Copywriter: Definisi, Gaji, Tugas, dan Fakta Menarik

Gulman Azkiya Jan 13, 2021 • 5 min read


copywriter dan fakta menarik

Beberapa dari kamu pasti sudah mengetahui apa itu copywriter. Pekerjaan yang termasuk pada industri kreatif ini memang sedang banyak dicari-cari. Bagi kamu yang tertarik pada pekerjaan ini, berikut adalah penjelasan mengenai copywriter mulai dari definisi, gaji, tanggung jawab, hingga fakta menarik. 

Apa itu Copywriter?

Copywriter adalah pekerjaan menulis dengan bentuk konten yang menggunakan kata-kata persuasif sehingga mendorong orang untuk mengambil tindakan. Pada aktivitasnya copywriter disebut juga dengan copywriting.

Menurut Expresswriters, copywriting adalah seni dan sains dalam menyusun dan menerbitkan secara strategis kata-kata yang berfokus pada pembaca atau audience (copy) yang membuat orang melakukan beberapa bentuk tindakan.

Penjelasan di atas juga bisa diartikan sebagai strategi menarik perhatian orang hanya dengan menggunakan kata-kata.

Gaji Copywriter

Bedasarkan situasi kerja di Indonesia gaji seorang copywriter berada pada kisaran 4 Jutaan, sedangkan dilansir dari situs lowongan kerja Indeed.com, gaji copywriter berkisar antara 3.5 juta sampai 12 juta rupiah. 

Tugas Copywriter

  1. Melakukan Riset
    Riset adalah hal yang paling penting dalam bekerja sebagai copywriter. Setiap copywriter harus memahami situasi dan kondisi yang sedang terjadi dan mengubungkannya dengan hal yang disukai oleh audience. Riset tersebut dapat mencangkup semua hal, mulai mencari informasi terbaru, penyesuaian bentuk konten, hingga dengan trend yang terjadi di media sosial. 
  2. Membuat konten yang unik dan kreatif
    Setelah melakukan riset, maka seorang copywriter akan membuat konten yang dapat menarik perhatian audience. Adapun pada pekerjaan ini membutuhkan kreativitas yang tinggi. Misalnya pada iklan, yang mana penggunaan kata-kata yang ditulis harus unik dan dapat membuat orang-orang menjadi tertarik sehingga berdampak pada produk yang sedang dijual. 
  3. Menawarkan janji dan manfaat yang unik
    Agar dapat membuat konten yang terlihat berbeda dari yang lain, maka seorang copywriter harus dapat membuat kata-kata yang menawarkan janji dengan manfaat yang unik. Selain itu, kata-kata yang digunakan dapat memberi solusi terbaik bagi audience (seperti, termudah, teraman, tersehat, dll).
  4. Mengarahkan audience pada banner produk atau CTA 
    Setiap kata-kata yang ditulis oleh copywriter harus dapat membuat orang-orang mengalihkan perhatiannya kepada konten atau iklan yang dibuat. Copywriter juga harus dapat mengarahkan audience kepada banner atau CTA dari produk yang diiklankan. Misalnya "Kilk Banner di bawah ini untuk mendapatkan manfaat yang Luar Biasa" 
    Adapun tujuan utama dari copywriting adalah memberi tahu orang dengan tepat apa yang perlu mereka lakukan selanjutnya dan mengapa mereka harus melakukannya sekarang. 
  5. Mengevaluasi
    Dalam copywriting, penting untuk mengecek setiap konten yang telah dibuat. Misalnya, apakah kata-kata yang digunakan efektif atau tidak. Dengan mengavaluasi hasil kerja, maka akan membuat seorang copywriter dapat menigkatkan kualitas kerjanya di masa depan.

Fakta Menarik Copywriter

Copywriter bukan hanya menulis melainkan kemampuan riset

Riset-dalam-Copywriter

(Sumber: Pexels.com)

Ternyata yang dilakukan copywriter tidak semudah yang kita bayangkan. Pada dasarnya skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini adalah menulis, namun itu bukanlah faktor utama. Kemampuan melakukan riset dan mencari informasi hingga mengolahnya adalah bagian terpenting. 

Pada praktiknya copywriter adalah peneliti hebat, mereka dituntut agar dapat dengan cepat mendapatkan informasi terkait trend, audience, hingga situasi terkini dan disesuaikan dengan karakteristik produk atau brand yang ingin dipromosikan.

Hasil riset yang telah dilakukan nantinya akan dirubah menjadi sebuah content tulisan. Beberapa aspek penulisan seperti penulisan headlines juga bergantung kepada kemampuan seorang copywriter dalam meriset sesuatu.  

Copywriter dapat menghasilkan banyak uang

Beberapa orang yang kurang memahami copywriting sering kali meremehkan pekerjaan sebagai copywriter, mereka beranggapan jenis pekerjaan ini dapat dilakukan secara sampingan ataupun dilakukan paruh waktu untuk penghasilan tambahan. Namun, sebenarnya banyak para copywriter profesional dapat menghasilan jutaan rupiah hanya bekerja dari rumah.

Salah satu faktornya adalah industri periklanan dan pemasaran pasti selalu ada. Indsutri ini membutuhkan orang-orang yang memiliki kreatifitas tinggi. Bukan hanya dari segi audio-visual, penulisan tag menarik dan artikel advetorial memiliki tempat tersendiri pada industri tersebut. 

Copywriter memiliki selera humor yang tinggi bahkan lebih gelap

Iklan-copywriter

(Sumber: Medium.com)

Kamu pasti pernah bingung ketika melihat sebuah banner atau iklan. Kamu akan beranggapan bahwa iklan tersebut tidak masuk akal bahkan tidak lucu. Tapi sebenarnya jika dilihat dari sisi copywriter, mereka berusaha agar homor ataupun pesan jahil dari iklan tersebut tersembunyi ataupun tidak mudah dipahami oleh orang awam. 

Selain itu, copywriter juga sering kali berhasil menarik perhatian kita dengan kata-kata yang unik bahkan nyeleneh. Skill ini lah yang membuat copywriter bukan pekerjaan yang biasa. orang-orang yang menjajal pekerjaan ini bisa disebut dengan orang yang jenius. 

Memiliki tingkat kesabaran yang tinggi

Copywriting mungkin hampir sama dengan jenis pekerjaan yang ada di industri kreatif ataupun pemasaran. Yap, mereka bekerja dengan klien. Pada saat bekerja tak jarang seorang copywriter harus berurusan dengan klien yang memiliki banyak permintaan. Klien ini akan terus meminta revisi hingga mereka puas. 

Permintaan tersebut bukan lah hal yang mudah karena perlu penyesuaian antara ide dari copywriter dengan ide yang diminta oleh klien.

Terkadang hal buruk juga terjadi ketika konflik antara seorang copywriter dengan klien tak dapat dihindarkan, perbedaan ide dan cara bekerja bisa jadi penyebabnya. Akhirnya beberapa dari copywriter akan menolak konten setelah beberapa revisi atau setelah pengiriman. 

 

Itu lah beberapa fakta menarik pekerjaan copywriter yang jarang diketahui. Jika kamu tertarik, kamu bisa mempelajarinya dengan mengambil kursus ataupun kelas online. Yuk klik banner dibawah ini untuk lebih lengkapnya. 

   #MUDAHUPGRADESKILL DI SKILL ACADEMY!

 

Beri Komentar