10 Hobi Menyenangkan yang Bisa Menghasilkan Uang

Devi Lianovanda Sep 16, 2021 • 8 min read


hobi yang bisa menghasilkan uang

Artikel ini membahas 10 hobi menyenangkan yang bisa menghasilkan uang. Apakah hobimu masuk di dalamnya? Yuk, cari tahu!

Biasanya, kita punya satu kegiatan yang ketika dilakukan bisa bikin senang, mengurangi penat, stres, dan rasa lelah. Tiap orang punya hobi yang beda-beda tentunya. Ada yang hobi menyanyi, masak, traveling, makan, dan lainnya.

Selain bisa bikin kita jadi senang, ternyata beberapa hobi juga bisa menghasilkan uang, lho. Kedengaran menyenangkan, ya, bisa mendapatkan uang dari hal-hal yang kita suka. Nah, hobi apa aja, sih yang bisa menghasilkan uang? Yuk, cari tahu, ada nggak hobi kamu?

 

1. Memasak

Suka eksperimen resep-resep baru atau masak-masak keren ala masterchef? Hobi memasak ini bisa menghasilkan uang kalau diseriusin, lho. Terlebih selama di rumah aja, sadar nggak sadar jadi lebih sering ngemil. Bingung mau ngapain, buka kulkas cari camilan atau masak. Nah, kalau masakanmu enak, berpeluang banget untuk dijual.

Misalnya, kamu suka bikin makanan manis seperti dessert atau kue basah. Kamu bisa jualan dessert box atau camilan manis lainnya. Atau kalau jago masak makanan berat juga bisa buka warteg atau usaha catering. Kalau kamu adalah pekerja penuh waktu, kamu bisa pakai sistem pre order (PO) dengan jadwal pengantaran di weekend.

Untuk langkah awal promosi, kamu bisa bagi-bagi tester makanan ke tetangga, saudara, atau teman untuk di-review di sosial media mereka.

 

2. Memelihara ikan hias

Kamu suka pelihara atau beli ikan hias? Hobi yang ini juga bisa menghasilkan uang, lho. Kamu bisa jadi reseller ikan hias atau budidaya ikan sendiri lalu dijual. Saat ini, ada banyak bisnis ikan hias yang jualan melalui sosial media atau e-commerce. Bahkan sekarang juga bisa melayani pengiriman ikan hias sampai luar kota.

Kalau kamu punya rencana untuk budidaya dan memulai bisnis ikan hias khususnya ikan cupang, kamu bisa belajar caranya dengan ikut kelas Raup Untung Lewat Bisnis Budidaya Ikan Cupang. Di kelas ini, kamu akan belajar bersama instruktur yang kompeten dan berpengalaman. Kamu akan belajar mulai dari pengenalan, cara budidaya sampai memasarkan ikan hasil panen.

 

3. Fotografi

Memotret momen dan hal-hal menarik lewat lensa kamera tentu jadi hal yang menyenangkan bagi mereka yang punya hobi fotografi. Hobi ini juga bisa kamu jadikan sebagai sumber penghasilan tambahan. 

Kamu bisa menjadi freelancer fotografer untuk berbagai event. Misalnya, pernikahan, ulang tahun, dan proses kelahiran. Selain itu, kamu juga bisa ikut kompetisi fotografi atau menjual fotomu secara online misalnya ke Shutterstock, iStockphoto, dan website lainnya.

Berawal dari hobi, tapi kamu pasti belajar sedikit demi sedikit tentang fotografi agar hasil fotomu sesuai dengan keinginanmu. Nah, lama-kelamaan hobi ini bisa jadi skill berharga yang bisa menghasilkan uang.

 

4. Nail art

Melukis punya media yang sangat beragam. Bisa di kanvas, di tembok, kertas, kayu, dan juga kuku. Benar, kuku juga bisa dilukis. Nama kegiatannya adalah nail art.

Nggak hanya makeup, kuku yang indah juga menjadi tren kecantikan. Nggak heran kalau sekarang banyak orang yang gemar menghias kuku mereka, baik untuk acara penting maupun kegiatan sehari-hari.

Tren ini bisa jadi peluang untuk kamu yang punya hobi menghias atau melukis di atas kuku. Karena nggak semua orang bisa dan punya alatnya. Nah, ini bisa jadi bisnis yang menghasilkan uang. Nggak harus buru-buru punya salon nail art sendiri. Bisnis ini bisa kamu mulai dari rumah juga kok.

Namun, jika hobi dan bisnis tentu berbeda. Ketika hobi menjadi bisnis, kamu harus belajar untuk terus meningkatkan kualitas, pelayanan, desain, dan teknik lainnya. Nah, kamu bisa belajar tentang nail art ini dengan mengikuti kelas Bisnis Menghias Kuku (Nail Art) Menggunakan Gel Polish untuk Pemula. Di kelas ini, kamu akan belajar dengan instruktur yang kompeten dan berpengalaman.

 

5. Makeup

Makeup alias dandan biasanya jadi hal paling menyenangkan dan sering dilakukan oleh kaum hawa. Mau jalan-jalan, makeup. Mau berangkat kerja, makeup. Bahkan, nggak jarang di rumah aja juga makeup karena itu bisa bikin senang.

Skill makeup nggak dimiliki semua orang. Nggak semua orang jago bikin alis atau membuat kontur yang bisa bikin wajah jadi tirus atau hidung jadi lebih mancung. Nah, hobi dan skill ini bisa kamu manfaatkan agar bisa jadi tambahan penghasilan.

Bisa dengan berbagi tutorial makeup di sosial media atau di blog, bisa juga dengan menjadi seorang makeup artist (MUA). Sekarang jasa MUA sudah banyak digunakan untuk berbagai acara. Misalnya wisuda, pernikahan, lamaran, photoshoot, dan lainnya.

 

6. Menata Rambut (Hairdresser)

Rambut adalah mahkota semua orang, baik pria atau wanita. Dan rambut akan selalu bertumbuh. Butuh dirawat dan dirapikan. Tapi lagi-lagi nggak semua orang bisa dan sempat untuk merawat dan merapikan rambutnya sendiri.

Karena itu, ini bisa jadi peluang buat kamu yang punya hobi menata rambut. Terlebih, rambut jadi salah satu tren kecantikan yang akan selalu berkembang. Model rambut tertentu dipercaya bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Kalau kamu punya hobi menata rambut, kamu bisa membuka salon rambut rumahan, atau menjadi freelancer. Karena hairdresser ini nggak terbatas hanya di salon-salon saja, tapi juga di industri hiburan dan mode.

Kamu bisa belajar tentang dasar-dasar tentang pelayanan rambut mulai dari menggunting, penataan, pewarnaan, dan perawatan rambut. Tentunya dengan instruktur yang kompeten dan berpengalaman. Yuk cek kelas Kuasai Teknik Dasar untuk Menjadi Penata Rambut (Hairdresser) dari Skill Academy!

 

7. Menulis

Kalau hobi yang ini sepertinya sudah banyak yang tahu kalau bisa menghasilkan uang. Bisa dengan mengelola blog pribadi dan memonetisasi kontennya. Misalnya, menulis tentang hobi, kegiatan traveling, review produk, fashion, atau hal lain yang kamu sukai. 

Selain itu, menulis juga bisa dijadikan sebagai pekerjaan profesional. Baik sebagai pekerja penuh waktu atau freelancer. Atau kamu juga bisa ikut kompetisi menulis. 

Agar lebih maksimal, kamu bisa belajar lebih dalam tentang kepenulisan dan cara agar traffic tulisanmu bisa naik, meningkatkan jumlah pembaca, dan lainnya.

Baca juga: 6 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

 

8. Koleksi tanaman hias

Sebagian dari kita mungkin berpikir kalau hobi yang satu ini bisa dibilang hobi yang mahal. Karena harga tanaman hias di pasaran memang sangat beragam. Mulai dari 5 ribu rupiah, hingga puluhan juta rupiah. Nggak cuma ibu-ibu, anak muda saat ini juga mulai gemar mengoleksi tanaman hias.

Tanaman hias akhir-akhir ini memang menjadi tren. Nggak heran kalau penggemar tanaman hias rela berburu kesana kemari dan membayar mahal untuk membeli tanaman hias yang mereka mau.

Dengan mengoleksi dan membudidayakan tanaman hias, kamu bisa menjualnya lewat sosial media. Siapa tahu, ada penggemar tanaman hias lainnya yang tertarik dengan koleksi milikmu.

 

9. Menggambar/ bikin ilustrasi dan desain

Kamu suka bikin ilustrasi, komik, mendesain rumah, atau baju? Hobi ini sangat berpotensi untuk menghasilkan uang. Kamu bisa membuka jasa desain. Baik desain kemasan, produk, logo, atau karya ilustrasi lainnya.

Nah, karya-karya yang pernah kamu buat bisa kamu unggah di Instagram. Selain sebagai galeri digital, unggahan itu juga bisa jadi portofolio. Jadi orang-orang bisa langsung melihat hasil desainmu dan mencocokkan dengan preferensi mereka.

Saat ini, banyak yang menawarkan jasa desain atau gambarnya melalui sosial media dan juga e-commerce. Kamu juga bisa menawarkan jasa desain melalui website freelancer yang menyediakan jasa tersebut.

 

10. Menjahit

Punya hobi jahit jelas sangat bisa menghasilkan uang. Mulai dari menerima jasa jahit dan permak baju, kebaya, dress dan pakaian lainnya. Atau kamu juga bisa membuat sendiri baju untuk dijual. Misalnya daster, pakaian rumahan, baju pesta, dan lainnya sesuai dengan minat dan kemampuan menjahitmu.

Kamu juga bisa membuat masker kain. Mengingat saat ini masker sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari peluang terjualnya pasti ada. Terlebih kalau kamu bisa membuat desain masker yang unik dan nyaman digunakan. Dengan promosi yang tepat, pasti bisa menghasilkan uang.

 

Nah, itulah 10 hobi menyenangkan yang bisa menghasilkan uang. Apakah hobi kamu salah satunya? Ketika hobi menjadi bisnis, kamu perlu belajar untuk terus meningkatkan kemampuan dan kualitas diri. Nah, kamu bisa belajar pengembangan diri ini dengan belajar di Skill Academy. Ada banyak kelas yang bisa mendukung hobi kamu agar bisa menghasilkan uang. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi Skill Academy!

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Profile

Devi Lianovanda

Satu individu dari 7,9 miliar manusia di bumi. Terima kasih sudah baca sampai sini :)

Beri Komentar