Terapkan 5 Diskon Ini untuk Tingkatkan Penjualan Online Shopmu

Devi Lianovanda Feb 10, 2021 • 3 min read


SA_-_Discount-01

Kamu punya bisnis online shop atau e-commerce? Pasti kamu tahu dong, kalau semua orang suka diskon, nah begitu juga dengan pelanggan. Memberikan diskon dapat meningkatkan penjualan, mempercepat penghabisan stok barang, dan menarik pelanggan baru.

Agar jualanmu tidak kalah laris dari online shop atau toko lain di e-commerce, kamu juga bisa menerapkan diskon-diskon tertentu untuk meningkatkan penjualanmu.

Masih bingung jenis-jenis diskon online shop apa saja? Yuk, simak jawabannya di bawah ini!

1. Gratis ongkos kirim (ongkir)

Saat ini, banyak orang yang mulai beralih dari belanja offline ke belanja online. Hal ini dilakukan karena belanja online lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja. Melihat perilaku konsumen tersebut, kamu bisa menerapkan diskon gratis ongkos kirim (ongkir) untuk meningkatkan penjualanmu. Biasanya, diskon ini diterapkan melalui e-commerce tertentu, karena mereka memberikan subsidi gratis ongkir dengan minimal pembelanjaan yang bisa kamu atur

pengantar-paket

(Sumber: giphy.com)

2. Beli satu gratis satu

Produk gratis merupakan hal yang lebih disukai pelanggan daripada diskon. Diskon ini memberikan gratis 1 produk setelah pelanggan melakukan pembelian 1 produk. Biasanya, diskon ini diterapkan untuk menghabiskan stok produk atau karena keuntungan penjualan produk cukup tinggi untuk menghasilkan laba yang memadai.

Promosi ini sebenarnya sama dengan diskon 50%, namun mendapatkan produk gratis setelah melakukan pembelian 1 produk terdengar lebih menarik bagi pelanggan. 

Baca juga: 3 Manfaat Instagram Shopping untuk Tingkatkan Penjualan Bisnismu

3. Produk bundle

Diskon ini bisa kamu terapkan jika kamu ingin pelanggan mencoba beberapa produk sekaligus. Ini merupakan strategi memikat pelanggan agar memesan banyak produk dan menikmati harga paket. Pelanggan akan merasa dapat menghemat lebih banyak ketika membeli beberapa produk sekaligus daripada membeli produk secara satuan.

Promo ini bisa membuat kamu menjual produk lebih banyak. Melalui promo ini kamu jadi bisa menjual produk yang kurang populer atau produk baru dengan menjadikan satu paket dengan produk populer yang banyak dicari.

bundling

(Sumber: unsplash.com)

4. Flash sale

Flash sale merupakan strategi promosi yang banyak digunakan saat ini. Promosi ini biasanya memberikan diskon dalam jumlah besar untuk banyak produk dalam waktu tertentu, biasanya 1-2 jam. Jika produk jualanmu banyak diincar dan menawarkan harga yang menarik, maka biasanya produk akan habis terjual dalam hitungan menit.

Flash sale bisa meningkatkan impulse buying karena diskon yang ditawarkan biasanya besar dan waktu yang terbatas membuat pelanggan ingin segera membeli produk sebelum waktu diskon berakhir.

 

5. Diskon hari tertentu

Ini merupakan promosi yang biasa dilakukan pada tanggal atau momen tertentu. Misalnya, diskon akhir bulan atau yang biasa disebut payday promo, diskon di tanggal cantik seperti 11.11 (Harbolnas), atau untuk memperingati hari tertentu seperti hari ibu, hari valentine, diskon akhir tahun, diskon spesial natal, dan hari-hari spesial lainnya.

Selain meningkatkan penjualan, promo juga dilakukan untuk menarik pelanggan dan meningkatkan citra baik online shop, karena dengan memberikan diskon di hari-hari spesial, tokomu dianggap telah meramaikan momen-momen spesial tersebut. 

diskon-spesial-natal

(Sumber: freepik.com)

Itulah beberapa diskon yang bisa kamu terapkan untuk bisnis online shop agar meningkatkan penjualan dan keuntungan. Selain diskon, kamu bisa menerapkan strategi promosi lain untuk dapat meningkatkan penjualan. Dapatkan tips dan trik tersebut dengan mengikuti kelas pemasaran dari Skill Academy. 

 

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Beri Komentar