Manfaat Google Bisnisku (Google My Business) untuk Usaha Anda

Devi Lianovanda Des 23, 2020 • 4 min read


SA_-_Manfaat_Google_My_Business_untuk_Kembangkan_Bisnis-01

Pernahkah Kamu mencari nama suatu bisnis atau organisasi di mesin pencarian Google? Ketika Kamu memasukkan keyword bisnis yang ingin Kamu cari, maka Google akan menampilkan informasi mengenai bisnis tersebut. Ini merupakan fitur dari Google My Business untuk memudahkan konsumen menemukan informasi seputar bisnis Kamu seperti jam operasional, lokasi, nama tempat, foto tempat, review pelanggan, alamat email, website, hingga nomor telepon perusahaan. 

Google My Business adalah tools gratis dan mudah digunakan dari Google yang memudahkan pebisnis dan organisasi untuk mengelola informasi mereka di Google, termasuk maps. Apakah Kamu memiliki bisnis atau usaha sendiri? Jika iya, maka Kamu perlu menyimak informasi mengenai manfaat Google My Business di bawah ini untuk mengembangkan bisnis mu!

     1. Memudahkan konsumen mendapat informasi bisnis Kamu

Dengan menggunakan Google My Business, Kamu membantu konsumen untuk lebih mudah menemukan bisnismu. Dilansir dari forbes.com, sebanyak 82% pengguna smartphone melakukan riset online sebelum melakukan pembelian. Karena itu, Kamu harus memberikan informasi yang jelas dan mampu menarik konsumen untuk melakukan aktivitas pembelian. Tak hanya itu, dengan mendaftarkan bisnis di Google My Business, maka bisnismu akan secara otomatis muncul di Google Maps, tentu akan semakin memudahkan konsumen menemukan store mu. 

(Sumber: giphy.com)

     2. Terdapat fitur analisis pelanggan

Kamu dapat melakukan analisis pelanggan dengan menggunakan fitur Analytics. Analisis yang diberikan Google My Business akan membantu Kamu untuk melihat performa bisnismu dibandingkan bisnis yang lain, jumlah pelanggan yang melakukan pencarian dan menemukan bisnis, serta interaksi pelanggan dengan bisnis Kamu. Fitur ini juga akan memberi informasi mengenai bagaimana konsumen menemukan bisnismu, sehingga Kamu bisa memberikan kata kunci pencarian yang lebih sesuai agar bisnismu lebih mudah ditemukan.

(Sumber: freepik.com)

     3. Berkomunikasi dengan konsumen

Google My Business dapat menampilkan review konsumen yang pernah menggunakan produk atau jasa bisnis mu. Kamu dapat membaca dan memberi respon untuk review yang diberikan konsumen. Selain itu Kamu dan konsumen juga dapat mengunggah foto mengenai aktivitas atau foto perusahaan di Google My Business. Penelitian yang dilakukan oleh The ROBO Economy menjelaskan bahwa sebanyak 45% konsumen akan melihat review sebelum melakukan pembelian. Apabila Kamu memberikan kualitas pelayanan dan produk yang baik, maka konsumen akan memberikan review yang baik dan membuat konsumen lain tertarik untuk mengunjungi bisnis mu. 

(Sumber: pexels.com)

Google My Business gratis dan mudah untuk digunakan. Cara mendaftarkan bisnis Kamu di Google My Business juga tidak sulit. Kamu harus menuju laman Google My Business terlebih dahulu, kemudian mendaftarkan bisnis mu di laman tersebut. Kamu hanya perlu mengisi informasi seperti nama bisnis, kategori bisnis, lokasi, dan informasi lainnya yang ingin Kamu tambahkan. 

Itulah beberapa manfaat Google My Business untuk membantu mengembangkan bisnismu terutama bisnis yang baru Kamu rintis. Selain itu, Kamu juga dapat menemukan insight lain untuk mengembangkan bisnis mu denganmengikuti kelas dari Skill Academy, kamu bisa memilih kelas dengan kategori Bisnis & Keuangan dan kategori Pemasaran. Skill Academy memiliki berbagai pilihan kelas yang dapat membantu mengambangkan bisnis dan keterampilan Kamu. 

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya! Selamat belajar!

   #MudahUpgradeSkill di Skill Academy!

Beri Komentar