Cara Menolak Panggilan Interview Kerja Secara Sopan dan Contohnya

Gulman Azkiya Apr 29, 2022 • 7 min read


cara-menolak-panggilan-interview

Artikel ini mambahas mengenai cara menolak panggilan interview dan contohnya.

--

Halo guys, seperti yang kamu ketahui, interview merupakan tahapan yang sangat mempengaruhi kelulusan dari sebuah proses perekrutan. Ketika kamu telah mengirimkan lamaran pekerjaan, panggilan atau tawaran interview adalah hal yang paling ditunggu-tunggu. Lalu bagaimana jika kamu tiba-tiba berubah pikiran pada saat undangan tersebut datang. Ingin menolak, tapi tidak tahu caranya? Tenang guys, berikut adalah tips dan cara menolak panggilan interview yang bisa kamu coba beserta contohnya.

Cara menolak panggilan interview kerja

1. Beri kabar secepatnya

Memberi kabar bahwa kamu ingin menolak undangan wawancara kerja secepat mungkin adalah hal pertama yang harus kamu lakukan. Karena dengan memberi tahu pihak recruiter, kamu dapat membantu mereka menghemat waktu. 

Sebab, pihak recruiter memiliki banyak hal yang harus mereka persiapkan. Mulai dari penyeleksian lamaran, pemilihan kandidat, hingga mempersiapkan proses interview. Misalnya interview antara kamu dengan user. Sehingga mereka dapat melanjutkan proses perekrutan dengan kandidat lain.

2. Sampaikan ucapan terima kasih 

Mengucapkan terima kasih merupakan salah satu cara untuk menunjukkan bagaimana kamu menghargai proses perekrutan yang sedang  berjalan. Ucapan terima kasih ini dapat kamu terapkan di awal pernyataan penolakan. 

Misalnya,

“Terima kasih atas pertimbangan Anda telah mengundang saya untuk mengikuti tahapan interview sebagai Copywriter di Perusahaan A. Namun,…..

 

(Giphy)

Selain itu, dengan mengucapkan terima kasih kamu telah bersifat secara profesional. Karena tawaran interview ini bisa juga datang pada saat kamu telah memiliki pekerjaan. Ketika ada di dunia kerja, orang-orang akan memperhatikan bagaimana kamu bersikap seperti, merespon sesuatu kejadian atau permasalahan. Oleh karena itu, menyampaikan ucapan terima kasih merupakan langkah yang tepat untuk mengawali sebuah penolakan.

Baca juga: 30 Pertanyaan Interview Kerja Paling Sering Diajukan dan Cara Menjawabnya

3. Berikan alasan yang jelas dan singkat

Tidak ada gunanya menggunakan banyak basa basi pada saat menyampaikan alasanmu. Alih-alih terlihat profesional, kamu malah terkesan tidak yakin dengan keputusanmu. Coba langsung jelaskan alasanmu menolak panggilan wawancara yang telah mereka berikan. 

Contohnya,

"Namun, karena masalah pribadi yang menyebabkan rencana saya tidak berjalan semestinya, saya terpaksa untuk tidak mengikuti tahapan interview. Sehingga dengan kata lain, saya mundur dari proses perekrutan yang sedang berjalan."

Selain itu, biasanya ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang menolak undangan interview di antaranya,

  • Rencana atau situasi telah berubah (masalah pribadi)
  • Telah mendapatkan pekerjaan di tempat lain
  • Mendapatkan promosi jabatan tak terduga di tempat kerja yang sekarang

4. Jangan sampai lupa permintaan maaf

Jika kamu sedang berada di tengah-tengah tahapan perekrutan, maka permintaan maaf adalah hal yang tidak boleh kamu lupakan. Ini bukan hanya sekedar ucapan, melainkan bagaimana kamu menghargai usaha yang dilakukan oleh pihak recruiter

katakan-maaf

(Sumber: Brett Jordan - Pexels.com)

Ketika kamu menolak tawaran tersebut, maka akan terlihat kurang baik tanpa menyampaikan permintaan maaf. Hal ini tidak bisa dianggap sepele, karena pihak recruiter telah melakukan pekerjaan yang tidak mudah, seperti menyeleksi calon kandidat yang akan mereka interview.

Contoh penolakan tawaran interview

Berikut adalah beberapa contoh penolakan tawaran interview yang bisa kamu gunakan baik dalam format surat, email, dan chat WhatsApp.

1. Contoh menolak undangan interview karena telah mendapatkan pekerjaan di tempat lain

Yth, HRD [Nama Perusahaan]

 

Sebelumnya saya ucapkan ucapkan kasih atas waktu dan pertimbangan Anda telah memberikan tawaran untuk interview sebagai [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan]. Namun, dengan berat hati saya harus menyampaikan bahwa saya telah mendapatkan pekerjaan di tempat lain. Sehingga saya harus mundur dari proses perekrutan yang sedang berjalan. 

Saya mohon maaf sebesar-besarnya atas keputusan ini. Jujur, saya sangat menikmati proses perekrutan yang saya jalani. Saya berharap Anda dapat menemukan kandidat yang tepat. Sekali lagi terima kasih.

 

Salam,

[Namamu]

[No HP]

 

2. Contoh menolak tawaran interview karena rencanamu telah berubah

Yth, HRD [Nama Perusahaan]

 

Terima kasih atas pertimbangan Anda telah mengundang saya untuk mengikuti tahapan interview sebagai [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan]. Namun, dengan hormat saya harus menolak kesempatan untuk mengikuti interview. Adapun alasannya karena masalah pribadi yang mengharuskan saya tidak bisa melanjutkan proses perekrutan.

Saya mohon maaf sebesar-besarnya atas keputusan ini. Sekali lagi terima kasih dan saya berharap kita tetap dapat terhubung secara profesional.

 

Salam,

[Namamu]

[No HP]

3. Contoh menolak undangan interview dalam Bahasa Inggris

Dear [HRD Perusahaan/Nama Recruiter]

 

Thank you very much for inviting me for an interview as [Nama Posisi] at [Nama Perusahaan]. However, due to personal issues, I was unable to attend the interview and withdrew from the recruitment process.

I sincerely apologize for this decision. Again, thank you for your consideration.

 

Best regards,

[Namamu]

[No HP]

 

Nah, gimana guys? Tidak sulitkan untuk menolak undangan atau panggilan interview? Sekarang kamu pun sudah tenang, ketika terjadi hal yang sama di masa depan. Selain itu, kamu juga bisa lho mengembakan kemampuan kerjamu dengan mengikuti kelas di Skill Academy. Di Skill Academy, kamu tidak hanya belajar dari ahlinya, tapi materi yang dipelajari tentunya spesifik dan sesuai dengan minatmu. Jadi tunggu apa lagi, yuk upgrade skill-mu. 

interview kerja dan cara menjawabnya

Referensi

Doyle, Alison. (2021). How to Decline a Job Interview With a Letter Sample. https://www.thebalancecareers.com/how-to-decline-a-job-interview-with-a-letter-sample-2061121 [Daring] (Diakses 27 April 2022)

Zi, Stav. (2021). How to Decline a Job Interview Without Being the Worst. https://www.themuse.com/advice/how-to-decline-a-job-interview-templates [Daring] (Diakses 27 April 2022)

Gambar: Jordan, Brett - Pexels.com. https://www.pexels.com/photo/wood-typography-luck-business-6037811/ 

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Masih dalam tahapan mempelajari SEO dan Digital Marketing

Beri Komentar