Fungsi Aplikasi Canva Selain untuk Membuat Desain Grafis

Fungsi Canva

Selain untuk membuat desain grafis, Canva juga bisa digunakan untuk membuat CV, mengedit foto, membuat video, dan masih banyak lagi. Yuk, cari tahu!


Canva merupakan salah satu aplikasi desain grafis favorit banyak orang. Selain karena mudah digunakan dan gratis, Canva juga menyediakan berbagai template gratis untuk membuat berbagai desain visual seperti poster, brosus, logo, dan lainnya. 

Tahukah kamu, Canva nggak hanya untuk membuat desain grafis saja. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat konten visual lainnya seperti mengedit foto, membuat CV, hingga mengedit video. Dengan fitur yang lengkap, Canva membantu kita menghasilkan desain visual yang menarik dengan mudah dan cepat. Yuk, kita telusuri apa saja yang bisa dibuat menggunakan Canva selain konten desain grafis!

 

Apa itu Canva?

Sebelum membahas konten visual apa saja yang bisa dibuat menggunakan Canva, yuk ketahui terlebih dahulu apa itu Canva! Canva adalah sebuah platform daring yang dapat digunakan untuk membuat berbagai desain grafis dengan mudah dan cepat.

Kamu bisa membuat berbagai konten visual seperti poster, brosus, kartu ucapan, presentasi, dan masih banyak lagi. Canva sangat populer karena user interfacenya yang ramah pengguna sehingga siapa saja bisa membuat desain menarik dalam waktu singkat. 

Canva juga memiliki fitur yang lengkap, berikut di antaranya:

  1. Ribuan template gratis yang bisa digunakan dan di-edit sesuai kebutuhan pengguna
  2. Berbagai elemen yang dapat membuat desain lebih menarik 
  3. Menambahkan berbagai teks ke dalam desain 
  4. Menghapus latar belakang gambar
  5. Magic eraser & magic edit untuk menghapus dan mengganti elemen sesuai kebutuhan 
  6. Translate untuk menerjemahkan teks secara instan
  7. Beat sync untuk menyesuaikan video dengan beat lagu yang diinginkan
  8. Magic write untuk membuat konten tulisan dengan mudah 
  9. Brand hub untuk membuat desain brand secara lengkap mulai dari brand, font, logo, dan lainnya. 
  10. Draw untuk menggaris bawahi kalimat penting atau membuat gambar dengan kuas yang tersedia.

 

Selain desain grafis, apa saja yang bisa dibuat dengan Canva?

Berikut ini adalah konten visual selain desain grafis yang bisa kamu buat menggunakan Canva:

1. Resume atau CV

CV atau resume merupakan dokumen penting untuk melamar pekerjaan. Kamu bisa membuat dokumen ini di Canva menggunakan berbagai template yang tersedia. Kamu bisa membuat CV kreatif ataupun CV ATS-friendly sesuai kebutuhanmu.

Resume atau CV di Canva

Caranya juga sangat mudah, pilih template CV yang kamu inginkan lalu edit teks dan masukan informasi sesuai data pribadi, pengalaman kerja, riwayat pendidikan, dan informasi lainnya yang harus ada dalam CV.

 

2. Video editor

Canva juga dapat digunakan untuk mengedit video dengan mudah. Kamu bisa melakukan berbagai hal seperti mengubah ukuran video, memotong area tampilan, menggabungkan klip video, menambahkan efek visual, memutar video, dan menambahkan transisi dengan mudah. Selain itu, kamu bisa memperbaiki kualitas video, menambahkan filter, mengedit audio, dan mengonversi video ke format MP4 atau GIF.

Video Editor di Canva

Canva juga menyediakan koleksi stok video gratis berkualitas HD yang dapat digunakan untuk menambahkan berbagai footage ke proyek videomu. Dengan fitur-fitur ini, Canva menjadi pilihan yang sangat baik untuk mengedit dan mempercantik video tanpa perlu keahlian khusus dalam pengeditan video.

Baca juga: 6 Tips Membuat Video Pendek yang Menarik dan Viral

 

3. Photo editor

Dengan Canva, kamu bisa melakukan berbagai macam editing pada foto, seperti mengubah efek foto, mengganti latar belakang, menambahkan teks, memberi efek bingkai, menggabungkan foto, mencerahkan foto, dan bahkan menggunakan fitur AI Image Expander.

Photo Editor di Canva

Ini sangat berguna untuk berbagai keperluan, seperti mengedit foto makanan untuk bisnis kuliner, produk fashion untuk toko online, atau produk lainnya untuk promosi. Selain itu, Canva juga cocok untuk mengedit foto model atau foto pribadi untuk digunakan dalam CV atau media sosial.

 

4. Proposal Usaha

Fungsi Canva selanjutnya adalah membuat proposal usaha atau bisnis. Proposal usaha adalah dokumen tertulis yang digunakan untuk mengajukan ide bisnis kepada pihak seperti investor atau lembaga keuangan. Dokumen ini mencakup detail tentang konsep bisnis, visi dan misi perusahaan, analisis pasar, strategi pemasaran, struktur organisasi, proyeksi anggaran, dan risiko yang mungkin dihadapi.

Proposal Usaha di Canva

Untuk mempermudah proses pembuatannya, kamu bisa menggunakan Canva. Di Canva tersedia berbagai template proposal usaha yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang kamu miliki. Kamu bisa menyusun proposal bisnis dengan tampilan visual yang menarik dengan mudah dan cepat.

 

5. Kalender

Fungsi selanjutnya, Canva bisa kamu gunakan untuk membuat kalender custom yang unik dan lucu. Fitur ini memudahkan kamu mendesain kalender yang disesuaikan keinginan pribadi. Selain itu, kamu bisa menambahkan hari-hari penting seperti ulang tahun anggota keluarga, hari libur, atau acara khusus lainnya pada kolom catatan atau pada bagian bawah kalender.

Kalender di Canva

Template kalender yang tersedia sangat variatif dan bisa dipilih berdasarkan warna, tema, gaya yang dapat kamu sesuaikan dengan keinginanmu. Kalender ini nantinya bisa dicetak atau disimpan secara digital. Keren, bukan?

 

6. Planner atau agenda

Siapa yang suka membuat agenda atau perencanaan? Nah, jika kamu ingin membuat agenda atau planner yang lucu dan mudah, kamu bisa menggunakan Canva. Di Canva, kamu bisa membuat berbagai jenis agenda mulai dari harian, mingguan, jadwal piket, agenda liburan, rencana pengeluaran bulanan, atau agenda menabung.

Planner atau Agenda di Canva

Seperti gambar di atas, Canva menyediakan berbagai template yang bisa diedit sesuai kebutuhan dan keinginanmu. Kamu bisa menambahkan elemen seperti gambar, ikon, dan teks untuk membuatnya lebih menarik.

 

7. Mind mapping

Mind mapping digunakan untuk mengorganisir ide, merencanakan proyek, menyusun catatan, atau memecahkan masalah secara visual dan terstruktur. Mind mapping juga berguna dalam pembelajaran untuk memahami hubungan antara konsep-konsep yang kompleks.

Mind Mapping di Canva

Kamu bisa membuat mind mapping di Canva dengan mudah. Pilih template mind map yang sesuai, lalu ubah isinya menjadi visualisasi ide, informasi, atau materi yang ingin kamu tampilkan.

Ikuti kelas: Membuat Desain Logo dengan Canva


Nah, itu dia fungsi lain Canva selain untuk membuat desain grafis seperti poster, brosur, flyer, undangan, dan konten sosial media. Untuk menggunakan Canva, kamu tidak harus memiliki keahlian desain. Tapi, jika kamu tertarik belajar lebih banyak terkait desain, kamu bisa belajar di Skill Academy, langsung dari ahli di bidangnya. Yuk, klik banner di bawah ini untuk belajar desain!

SKill Academy - CTA

Devi Lianovanda