Kembangkan 5 Interpersonal Skill Ini untuk Sukseskan Bisnismu!

Devi Lianovanda Jan 18, 2021 • 4 min read


SA_-_Interpersonal_Skill_yang_wajib_dimiliki_pebisnis_1-01

Sebagai seorang pebisnis, tentunya kamu harus melakukan komunikasi dan interaksi dengan banyak orang. Agar komunikasi dan interaksi berjalan lancar, kamu harus punya interpersonal skill yang baik. Dilansir dari investopedia.com, keterampilan interpersonal mempengaruhi budaya bisnis, kinerja, dan kesuksesan bisnis.

Keterampilan ini punya karakteristik yang penting bagi bisnis seperti, fleksibilitas, toleransi, empati, kolaborasi dan suka menolong. Jika kamu ingin bisnismu berkembang dan sukses, yuk simak beberapa interpersonal skill yang harus kamu kembangin di bawah ini!

1. Komunikasi

Komunikasi merupakan kunci dalam berinteraksi dengan orang lain baik individu maupun kelompok. Kemampuan komunikasi ini termasuk komunikasi verbal seperti lisan atau tulisan, komunikasi non verbal seperti bahasa tubuh dan ekspresi wajah

Komunikasi yang dilakukan secara dua arah akan menyebabkan adanya pertukaran antara komunikator menjadi komunikan dan sebaliknya. Untuk itu, selain kemampuan berbicara yang baik, kamu juga harus memiliki kemampuan mendengarkan yang baik juga agar komunikasi berjalan secara efektif. 


(Sumber: freepik.com)

2. Kecerdasan emosional

Dalam buku Daniel Goleman yang berjudul Emotional Intelligence, tertulis bahwa kecerdasan emosional menyumbang 67% dalam keberhasilan seseorang. Kecerdasan emosional ini meliputi mengenali, memahami, mengendalikan, dan mengekspresikan emosi. Kecerdasan emosional penting dalam dunia kerja dan juga bisnis

Kecerdasan emosional diperlukan untuk dapat mengelola serta memahami emosi diri sendiri dan juga seluruh pihak yang terlibat dalam bisnis.  Dengan kecerdasan emosional yang baik, kamu dapat membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan klien, pelanggan, tim, dan pihak lainnya. 

(Sumber: pexels.com)

3. Negosiasi 

Negosiasi perlu dilakukan untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan pihak-pihak yang terlibat. Seorang pebisnis pasti akan melakukan negosiasi dengan banyak pihak seperti supplier, partner bisnis, klien dan lainnya. Dilansir dari entrepreneur.com, semakin baik kemampuan negosiasi yang kamu miliki, maka akan semakin baik juga bisnismu. Negosiasi bukan sekedar penggunaan kata yang tepat, melainkan juga pemilihan waktu, pengetahuan berdasarkan fakta dan data, serta rasa percaya diri ketika negosiasi sedang berlangsung.

 

(Sumber: giphy.com)

4. Mediasi dan meredakan masalah

Dalam menjalankan bisnis tentu akan mengalami beberapa masalah dengan pelanggan, konflik internal, kesalahpahaman, dan lainnya. Seorang pebisnis harus mampu memberikan mediasi dan meredakan masalah yang sedang terjadi. Mediasi berarti menyelesaikan masalah secara damai dengan melibatkan pihak ketiga yang netral.

Misalnya terdapat masalah internal antar karyawan, maka kamu perlu mempertemukan keduanya untuk menyelesaikan masalah dari dua sudut pandang dan kamu sebagai pihak ketiga yang tidak memihak salah satu, hanya berniat menyelesaikan masalah. 

(Sumber: freepik.com)

5. Mengambil keputusan

Kita selalu dihadapkan dengan berbagai pilihan setiap harinya, termasuk dalam menjalankan bisnis. Dalam bisnis, keputusan yang diambil akan memengaruhi keseluruhan bisnis yang sedang kamu jalankan. Oleh karena itu, harus dilakukan secara hati-hati dan penuh pertimbangan. Beberapa proses pengambilan keputusan di antaranya adalah mengidentifikasi masalah, menyiapkan beberapa solusi, menimbang pro dan kontra dari setiap solusi, pilih satu yang memberi dampak negatif paling sedikit

(Sumber: pixabay.com)

Itulah beberapa interpersonal skill yang wajib kamu miliki sebagai seorang pebisnis. Keterampilan ini akan membantu kamu membangun dan memelihara hubungan baik dengan tim dan seluruh pihak yang terlibat dengan bisnis yang sedang kamu jalani. 

Kamu dapat meningkatkan beberapa keterampilan di atas dengan mengikuti kelas pelatihan dari Skill Academy. Terdapat kelas meningkatkan komunikasi, negosiasi, kecerdasan emosional, dan kelas lainnya

 

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya!

   #MUDAHUPGRADESKILL DI SKILL ACADEMY!

Beri Komentar