10 Fakta Penting dan Menarik Seleksi CASN 2024, Lulusan SD Bisa Ikut!

Fakta-Fakta Seleksi CASN 2024


Rekrutmen CASN adalah salah satu rekrutmen yang paling ditunggu-tunggu setiap tahun dan banyak peminatnya. Bagi kamu yang sedang bersiap-siap untuk mengikuti tahap rekrutmennya, kamu perlu mengetahui fakta-fakta terkini soal seleksi CASN 2024. Berikut adalah 10 fakta menarik yang wajib kamu ketahui.

1. Formasinya Jauh Lebih Banyak dari Tahun 2023

Jika pada tahun 2023 jumlah formasi yang dibuka sekitar 1,03 juta, tahun ini akan dibuka sebanyak 2,3 juta formasi. Dari 2,3 juta tersebut, 690 ribu formasi dialokasikan untuk mahasiswa yang baru lulus atau fresh graduate. 690 ribu orang tersebut nantinya akan disebar di instansi pusat sebanyak 207 ribu dan instansi daerah sebanyak 483 ribu.

Pada pengumuman penerimaan CASN 2024 di Istana Negara pada 5 Januari 2024, Presiden Jokowi mengatakan bahwa formasi tersebut akan dibagi-bagi untuk formasi guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, formasi tersebut akan dibina untuk mendukung digitalisasi dan memperkuat reformasi birokrasi.

Baca juga: Info Seleksi Pendaftaran CPNS 2024: Jadwal, Formasi, dan Persyaratannya

 

2. Dibuka Lowongan Khusus untuk IKN

Dari fakta sebelumnya, sudah diketahui sekitar 200 ribu orang fresh graduate akan disebar di instansi pusat. Instansi pusat tersebut tidak lain adalah di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal ini dipertegas oleh Presiden Jokowi dan juga dipertegas oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas. Anas juga menjelaskan alasan diambilnya fresh graduate untuk penempatan di IKN. Katanya, IKN akan menerapkan sistem yang berbasis elektronik dan fresh graduate dianggap golongan yang mampu membangun ataupun mengimplementasikan sistem tersebut.

 

3. Sebanyak 22% Formasi Dialokasikan untuk Tenaga Pendidik di Daerah

Seleksi CASN formasi tenaga pendidikilustrasi CASN guru

Selain soal penempatan di IKN, Menteri PANRB juga mengungkapkan sebanyak 22% dari total formasi yang dibuka akan dialokasikan untuk tenaga pendidikan di daerah. Sebanyak 22% tersebut akan ditujukan untuk pemenuhan ASN guru di instansi daerah.

Baca juga: Mengenal Pendidikan Profesi Guru atau PPG, Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya

 

4. Ada Insentif untuk Para CASN di Wilayah 3T

Karena pada 2023 terdapat lebih dari 100 ribu formasi ASN yang tidak terisi di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa untuk menarik minat para CASN di tahun ini, pemerintah akan memberi insentif khusus.

Insentif tersebut akan diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) yang akan keluar beberapa bulan mendatang. Sebagai bocoran, bentuk insentif yang akan diberikan pemerintah adalah kenaikan pangkat yang lebih cepat sampai waktu cuti yang lebih banyak.

 

5. Lulusan SD Bisa Ikut Tes CASN

Lulusan SD ikut seleksi CASNilustrasi lulusan SD

Fakta selanjutnya adalah soal minimal tingkat pendidikan. Kabar baiknya, karena rekrutmen CASN diharapkan bisa inklusif, pemerintah mempertimbangkan untuk mengakomodasi para CASN yang memiliki tingkat pendidikan pada jenjang SD atau SMP sederajat. Selain agar inklusif, pertimbangan tersebut juga dilatarbelakangi dari cukup banyaknya tenaga honorer yang sudah bertugas lama di pemerintahan dengan jenjang pendidikan tersebut. Tentunya hanya formasi tertentu yang bisa diisi oleh para CASN sesuai kualifikasi pendidikan yang mereka miliki.

 

6. Ada 3 Tahap Seleksi dan 3 Periode

Fakta berikutnya ini bukan hal yang baru sepenuhnya karena di tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya tahapan seleksi CASN dilakukan dengan CAT (computer assisted test) dan dilakukan sebanyak 3 tahap. Ketiga tahap tersebut meliputi seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Rincian dari ketiga tahapan tersebut pun masih sama, mulai dari pengumuman dimulainya ketiga tahapan tersebut, pengolahan nilai para peserta di ketiga tahapan tersebut, dan diakhiri dengan penetapan NIP CASN bagi mereka yang terpilih.

Sementara itu, periode pelaksanaan seleksi di tahun ini agak berbeda. Hal itu terjadi karena formasi yang dibuka jauh lebih banyak seperti yang sudah dijelaskan di fakta nomor 1. Periode seleksi yang akan diterapkan tahun ini adalah 3 periode. Periode pertama adalah pengumuman dan seleksi administrasi seleksi CPNS serta seleksi kedinasan yang akan berlangsung  di bulan April 2024. Periode kedua adalah pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS serta PPPK yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2024. Terakhir atau periode ketiga adalah pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS serta PPPK pada bulan Agustus 2024.

Informasi CPNS 2024: Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Dibuka! Simak Cara Registrasi dan Formasinya di Sini!

 

7. Kuota Formasi untuk Lulusan Sekolah Kedinasan

Di fakta sebelumnya, diungkapkan bahwa periode pertama dari rekrutmen CASN diperuntukkan untuk CPNS dan seleksi kedinasan. Hal itu dilakukan untuk mengakomodasi lulusan sekolah kedinasan, seperti STAN, STIS, IPDN, dan lain sebagainya yang ingin menjadi CASN. Jumlah formasi yang dibuka oleh pemerintah untuk para lulusan sekolah kedinasan sebanyak 6.027 formasi.

 

8. Kemampuan yang Harus Dimiliki Pelamar

Karena para CASN akan didominasi oleh generasi muda, ada beberapa kemampuan (skill) yang diharapkan pemerintah harus dimiliki oleh calon pelamar. Yang pertama adalah kemampuan untuk berpikir kreatif, termasuk mengonsepkan ide yang abstrak, mempunyai kemampuan desain dan visual, dan inovatif. Kedua, kemampuan teknologi seperti bisa menggunakan perangkat lunak (software), bahasa pemrograman, hingga kemampuan menganalisis data. Kemampuan ketiga adalah komunikasi yang mencakup berbicara, menulis, mendengarkan, hingga bernegosiasi. Kemampuan terakhir yang diharapkan adalah kemampuan manajemen dan kepemimpinan agar bisa me-manage tim dan mengambil keputusan dengan tepat.

 

9. Prinsip Rekrutmen yang Ingin Dipertahankan

Abdullah Azwar Anas juga menegaskan bahwa proses rekrutmen akan dilaksanakan sesuai dengan prinsip yang telah dibangun untuk memastikan bahwa kualitas dan kuantitas ASN yang direkrut dapat diukur dan distandarisasi secara nasional. Prinsip-prinsip tersebut meliputi kompetitif, adil, objektif, transparan, tanpa toleransi terhadap KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme), dan tidak dipungut biaya.

 

10. Melarang Keras Adanya “ordal”

larangan bagi ordal dan menyogokilustrasi menyogok

Fakta terakhir ini masih berkaitan dengan fakta terkait prinsip yang dijelaskan sebelumnya. Abdullah Azwar Anas menegaskan bahwa pemerintah melarang keras adanya titipan-titipan atau berbagai bentuk intervensi lainnya dalam proses rekrutmen CASN. Kelulusan akan sepenuhnya ditentukan oleh kemampuan dari pelamar sendiri agar memastikan adanya kesempatan yang sama bagi semua anak bangsa.

Maka dari itu, CAT (computer assisted test) akan terus diterapkan, termasuk penggunaan face recognition agar proses rekrutmen CASN berlangsung lebih transparan, akuntabel, dan bisa mencegah semua potensi kecurangan, seperti persoalan “ordal” atau “orang dalam”. Nilai seleksi juga akan diolah secara real time dan disiarkan melalui YouTube sehingga bisa langsung diakses publik.


Gimana? Sudah paham dengan kesepuluh fakta seleksi CASN 2024 di atas? Sebelum kamu mengikuti seleksi CASN, kamu harus memahami dulu, nih, fakta-faktanya. Setelah itu, persiapkan diri semaksimal mungkin dengan mengikuti bimbel CPNS offline yang tersebar di seluruh Indonesia. Yuk, ikut bimbel CASN 2024 agar hasil seleksi CASN kamu lebih maksimal!

Cara Mendapatkan Sertifikat Komputer untuk CPNS dan PPPK 2023 - Skill Academy

Referensi:

Gideon, A. ‘6 Fakta Rekrutmen 2,3 Juta Formasi CASN 2024, Ada Insentif hingga Anti Orang Dalam’, liputan6.com, 6 Januari 2024 [online]. (https://www.liputan6.com/bisnis/read/5498377/6-fakta-rekrutmen-23-juta-formasi-casn-2024-ada-insentif-hingga-anti-orang-dalam?page=2 (Accessed: 11 Maret 2024)
Nita, D. ‘5 Fakta Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024, Diutamakan Fresh Graduate, Pengumuman Awal Januari’, kompas.tv, 2 Januari 2024 [online]. (https://www.kompas.tv/nasional/473770/5-fakta-rekrutmen-cpns-dan-pppk-2024-diutamakan-fresh-graduate-pengumuman-awal-januari?page=all (Accessed: 11 Maret 2024)
Wulandari, T. ‘6.027 Formasi Sekolah Kedinasan 2024 Dibuka, Lulus Bisa Jadi CPNS’, detik.com, 7 Januari 2024 [online]. (https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7128642/6-027-formasi-sekolah-kedinasan-2024-dibuka-lulus-bisa-jadi-cpns (Accessed: 11 Maret 2024)
Piqhaniah, P. ‘6 Fakta Terbaru Seleksi CPNS 2024’, economy.okezone.com, 20 Januari 2024. (https://economy.okezone.com/read/2024/01/19/320/2957417/6-fakta-terbaru-seleksi-cpns-2024?page=2 (Accessed: 11 Maret 2024)

Deksa Nurfadhilah