Masih Gagal? Ini Tips Agar Lolos Daftar Kartu Prakerja

Gulman Azkiya Agu 27, 2021 • 3 min read


tips-lolos-daftar-kartu-prakerja-dengan-mudah

Artikel ini membahas mengenai tips agar lolos daftar kartu prakerja!

--

Apakah kamu bingung karena selalu gagal ketika melakukan pendaftaran kartu prakerja? atau merasa kesal karena tak kunjung bisa melakukan pendaftaran. Tenang guys, mungkin ada beberapa faktor yang terlupakan oleh kalian. Oleh karena itu, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, pada artikel ini kita akan membagikan tips dan trik agar lolos daftar Kartu Prakerja.

1. Perhatikan persyaratan

Beberapa orang sering kali melewatkan hal penting seperti syarat pendaftaran. Padahal sesuai ketentuan yang ada pada Kartu Prakerja, tidak semua orang yang dapat mendaftar sebagai peserta. Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan dan hal tersebut sangat menentukan keberhasilan kamu saat melakukan pendaftaran.  

Baca juga: Ini Syarat untuk Mendaftar Kartu Prakerja

2. Sediakan waktu luang

Saat melakukan pendaftaran kartu prakerja sangat disarankan agar kamu sedang tidak ada kesibukan lain. Cobalah untuk sediakan waktu paling kurang 1 jam untuk mempersiapkan dokumen dan syarat pendaftaran seperti KTP dan KK. Lengkapi semua dokumen yang dibutuhkan agar kamu tidak kesulitan saat mendaftar. Hal ini karena proses pendaftaran kartu prakerja membutuhkan waktu cukup lama.

3. Pilih waktu yang tepat

Cobalah hindari waktu-waktu jam luang seperti siang hari atau weekend (hari libur). Tak ada salahnya mencoba mendaftar waktu jam sibuk. Kalau kamu ingin benar-benar mendaftar tanpa gangguan kamu bisa juga mencoba pada waktu malam hari atau tepat tengah malam. Cara ini dilakukan untuk menghindari ramainya pengunjung website. Selain itu, kamu jangan cemas karena akses ke web prakerja.go.id dapat dilakukan selama 24 jam.

4. Isi data diri dengan benar

Pada saat melakukan pendaftaran, isi lah data dirimu dengan benar. Sesuaikan dengan KTP dan juga KK. Misalnya, nama lengkap, tempat/tanggal lahir, dan alamat. Data diri yang diisi dengan benar juga merupakan faktor keberhasilan mendaftar Kartu Prakerja. 

5. Gunakan email sesuai dengan nama kamu

Tak jarang orang memiliki alamat email dengan nama yang aneh. Cobalah menggunakan alamat email yang profesional dengan nama alamat email yang sesuai dengan nama kamu. Hal ini tentu akan memudahkan kamu untuk melakukan pendaftaran nantinya.

6. Cek koneksi internet

Cobalah pastikan koneksi internet kamu lancar. Karena proses pendaftaran memiliki beberapa tahap mulai dari pembuatan akun, verifikasi email, pengisian data diri, hingga tes motivasi dan kemampuan dasar. Jika koneksi internet kamu bermasalah kamu akan kesulian nantinya.

Ikuti kelas: Membuat dan Memasarkan Konten Kreatif Digital untuk Menjadi Content Creator

7. Pastikan kondisi tubuhmu sedang fit

Kondisi tubuhmu haruslah sedang sehat dan fit karena akan membuat kamu dengan mudah untuk melakukan pendaftaran dan tes kemampuan.

Jika kamu sedang tidak fit, cobalah di lain hari. Kondisi yang sedang tidak sehat akan membuat kamu sulit konsentrasi dan kewalahan.

 

Itulah tips agar lolos daftar kartu prakerja. Selamat, kamu dapat memilih pelatihan online dan kelas yang sesuai dengan minat kamu. Selain itu, bagi kamu yang ingin mempersiapkan diri untuk memasuki industri  kerja, langsung saja menuju Skill Academy. Karena kini tersedia Kelas Sukses Kerja, yang menyediakan kelas-kelas dengan materi lebih spesifik dan mendalam. 

Kelas Sukses Kerja Skill Academy

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Masih dalam tahapan mempelajari SEO dan Digital Marketing

Beri Komentar