Cara Masuk Flow State:  Sebuah Zona untuk Bahagia dan Produktif

Ida Ruspita Apr 14, 2021 • 6 min read


Flow State

Artikel ini membahas tentang cara masuk  flow state untuk lebih bahagia dan produktif.

--

Pernah gak sih kamu mengalami situasi ketika melakukan aktivitas misal baca buku, olahraga, main alat musik, bekerja, atau aktivitas lain yang kamu suka dan waktu  terasa ngalir gitu aja, terasa ringan walau tantangan berat, terasa rileks tapi juga intens, dan ini yang membuat kita maju. Kamu fokus banget sampai ngerasa di dunia ini cuma ada kamu dan aktivitas yang dilakukan. Nah, situasi itu disebut in the zone. Tanpa terdistraksi, tanpa merasa ada beban, bahagia, dan bahkan sampai gak terasa lelah sama sekali.

Psikolog Positif Mihaly Csikszentmihalyi membahas situasi in the zone ini dengan mempopulerkan istilah ‘Flow State’, di mana terdapat grafik tantangan dan keterampilan. Ketika keterampilan tidak bisa mengikuti tantangan yang semakin berat, maka kamu akan merasa gelisah. Dan ketika tugas kamu tidak bisa mengikuti keterampilan yang semakin tajam, maka kamu akan merasa bosan.

Jadi, flow state itu apa sih? Flow State adalah kemampuan seseorang untuk melaksanakan suatu tugas menyeimbangkan kesulitan tugas yang harus mereka lakukan. 

Grafik Flow State

 

Kita sering banget nih menganggap kalau santai bisa membuat kita bahagia. Ingin sedikit kerjanya dan lebih banyak rebahan. Tapi, Mihaly menganggap kalau santai membuat kita bahagia itu salah loh.

Kutipan Mihaly

 

Wah, pantas aja ya ketika sudah menghabiskan terlalu banyak waktu untuk bersantai, setelahnya kita malah merasa resah apalagi saat ada tugas deadline yang belum terselesaikan.

Keadaan di mana kita ingin melakukan aktivitas sampai waktu terasa ngalir gitu aja, terasa ringan walau tantangan berat, terasa rileks tapi juga intens, itu gak akan setiap waktu bisa kita rasakan. Maka dari itu, Mihaly menjabarkan grafik tantangan dan keterampilan dalam flow state secara lebih dalam, melalui 8 kuadran yang disebut Model Fluktuasi Pengalaman.

Grafik Model Fluktuasi Pengalaman

 

Model Fluktuasi ini menggambarkan saluran pengalaman yang dihasilkan dari tingkat tantangan dan keterampilan yang dirasakan. Untuk mencapai kondisi flow state, tidak apa-apa untuk kita memiliki sikap gairah, kontrol, relaksasi bahkan kecemasan dan kebosanan supaya bisa berjuang maksimal untuk apa yang kita inginkan. Tapi, yang perlu kita takutkan yaitu sikap khawatir dan apatis. Biasanya orang dengan sikap ini gampang membuang waktu untuk hal yang tidak memberikan keuntungan, misalnya scroll instagram, nonton TV, dan lain-lain. Hal itu perlu kita hindari, agar kita bisa lebih bahagia dan produktif. Adapun manfaat  dari flow state, di antaranya:

Manfaat Flow State

 

Wah banyak banget ya manfaatnya, terutama untuk kita yang ingin lebih bahagia dan produktif. Fyi, Kondisi flow state ini gak kebetulan muncul saat kita benar-benar fokus dan suka sama aktivitas yang kita lakukan aja ya, kita juga bisa menempatkan diri dalam kondisi flow state dengan cara:

 

Hilangkan Semua Gangguan Eksternal dan Internal

Kita pasti sering banget nih ketika melakukan aktivitas, beberapa menit kemudian kita malah memikirkan hal lain atau pindah ke aktivitas yang lain. Misalnya kamu sedang membaca, tiba-tiba notifikasi hp kamu berbunyi dan akhirnya kamu scroll media sosial dan melupakan membaca. Setiap kali kita keluar dari fokus, semakin sulit juga untuk kita masuk ke dalam kondisi flow state.

Selain gangguan eksternal, kita juga gak boleh mengabaikan gangguan yang datangnya dari diri kita sendiri atau internal. Kalau diri sendiri merasa stres atau banyak pikiran, justru akan membuat kita sulit menjaga pikiran tetap fokus untuk mencapai flow state.  Kalau kamu sering mengalami stres, coba deh untuk buat jurnal harian setiap pagi dan sore, meditasi harian minimal 10 menit, atau melakukan aktivitas yang sekiranya akan membuat pikiran kamu lebih jernih sehingga mudah mengendalikan pikiran.

 

Bekerja di Waktu yang Tepat

Ketika kamu ingin mencapai kondisi flow state, usahakan waktu yang kamu punya benar-benar waktu terbaik untuk kamu fokus ya. Misalnya, ketika kamu lelah, lebih baik istirahat sebentar dan jangan memaksakan diri. Karena jika dipaksakan, hasil yang didapat kemungkinan besar gak akan maksimal. Kamu juga perlu nih untuk mengidentifikasi waktu terbaik yang bisa membuat kamu lebih produktif, misalnya setelah bangun di pagi hari atau malam sebelum tidur.

 

Pilih Sesuatu yang Kamu Suka

Dengan melakukan apa yang kita suka, akan lebih mudah untuk masuk ke dalam kondisi flow state. Sebaliknya, jika kita tidak menyukai aktivitas tersebut, akan membuat kita merasa tertekan dan gagal fokus. Jadi, cobalah untuk melakukan aktivitas yang kamu suka dulu ya.

Baca juga: 4 Tips Agar Kelas Online Kamu Menjadi Lebih Menyenangkan dan Efektif

 

Ciptakan Ritual Rutin

Siapa nih yang sering malas untuk memulai sesuatu? Nah jika kamu salah satu orangnya, coba deh untuk ciptakan ritual rutin yang akan membuat kamu termotivasi dan semangat dalam melakukan aktivitas tersebut. Misalnya dimulai dengan meditasi, jalan-jalan singkat, secangkir kopi atau teh, dan hal-hal lainnya yang membuat kamu merasa terdorong melakukan aktivitas tersebut.

 

Pilih Tugas yang Paling Penting

Untuk mencapai kondisi flow state, akan membutuhkan fokus dan sebagian besar kekuatan otak. Jadi, kita perlu nih untuk memilih satu tugas yang paling penting atau mendesak lalu mengerjakannya. Usahakan menjauhi multitasking ya, karena ketika kita melakukan dua atau tiga aktivitas dalam satu waktu, akan sulit untuk kita masuk dalam kondisi flow state.

Wah menarik ya bahasan tentang flow state, manfaat, dan  cara kita mencapainya. Semoga dengan membaca artikel ini kita bisa lebih fokus dan mengefektifkan waktu untuk hidup yang kita jalani lebih berharga. Untuk kamu yang tertarik dengan materi terkait pengembangan diri,  langsung saja menuju ke Skill Academy. Yuk, tetap selalu bahagia dan produktif dengan flow state.

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

 

 

Referensi:

Cherry, Kendra. The Psychology of Flow: Benefits, Characteristics, and Tips. [Daring]. Tautan: https://www.verywellmind.com/what-is-flow-2794768 (Diakses: 4 April 2021)

Headspace. What is A Flow State and What Are Its Benefits?. [Daring]. Tautan: https://www.headspace.com/articles/flow-state (Diakses: 4 April 2021)

Houston, Elane. 11 Activities and Exercises to Induce a Flow State. [Daring]. Tautan: https://positivepsychology.com/flow-activities/ (Diakses: 4 April 2021)

Kennedy, Alayna. Flow State: What It Is and How to Achieve It?  [Daring]. Tautan: https://www.huffpost.com/entry/flow-state-what-it-is-and_b_9607084 (Diakses: 4 April 2021)

Beri Komentar