5 Bisnis Sampingan yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah Online

Devi Lianovanda Jan 15, 2021 • 6 min read


SA_-_Ide_bisnis_sampingan_sambil_kuliah_online_3-01

Sejak Maret 2020, pemerintah Indonesia telah menetapkan bahwa kegiatan sekolah dan kuliah dilakukan secara daring. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Saat jeda kuliah offline biasanya waktumu habis untuk ngobrol, jalan-jalan atau tidur, kini jeda kuliah online bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan cuan. Yup, kamu bisa menjalankan bisnis sampingan sambil kuliah online, lho

Dilansir dari weforum.org, sebanyak 35,5% pemuda Indonesia ingin jadi pengusaha. Kamu mau jadi salah satunya? Berikut beberapa ide bisnis yang mungkin cocok untukmu:

1. Jadi reseller

Dengan menjadi reseller, kamu bisa menjalankan bisnis tanpa perlu modal yang besar. Kamu bisa membeli produk sesuai dengan jumlah uang yang kamu miliki saat ini. Sebelum memulainya, pastikan kamu melakukan beberapa persiapan seperti riset tren produk, target pasar, pilih supplier terpercaya, menentukan platform jualan yang akan digunakan, dan juga media promosi

Karena kamu berjualan dan melakukan promosi secara online, bisnis ini dapat kamu jalani dengan fleksibel dan tidak mengganggu waktu kuliahmu. 

(Sumber: freepik.com)

2. Jual camilan atau dessert box

Kalau kamu gemar dan pandai memasak, kamu bisa coba berjualan camilan atau dessert box. Agar tidak mengganggu waktu kuliah, kamu bisa menggunakan sistem pre-order. Dengan sistem ini, selain tidak ada jualan yang tersisa, kamu juga bisa menyesuaikan waktu pembuatan dan pengantaran saat kamu libur kuliah. Jangan lupa untuk rutin melakukan promosi agar banyak yang mengikuti pre-order jualan kamu.  

(Sumber: pixabay.com)

3. Jadi Freelancer

Menjadi Freelancer, kamu bisa bekerja secara fleksibel, independen, dan dapat dilakukan dari mana saja. Pekerjaan ini memiliki daya tarik bagi banyak orang, dilansir dari data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2019, dari 129,36 juta pekerja di Indonesia, sebanyak 5,89 jutanya adalah Freelancer. Jika kamu punya hobi menulis, fotografi, data entry, dubbing, dan lainnya, kamu bisa memanfaatkan hobi tersebut untuk menghasilkan uang jajan tambahan. Saat ini menjadi Freelancer bisa lebih mudah karena terdapat website untuk melamar menjadi Freelancer dengan berbagai pilihan jenis pekerjaan. 

(Sumber: giphy.com)

4. Jasa desain

Ide yang satu ini cocok denganmu yang memiliki kemampuan desain grafis. Kamu dapat memanfaatkan keahlian tersebut dengan membuka jasa desain seperti, desain logo, interior rumah atau kantor, website, dan kemasan. Jangan lupa untuk membuat sosial media khusus untuk memajang hasil karyamu sebagai portofolio, kamu juga bisa meminta dan mengunggah testimoni dari klien yang pernah menggunakan jasamu. 

(Sumber: pexels.com)

5. Bisnis thrift shop

Bisnis yang satu ini kembali menjadi tren di kalangan anak muda, Riri Rengganis, Vice Executive Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) menjelaskan, bisnis ini menjadi tren karena dinilai seru, harga beli murah, kualitas produk bagus, dan adanya kesadaran bahwa pakaian bekas merupakan sumber limbah yang besar di dunia.

Agar tidak mengganggu waktu kuliah, kamu dapat memanfaatkan waktu libur untuk berburu produk jualan, menyiapkan konten promosi untuk seminggu dan menjadwalkan unggah konten. Tidak perlu membuka toko fisik, kamu bisa berjualan secara online melalui media sosial atau e-commerce

(Sumber: freepik.com)

Itulah beberapa ide bisnis yang dapat kamu jadikan peluang menghasilkan uang jajan tambahan sembari kuliah online. Kamu bisa mendapatkan insight lebih banyak mengenai bisnis, konten promosi, dan pemasaran dengan mengikuti kelas dari Skill Academy. Terdapat banyak pilihan kelas sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. 

 

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya!

   #MUDAHUPGRADESKILL DI SKILL ACADEMY!

Beri Komentar