10 Contoh CV untuk Melamar Pekerjaan berbagai Bidang

Contoh-Contoh CV

Sedang membuat CV untuk melamar kerja dan butuh referensi? Berikut ini contoh-contoh CV untuk melamar kerja di berbagai posisi. Yuk, simak!


CV merupakan dokumen penting untuk melamar pekerjaan. Di dalam CV terdapat informasi pribadi, pengalaman kerja, riwayat pendidikan, keterampilan dan informasi lainnya. CV seperti penyaringan awal yang membantu kita untuk bisa melanjutkan tahapan rekrutmen dengan perusahaan. Oleh karena itu, CV harus dibuat menarik dan relevan dengan posisi yang dilamar. Berikut ini adalah beberapa contoh CV untuk melamar kerja di berbagai bidang. Simak, ya!

 

Apa itu CV untuk melamar kerja? 

CV (curriculum vitae) adalah dokumen yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Di dalamnya terdapat informasi pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan prestasi yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. CV membantu perekrut mengenal latar belakang dan kualifikasimu sebagai pelamar sehingga mereka dapat menentukan apakah kamu cocok untuk posisi yang ditawarkan.

Semua informasi dalam CV harus disusun secara jelas dan teratur, sehingga perekrut dapat memahami riwayat hidup dan kariermu dengan mudah. Biasanya, CV ditulis dalam dua halaman atau lebih. Jadi, jangan ragu untuk mencantumkan pencapaian penting dan relevan di dalam CV, ya.

Baca juga: Cara Membuat CV: Contoh dan Template Gratis!

 

Informasi yang harus ada dalam CV

Informasi yang harus ada dalam CV beserta penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Informasi kontak

Pada bagian ini, tuliskan nama lengkap, nomor telepon aktif, alamat email, dan lokasi tempat tinggal. Pastikan kontak yang diberikan aktif dan mudah dihubungi.

 

2. Deskripsi singkat diri

Bagian ini berisi ringkasan singkat tentang dirimu, termasuk tujuan karier dan nilai yang bisa kamu tawarkan kepada perusahaan. Ini adalah gambaran umum siapa kamu dan apa yang kamu cari dalam pekerjaan.

Baca juga: Contoh Deskripsi Diri di CV dan 6 Tips Menulisnya

 

3. Pengalaman kerja

Di sini, cantumkan riwayat pekerjaan sebelumnya, termasuk nama perusahaan, posisi sebelumnya, periode bekerja, serta tugas dan pencapaian yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

 

4. Pendidikan terakhir

Bagian ini mencakup informasi tentang pendidikan terakhirmu, seperti nama institusi pendidikan, gelar yang diperoleh, dan tahun kelulusan. Jika ada, tambahkan juga prestasi akademik yang relevan.

 

5. Skill yang relevan

Tuliskan keterampilan yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Ini bisa berupa hard skill seperti pemrograman atau desain grafis, maupun soft skill seperti komunikasi atau manajemen waktu.

Baca juga: Perbedaan CV dan Resume: Pengertian, Tujuan, dan Jumlah Halaman

 

6. Informasi lainnya

Informasi lain yang sebaiknya dicantumkan di dalam CV adalah sebagai berikut:

  • sertifikasi: sebutkan kursus atau sertifikasi tambahan yang telah kamu ikuti dan relevan dengan pekerjaan yang dilamar;
  • bahasa: jika kamu menguasai lebih dari satu bahasa, sebutkan di sini;
  • penghargaan: cantumkan penghargaan yang pernah kamu terima yang menunjukkan keunggulan dalam bidang tertentu; dan
  • referensi: daftar kontak orang-orang yang bisa memberikan rekomendasi tentang dirimu, seperti mantan atasan atau dosen.

Informasi di atas memberi gambaran lengkap tentang kualifikasimu kepada perekrut dan meningkatkan peluang untuk dipanggil interview. Pastikan menuliskan kontak dengan benar agar bisa dihubungi oleh HRD, ya.

 

Contoh CV untuk melamar pekerjaan

Berikut adalah contoh CV untuk melamar pekerjaan di berbagai bidang, ada CV kreatif dan juga CV ATS-friendly:

1. Contoh CV untuk melamar pekerjaan Graphic Designer

Contoh CV Graphic Designer

canva.com

 

2. Contoh CV untuk melamar pekerjaan Customer Service

CV Customer Service

myperfectresume.com

 

3. Contoh CV untuk melamar sebagai Social Media Specialist

CV Social Media Specialist

canva.com

 

4. Contoh CV untuk melamar pekerjaan perawat

CV Perawat

myperfectresume.com

 

5. Contoh CT ATS Friendly untuk melamar Business Analyst

CV Business Analyst

canva.com

 

6. Contoh CV untuk melamar sebagai Pastry Chef

CV Pastry Chef

jobseeker.com

 

7. Contoh CV untuk melamar sebagai Front Office

CV Front Office

jobseeker.com

 

8. Contoh CV untuk melamar Staf Administrasi

CV Staf Administrasi

canva.com

 

9. Contoh CV untuk melamar posisi Arsitek

CV Arsitek

bikinCV.com

 

10. Contoh CV untuk posisi Akuntan

CV Akuntan

cakeresume.com

 

Nah, itulah pembahasan mengenai contoh-contoh CV untuk melamar pekerjaan. Semoga membantu, ya! Saat membuat CV, pastikan semua informasi penting seperti kontak, pengalaman kerja, pendidikan, skill, dan informasi pribadi sudah ada di dalamnya, ya.

Ikuti kelas: Rahasia Sukses Melamar Kerja


Kalau kamu mau belajar cara bikin CV langsung dari ahlinya, bisa banget! Skill Academy punya kelas bedah CV dan tips interview bareng Kak Iman Usman. Jangan lupa juga untuk cek kelas lainnya. Klik banner di bawah ini buat kepoin kelas-kelasnya!

SKill Academy - CTA

Devi Lianovanda