9 Rekomendasi Gaya Rambut Pria yang Bisa Kamu Adopsi agar Tampak Profesional

Gaya Rambut Pria

Gaya rambut yang tepat bisa membuat seorang pria terlihat keren, rapi, dan profesional. Ini rekomendasi gaya rambut pria yang cocok untukmu!


Gaya rambut bisa menjadi kunci agar pria terlihat keren dan profesional dalam berbagai acara. Namun, ada sangat banyak gaya potong rambut pria yang mungkin membuatmu bingung harus memilih gaya seperti apa. Pas banget, kali ini kita akan membahas gaya rambut pria yang bisa membuatmu terlihat stylish dan profesional. Gaya rambut pendek, cepak, dan panjang semuanya ada. Yuk, simak!

 

Gaya rambut cepak

Berikut ini adalah 3 rekomendasi gaya rambut pria pendek atau cepak:

1. Gaya Rambut Buzz Cut

Gaya potong rambut pertama adalah buzz cut. Ini adalah potongan rambut yang sangat pendek di seluruh kepala, biasanya rambut dipotong menggunakan mesin cukur. Rambutmu akan dipotong dengan panjang yang sama sehingga terlihat sangat pendek, bahkan hampir botak.

Buzz Cutilustrasi gaya rambut buzz cut (instagram.com/stmntgrooming)

Bisa dibilang buzz cut adalah gaya rambut botak keren karena rambutmu hampir botak, tapi tetap terlihat stylish. Buzz cut adalah gaya rambut pria Indonesia yang mudah dirawat dan sering dipilih oleh pria yang suka penampilan simpel dan praktis.

 

2. Gaya Rambut French Crop

Kedua, ada gaya rambut french crop. Ini adalah gaya rambut yang sederhana dan rapi. Bagian atas rambut dipotong pendek dan sedikit bertekstur, sedangkan bagian samping dan belakang rambut dipotong lebih pendek lagi atau dicukur.

French Cropilustrasi gaya rambut french crop (instagram.com/bn_sj2013)

Bagian depan rambut biasanya sedikit lebih panjang dan disisir ke depan. Gaya ini mudah dirawat dan cocok untuk berbagai bentuk wajah. Contoh gaya rambut ini bisa dilihat karakter Park Sae Ro Yi dari drama Korea Itaewon Class.

 

3. Undercut Comb Over

Comb over adalah cara sederhana untuk menyisir rambut pria ke samping atas. Meskipun mirip dengan belah pinggir, comb over terlihat lebih santai dan tidak terlalu mencolok perbedaan panjang rambut.

Undercut Comb Overilustrasi gaya rambut undercut comb over (menshairstyletips.com)

Gaya ini dapat disesuaikan dengan berbagai situasi, mulai dari lingkungan kerja hingga acara formal karena kesederhanaannya yang elegan. Selain itu, comb over juga bisa dipadukan dengan gaya rambut lain, seperti undercut untuk memberikan sentuhan yang lebih modern dan berkelas.

 

Gaya rambut sedang

Buat kamu yang ingin punya rambut dengan panjang sedang, berikut ini adalah rekomendasi gaya rambutnya:

1. Gaya Rambut Curtain Haircut

Curtain haircut adalah potongan rambut dengan ciri khas parting tengah yang jelas. Rambut di bagian depan kepala dibiarkan lebih panjang dan diarahkan ke samping seperti tirai yang terbuka.

Curtain Haircutilustrasi rambut curtain haircut (instagram.com/angga)

Biasanya, rambut di bagian samping dan belakang dipotong lebih pendek daripada bagian depan yang menciptakan kontras yang menarik. Gaya ini terinspirasi dari gaya rambut yang populer pada era ’90-an. Curtain haircut memberikan tampilan yang santai, namun tetap terlihat rapi dan stylish. Gaya ini cocok untuk berbagai kesempatan, mulai dari sehari-hari hingga acara formal.

Baca juga: 9 Tips Memilih Pakaian Interview Kerja yang Disukai HRD

 

2. Gaya Rambut Comma hair

Comma hair adalah potongan rambut dengan pola rambut yang menyerupai tanda koma (,). Rambut biasanya dipotong lebih panjang di bagian atas dan dibiarkan tergerai ke samping atau ke depan dengan alur yang melingkar, menyerupai bentuk tanda baca koma.

Comma Hairilustrasi gaya rambut comma (instagram.com/soohyun_k216)

Gaya rambut ini sering ditemui di berbagai drama Korea. Biasanya gaya ini digunakan oleh pekerja kantoran atau CEO dalam drama dengan setelan jas yang keren. Contohnya adalah gaya rambut Kim Soo Hyun dalam drama Queen of Tears. Potongan ini bisa disesuaikan dengan berbagai gaya rambut, mulai dari rambut lurus hingga ikal.

 

3. Gaya Rambut Slicked Back

Slicked back adalah gaya rambut yang mirip dengan undercut, tapi punya ciri khas tersendiri. Gaya rambut ini memiliki kesamaan dengan undercut. Bedanya ada pada bagian tengah, sisi kanan, kiri, dan belakangnya yang dibiarkan sedikit lebih panjang.

Slicked Backilustrasi gaya rambut slicked back (instagram.com/nct)

Slicked back memberikan kesan rapi dan menarik pada penampilan sehingga bisa menarik perhatian. Seperti gaya rambut lainnya, kamu bisa menggunakan pomade untuk membantu menjaga bentuk dan kerapian rambut.

Baca juga: Tips agar Foto Lamaran Kerja Disukai oleh HR Recruiter

 

Gaya rambut panjang 

Kalau kamu ingin rambutmu dibiarkan panjang, berikut adalah gaya rambut panjang yang tetap bisa bikin kamu tampak profesional:

1. Gaya Rambut Mullet

Potongan rambut mullet adalah gaya rambut yang panjang pada bagian belakang, sedangkan bagian sampingnya pendek dan tipis. Gaya ini populer pada tahun ’70-an dan kembali menjadi tren di kalangan generasi muda saat ini. Inspirasi dari gaya ini datang dari para prajurit Yunani kuno yang memotong rambut pendek di depan untuk kenyamanan saat bertempur. Sementara itu, mereka membiarkan bagian belakangnya panjang sebagai perlindungan dari udara dingin.

Mulletilustrasi gaya rambut mullet (instagram.com/jefrinichol)

Gaya rambut ini lebih cocok untuk wajah oval atau lonjong dan rambut yang tebal serta lurus atau sedikit ikal.

 

2. Gaya Rambut Boyfriend bob

Potongan rambut boyfriend bob untuk pria adalah gaya potongan rambut yang terinspirasi dari gaya rambut yang populer di kalangan boyband pada tahun ’90-an. Gaya ini memiliki ciri khas berbentuk kotak atau persegi dengan panjang rambut yang lebih pendek dari rahang.

Boyfriend Bobilustrasi gaya rambut boyfriend bob (instagram.com/parkbogum_actor93)

Biasanya, potongan ini simpel dan sesuai untuk berbagai situasi. Boyfriend bob cocok untuk pria yang ingin tampil unik dan berani dengan gaya rambut yang menonjol, namun tetap terlihat modern dan stylish.

 

3. Gaya Rambut Middle Part

Rekomendasi terakhir adalah gaya rambut middle part. Ini adalah gaya rambut yang dibiarkan lebih panjang di bagian tengah dan dibelah tengah seperti poni. Gaya ini memberi kesan sederhana, rapi, dan elegan.

Middle Partilustrasi gaya rambut middle part (instagram.com/iqbaal.e)

Bagian bawah rambut bisa dibiarkan panjang atau dipangkas tipis dengan teknik undercut. Gaya ini cocok untukmu yang menginginkan penampilan klasik yang tidak ribet, namun tetap percaya diri.

Ikuti kelas: Belajar Teknik Cukur Rambut dan Janggut untuk Kapster


Nah, itulah rekomendasi 9 gaya rambut pria mulai dari rambut cepak, sedang, hingga panjang. Semoga membantu dalam menentukan referensi gaya rambut yang tampak profesional, ya! Selain upgrade gaya potongan rambut, jangan lupa upgrade berbagai skill di Skill Academy agar kamu makin profesional dalam pekerjaan atau hal keren lainnya! Klik banner berikut untuk belajar berbagai keterampilan langsung dari ahlinya!

Kelas Sukses Kerja - Skill Academy

Devi Lianovanda