dengan konsumen lewat E-Mail Marketing

Uniknya memiliki website bisnis adalah bisa lebih dekat dengan konsumen dan bikin mereka jatuh cinta melalui pengiriman e-mail marketing.

Untuk mengirim e-mail marketing dengan konten yang relevan dan promo menarik, kamu akan mengumpulkan database berdasarkan pengunjung maupun mendaftarkan diri mengisi formulir berlangganan e-mail di website bisnis. 

Dikutip dari thebuilderhero.com, e-mail marketing memiliki kekuatan 40 kali lebih besar untuk menarik konsumen baru dibanding melalui media sosial. 

 

Ikuti kelas: Cara Cepat Dapatkan Omzet 50 Juta Pertama Hanya Modal Website

 

7. Mudah dicari di mesin pencarian

Memanfaatkan website sebagai media berbisnis pastinya berkaitan dengan SEO (Search engine optimization) yang mempermudah keunikan dan informasi lengkap seputar usaha kamu semakin mudah ditemukan di mesin pencarian.

Mesin pencarian Google memiliki fitur Google Bisnisku, pendaftarannya juga gratis. Fitur ini mempermudah konsumen untuk menemukan website bisnis, alamat toko offline (jika ada) yang terintegrasi ke Google Maps, kontak yang bisa dihubungi, sampai testimoni konsumen.

Saat konsumen sedang mencari produk atau layanan yang berkaitan dengan bisnis kamu di mesin pencarian, nama usaha kamu langsung muncul, dan mereka langsung mempertimbangkan untuk mengunjungi website bisnismu, deh!

 

Yuk, buat website bisnis kamu sendiri dengan cepat dan mudah! 

Memiliki website bisnis menjadi faktor penting yang bikin usaha kamu makin sukses dikenal dan dipercaya banyak orang di internet untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang kamu tawarkan. 

Nah, untuk membuat website bisnis itu mudah dan cepat. Kamu bisa mengembangkannya sendiri dengan menggunakan WordPress.

Supaya kamu semakin paham dalam mengembangkan website bisnis sendiri, daftarkan dirimu sekarang di kelas Jago WordPress dalam 2 Jam! Langsung Bisa Bikin Website Toko Online Sendiri hanya di Skill Academy. Bisa diakses kapan saja, materi pembelajaran bisa kamu putar ulang selamanya!

SKill Academy - CTA

Sumber: 

Wise Up Marketing. (2021). 5 Reasons You Need a Website in 2021. [daring]. https://www.wiseupmarketing.com.au/5-reasons-you-need-a-website-in-2021/

Matos, Manuel. (2021). Top 14 benefits of having a website in 2021. [daring]. 

https://www.thebuilderhero.com/web-development/top-14-benefits-of-having-a-website-in-2021/

Saita, Gregor. (2021). 2021 Small Business Website Statistics You Need to Know. [daring]. https://pixolabo.com/2021-small-business-website-statistics/

 Lidwina, Andrea. (2021). Penggunaan E-Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. [daring]. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia

 Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik E-Commerce 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Kusariani Adinda