5 Kelebihan TikTok Sebagai Media Promosi untuk Bisnis Kamu

Devi Lianovanda Des 15, 2020 • 5 min read


SA_-_Manfaat_Tik-Tok_Sebagai_Media_Promosi-01

TikTok merupakan sebuah media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah video dengan durari 15-60 detik, biasanya video tersebut memiliki musik atau dialog. Berawal dari sebuah aplikasi untuk berbagi video, kini TikTok juga dapat digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. 

Dilansir dari hootsuite.com, TikTok telah diunduh sebanyak 1,65 miliar kali, diinstal sebanyak 738 juta kali pada tahun 2019, dan memiliki 800 juta pengguna aktif pada Oktober 2019. Data tersebut menunjukkan betapa populer dan berkembangnya TikTok. Kepopulerannya dapat menjadi peluang bagi sejumlah marketer atau pengusaha untuk memperkenalkan dan mempromosikan brandnya melalui TikTok. 

Lalu, apa saja kelebihan menggunakan TikTok sebagai media promosi? Simak penjelasannya di bawah ya!

1. Memiliki pengguna yang banyak

TikTok memiliki sebanyak 800 juta pengguna aktif. Rata-rata pengguna TikTok membuka aplikasi ini sebanyak 8 kali dalam sehari. Hal ini menunjukkan bahwa TikTok termasuk sosial media yang sering dibuka. Mempromosikan produk di TikTok memungkinkan video Kamu untuk terlihat oleh banyak pengguna dan berpotensi menarik minat beli konsumen.

pexels-photo-5081926

(Sumber: pexels.com)

2. Fitur TikTok mudah digunakan

Tidak semua orang memiliki keterampilan mengedit video, TikTok memudahkan penggunanya dengan menyediakan beberapa tools seperti, start dan stop record, timer, dan lainnya. Tak hanya itu, TikTok juga memiliki berbagai macam filter visual, efek waktu, green screen, transisi, stiker, teks, emoji, GIF, dan masih banyak lagi. Kamu juga bebas menambahkan background music atau voice over untuk video Kamu. Tersedia juga fitur live seperti sosial media lainnya. 

happy-friendly-gorgeous-female-assistant-smiling-broadly-holding-digital-tablet-posing-joyfully-satisfied-how-easy-draw-using-gadget_176420-14943

(Sumber: freepik.com)

3. Populer di kalangan remaja

Apabila target market dari produk yang Anda jual adalah usia remaja, maka Kamu juga perlu melakukan promosi di TikTok. Dilansir dari sindonews.com (02/20), Donny Eryastha, Head of Public Policy TikTok Indonesia menjelaskan bahwa pengguna TikTok di Indonesia didominasi oleh generasi Y dan Z dengan rentang usia 14-24 tahun. Selain itu, generasi milenial juga merupakan generasi yang lebih konsumtif dan cenderung impulsif, karena inilah TikTok merupakan media promosi yang sesuai untuk menjangkau target pasar Anda. 

3o7aTHbH39h8xYePza(Sumber: giphy.com)

4. Hashtag untuk discover feed

TikTok memiliki fitur hashtag (#) yang memudahkan pengguna untuk menemukan konten yang diinginkan. Kamu dapat memanfaatkan fitur ini dengan memberi hashtag yang sesuai dengan tema, mudah diingat, dan relevan dengan produk Kamu. Tambahkan #fyp agar konten Kamu muncul pada halaman pengguna lain. Biasanya, apabila konten Kamu berhasil masuk FYP, maka Kamu akan memperoleh banyak like, komen dan share. 

Anda juga dapat membuat challenge baru di TikTok seperti mempromosikan jingle produk atau dance cover untuk mempromosikan produk Anda. Beberapa artis internasional pernah melakukan ini seperti Zico, Kang Daniel, dan Justin Bieber.

smile-woman-holding-hashtag-sign_23-2148385882 (1)

(Sumber: freepik.com)

5. TikTok Ads

TikTok juga memiliki platform ads yang bisa Kamu gunakan untuk memaksimalkan jangkauan konten yang Kamu buat. Membuat TikTok ads tidak sulit, Kamu bisa menuju laman TikTok, kemudian mengisi beberapa data yang diminta. Setelahnya Kamu bisa menentukan tujuan pembuatan iklan, mengatur target dan anggaran, mengunggah video atau foto, menambahkan Call To Action (CTA) iklan, dan selesai. CTA ini bisa mengarahkan pengguna menuju website, melakukan penginstalan aplikasi, atau lainnya sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. 

smartphone-5064085_640

(Sumber: pixabay.com)

TikTok sedang naik daun saat ini, merupakan peluang bagi Kamu untuk mempromosikan produk atau jasa. Namun hal penting lain yang perlu Kamu perhatikan adalah membuat konten yang menarik, menyenangkan, dan membuat pengguna lain mau menonton konten Anda hingga selesai, memberi reaksi berupa like atau komen, serta melakukan aksi seperti mengunjungi website atau menginstal aplikasi. 

Apabila Anda ingin mempelajari cara membuat konten marketing yang baik, Anda dapat mengikuti kelas dari Skill Academy. Terdapat banyak pilihan kelas yang membahas konten marketing diantaranya adalah, Strategi Konten Marketing untuk Aplikasi Mobile, Kuasai Dasar Konten Marketing dan Digital Marketing, dan Memikat Followers di Sosial Media dengan Konten Kreatif

 

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya! Selamat belajar!

   #MudahUpgradeSkill di Skill Academy!

Beri Komentar