Tertarik Kerja di Startup? Ini 5 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan

Devi Lianovanda Jul 19, 2021 • 5 min read


berkarier di startup

Artikel ini membahas 5 keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika bekerja di perusahaan startup.

--

Startup kayaknya bukan hal asing lagi ya buat kita semua. Apalagi semenjak drama asal Korea Selatan yang judulnya ‘Start-up’ bikin banyak orang jadi punya keinginan untuk kerja di startup. Atau malah membangun startup sendiri.

Sama seperti di drama tersebut, startup di Indonesia juga punya banyak peminat, lho. Terutama bagi fresh graduate

Apa itu perusahaan startup?

Startup adalah perusahaan rintisan yang belum lama beroperasi. Startup masih dalam proses pengembangan dan penelitian untuk produk, model bisnis, dan lainnya.

Dari data kominfo.com, pada awal 2020, jumlah startup di Indonesia mencapai 2.193. Angka yang besar, bukan? Selain kuantitas, kualitas startup di Indonesia juga keren banget. Terbukti dengan adanya startup unicorn seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan lainnya.

Perusahaan startup di Indonesia bergerak di berbagai industri. Mulai dari keuangan, pendidikan, kesehatan, dan lainnya. Misalnya, DANA, Ruangguru, Halodoc, Shopee, dan masih banyak lagi.

Ikuti kelas: Lean Startup: Mulai Bisnis Tanpa Takut Gagal

 

Keuntungan berkarier di perusahaan startup

1. Belajar dan berkembang

Perusahaan konvensional, biasanya sudah memiliki sistem dan manajemen yang stabil. Jadi, kamu cenderung mengikuti sistem yang ada.

Lain halnya dengan perusahaan startup yang masih dalam tahap pengembangan. Sangat mungkin untuk mencoba berbagai strategi, pembaruan sistem, dan manajemen. Karena itu, berkesempatan memberikan ide atau inovasi untuk perusahaan.

Kamu akan belajar menyampaikan ide, membuat inovasi baru, melakukan banyak riset, meningkatkan pemikiran analisis dan kritis. Soft skill dan hard skill yang kamu miliki akan semakin berkembang. Selain itu dengan perubahan yang terjadi, kamu jadi lebih adaptif di berbagai kondisi.

Baca juga: 5 Skill Penting yang Perlu Kamu Kuasai untuk Survive di Masa Depan

 

2. Bekerja di lingkungan yang menyenangkan

Kalau kita lihat, biasanya yang bekerja di perusahaan startup usianya nggak berbeda jauh dengan usia kita saat ini. Karena usia yang nggak terpaut jauh, lingkungan bekerja jadi lebih menyenangkan. Kamu seperti bekerja dengan teman-temanmu.

Jadi kamu bisa menyampaikan pendapat, bertanya, berkomunikasi, dan melakukan hal lain dengan lebih santai tapi tetap profesional. Santai di sini maksudnya jadi nggak terlalu kaku aja cara kerjanya. 

(Sumber: giphy.com)

Selain itu, biasanya desain perusahaan juga dibuat menyenangkan. Ada banyak warna, banyak snack, sudut-sudut untuk istirahat, beberapa game dan fasilitas lain untuk mengurangi stres saat bekerja.

 

3. Bebas berinovasi

Kalau kamu adalah orang yang suka berinovasi, punya banyak ide-ide kreatif dan suka mencoba hal-hal baru. Startup adalah tempat yang tepat untuk berkreasi sekaligus berkembang.

Startup sangat terbuka dengan inovasi. Karena dari inovasi-inovasi inilah lahir sistem kerja, manajemen, kebijakan perusahaan, dan produk-produk yang kualitasnya kian membaik.

Karena itu, sekarang banyak banget, kan, perusahaan dengan inovasi yang unik. Misalnya, pelatihan skill secara online, pesan antar makanan, konsultasi kesehatan online, dan lainnya.

4. Setiap kontribusi akan diapresiasi

Biasanya jumlah tim di perusahaan startup jauh lebih kecil. Karena itu, suara dan kontribusi dari setiap orang akan selalu terlihat, terdengar, dan mendapat apresiasi.

Seperti yang kita tahu, perusahaan startup masih dalam tahap berkembang. Jadi setiap ide, inovasi atau pekerjaan yang kamu lakukan dapat memberi dampak pada pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan.

Bekerja di tempat yang selalu memberi apresiasi, tentunya membuat kamu jadi lebih semangat untuk memberikan inovasi-inovasi menarik lainnya. 

5. Punya kepuasan kerja

Tanpa kamu sadari, kamu berkembang bersama dengan perusahaan. Kamu ada di setiap proses mulai dari perusahaan lahir, belajar merangkak, sampai akhirnya bisa berjalan dengan stabil. 

Dari sini, akan muncul kepuasan dan senang tersendiri. Pas lagi flashback, kamu bisa ingat peran dan ide apa saja yang sudah kamu berikan serta dampaknya.

Misalnya, karena ide yang kamu berikan, perusahaan bisa mencetak rekor penjualan tertinggi selama beberapa tahun. 

 

Kalau kamu seorang fresh graduate, berkarier di perusahaan startup bisa jadi pilihan. Kamu akan dapat banyak sekali hal menarik dan bermanfaat untuk kehidupan kariermu selanjutnya. Bahkan kamu juga bisa banget mulai membangun startup milikmu sendiri. Kesempatan untuk bekerja di startup juga cukup luas, ada banyak lowongan kerja dengan berbagai posisi. Mulai dari posisi magang, freelance, part time, sampai full time.

Oh iya, jangan lupa, sesuaikan skill yang kamu miliki dengan skill yang dibutuhkan. Kamu bisa belajar skill baru atau meningkatkan skill lama kamu dengan mengikuti kelas di Skill Academy. Kelasnya beragam, lho. Mulai dari soft skill, hard skill, persiapan tes dan kelas pengembangan diri lainnya. Yuk, upgrade kualitas diri menuju karier impian bersama Skill Academy!

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Referensi: 

Guatin, Anto. 2021. ‘10 Reasons Why You Should Join a Startup’ [daring]. Tautan: https://www.eu-startups.com/2021/01/why-you-should-join-a-startup/ (Diakses pada: 16 Juli 2021)

Mezgil, Bahadir.  2020. ‘The 5 Advantages of Working For a Startup Company’ [daring]. Tautan: https://codeburst.io/the-5-advantages-of-working-for-a-startup-company-4abca294fe4e (Diakses pada: 16 Juli 2021)

Indeed. 2021. ‘The Pros and Cons of Working For a Startup’ [daring]. Tautan: https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/working-for-a-startup-pros-and-cons (Diakses pada: 16 Juli 2021)

Profile

Devi Lianovanda

Satu individu dari 7,9 miliar manusia di bumi. Terimakasih sudah mampir baca tulisan ini :)

Beri Komentar