5 Tren Digital Marketing 2021 untuk Bisnis yang Wajib Kamu Tahu

Devi Lianovanda Jan 5, 2021 • 4 min read


SA_-_Trend_Digital_Marketing_2021-01

Perkembangan teknologi memengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan, termasuk dalam dunia pemasaran. Covid-19 menyebabkan pembatasan kegiatan yang melibatkan banyak orang, hal ini membuat kegiatan pemasaran yang biasanya konvensional beralih ke digital agar bisnis dapat tetap bertahan.

Tren digital marketing tentu mengalami perubahan dari waktu ke waktu, apa saja yang menjadi tren digital marketing pada tahun 2021? Temukan jawabannya di bawah ini!

1. Voice Search

Dilansir dari techlearn.com, pada tahun 2021, 70% penelusuran melalui search engine akan menggunakan pencarian suara. Untuk itu kamu perlu mengoptimalkan konten penelusuran suara dan teks, karena semakin banyak pengguna smartphone yang melakukan pencarian dengan menggunakan suara daripada mengetik. Meskipun voice search telah menjadi pilihan, namun perlu beberapa perbaikan karena terkadang keyword yang terinput kurang akurat. 

(Sumber: freepik.com)

2. Video Marketing

Pada tahun ini, video marketing merupakan salah satu tren digital marketing. Dilansir dari techlearn.com, sebanyak 60% konsumen mengatakan mereka akan menonton video sebelum melakukan pembelian barang untuk mendapatkan gambaran mengenai produk yang akan dibeli. Karena itu, kamu dapat mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan dengan membuat video marketing yang dapat membantu konsumen mendapatkan gambaran produk atau jasa yang kamu tawarkan. Buat video marketing yang menarik dan bernilai. 

(Sumber: giphy.com)

3. Artificial Intelligence Marketing

Perkembangan teknologi komunikasi selalu memberikan kemudahan dalam berbagai aktivitas, termasuk dalam dunia marketing. Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dapat membantu seluruh kegiatan bisnis atau pemasaran. AI akan membantu untuk meningkatkan alur komunikasi, menganalisis data, melacak penjualan, dan memproyeksikan perilaku konsumen. Salah satu contohnya adalah chatbot, yang dapat membantu berkomunikasi dengan konsumen karena chatbot akan menjawab pertanyaan atau informasi yang diperlukan dengan memberikan kata kunci yang sesuai. 

(Sumber: freepik.com)

4. Interactive Content

Dalam dunia pemasaran, konten memiliki peran penting untuk meningkatkan brand awareness dan juga meningkatkan penjualan. Interactive content bertujuan untuk mengajak konsumen untuk berinteraksi dengan brand kamu, hal ini tentu dapat meningkatkan engagement. Contoh interactive content adalah kuis, polling, Augmented Reality (AR)/Virtual Reality (VR), shoppable post, dan video 360 derajat.

Kamu dapat mempelajari cara membuat konten marketing dengan mengikuti kelas Kuasai Dasar Konten Marketing dan Digital Marketing dari Skill Academy. 

 

5. Media sosial sebagai media penjualan

Tren digital marketing berikutnya adalah menggunakan media sosial sebagai sarana penjualan. Dilansir dari forbes.com, media sosial akan menjadi channel teratas untuk melakukan pembelian, bukan hanya untuk menemukan informasi. Tren ini memudahkan konsumen untuk beralih dari penemuan ke pembelian tanpa harus meninggalkan platform, jadi kamu dapat membuat jalur pembelian yang sederhana. 

(Sumber: pexels.com)

Itulah beberapa prediksi digital marketing yang akan menjadi tren pada tahun 2021. Kamu perlu mengikuti tren pemasaran yang ada agar bisnismu dapat bertahan di tengah persaingan dan terus berkembang. Kamu dapat mengembangkan bisnis dengan menambah insight dengan beragam pilihan kelas dari Skill Academy.

Untuk informasi lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya!

   #MudahUpgradeSkill di Skill Academy!

Beri Komentar