Begini Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen di HP dan Laptop

Devi Lianovanda Nov 22, 2021 • 8 min read


cara menghapus akun Google

Mau menghapus akun Google kamu karena suatu alasan? Ikuti tutorial dan hal yang harus kamu perhatikan berikut ini!

--

Kamu mungkin ingin menghapus akun Google karena alasan tertentu. Mungkin karena akunnya sudah nggak terpakai, ada yang mencoba meretas akun Google milikmu, alamat email-nya kurang profesional, atau ya pengen aja menghapus kenangan masa lalu yang ada di akun tersebut.

Akun Google memang bisa dihapus secara permanen. Tapi, sebelum menghapus akun Google, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dan lakukan. Apa saja itu dan bagaimana cara menghapus akun Google secara permanen? Berikut langkah-langkahnya!

Beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum menghapus akun Google:

  1. Setelah menghapus akun Google, kamu akan kehilangan data yang ada di akun tersebut. Seperti, foto, email, berkas, video, dan data lainnya.
  2. Kamu nggak lagi bisa menggunakan produk atau layanan Google (Docs, Meet, Google Play, Calendar, dan lainnya) yang diakses menggunakan akun tersebut.
  3. Kamu akan kehilangan akses untuk konten berlangganan yang kamu beli menggunakan akun tersebut. Misalnya, YouTube, TV, aplikasi, musik, game, dan lainnya.

Karena itu, sebelum menghapus akun, pastikan kamu melakukan beberapa hal ini, ya:

  1. Download semua data yang ada di akun Google kamu. Cara mengunduhnya, kamu bisa mengunjungi takeout.google.com. Setelah itu, ikuti step-step yang ada seperti memilih data mana saja yang ingin diunduh, format file, metode pengiriman file setelah terunduh, dan lainnya.
  2. Memastikan akun-akun penting seperti perbankan online, media sosial, aplikasi, atau game yang terdaftar menggunakan akun Google yang akan dihapus telah diubah ke akun Google yang baru.
  3. Memperbarui info pemulihan akun. Kalau ada akun Google lain yang menjadikan alamat email yang akan dihapus sebagai info pemulihan akun, maka kamu harus menggantinya dengan alamat email yang baru.

Kalau hal di atas sudah dipastikan dan dilakukan semua, maka kamu bisa melakukan penghapusan akun Google. Berikut langkah-langkahnya:

 

Cara menghapus akun Google di laptop

1. Buka akun Google milikmu

Langkah pertama adalah, buka akun Google di browser. Kemudian, klik bagian profil dan pilih Manage your Google Account.

klik profil

2. Pilih Data & privacy

Setelah memilih Data & privacy, scroll sampai bagian More options. Lalu klik Delete your Google Account.

data & privacy dan hapus akun

3. Login ulang akun Google

Masukkan password email, lalu klik Next untuk login akun Google. Login ulang ini untuk memastikan kalau yang melakukan penghapusan akun adalah benar-benar pemiliknya, bukan peretas.

relogin email

4. Klik Delete Account

Baca informasi dari Google, dan klik semua checkbox yang ada. Setelah itu, klik DELETE ACCOUNT.

tnc hapus akun googleSelesai, akun Google kamu berhasil dihapus secara permanen!

 

Baca juga: Cara Membuat Email Baru di HP dan Laptop dengan Mudah

 

Cara menghapus akun Google di HP

Kamu juga bisa menghapus akun Google lewat HP. Di artikel ini, contohnya pakai perangkat iOS, tapi langkah-langkah ini sama persis dengan cara hapus akun Google di HP Android. Berikut caranya:

1. Buka aplikasi Gmail

Setelah aplikasi Gmail terbuka, klik bagian profil yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih Manage your Google Account.

klik profil gmail

2. Pilih Data & privacy

Setelah itu, akan muncul tampilan seperti berikut. Ada beberapa pilihan menu di bagian atas. Pilih Data & privacy, scroll ke bawah dan pilih Delete your Google Account.

data & privacy

3. Login akun Google

Google akan meminta kamu login ulang, masukkan password untuk dan klik Next untuk login akun.

masukkan password

4. Klik Delete Account

Baca informasi tentang penghapusan akun dari Google. Scroll ke bawah, ceklis semua checkbox nya dan klik DELETE ACCOUNT.

informasi delete account

Berhasil, akun Google milikmu sudah terhapus.

 

Ikuti kelas: Data Analis dengan Google Data Studio

 

Dengan menghapus akun Google, kamu benar-benar akan kehilangan seluruh data dan juga akses yang menggunakan akun tersebut. Jadi, sebelum dihapus, pastikan semua data penting di-backup terlebih dahulu, ya. Kalau kamu sudah nggak mau pakai Gmail yang sekarang, kamu juga bisa menghapusnya tanpa perlu menghapus akun Google, lho.

Hal-hal yang perlu kamu ketahui kalau mau menghapus akun Gmail adalah sebagai berikut:

  1. Kamu akan kehilangan akun Gmail dan tidak lagi bisa melakukan aktivitas mengirim dan menerima pesan email.
  2. Meskipun sudah terhapus, alamat email kamu nggak akan bisa dipakai oleh orang lain.
  3. Menghapus Gmail nggak bikin akun Google kamu ikut terhapus, semua aktivitas dengan layanan Google dan pembelian di Google play tetap ada dan bisa diakses.

 

Cara menghapus akun Gmail:

Berikut merupakan langkah-langkah untuk menghapus akun Gmail kamu, simak, ya! Oh iya, cara ini bisa kamu terapkan di HP Android, iOS, dan juga laptop, ya, karena langkahnya sama.

  1. Buka akun Gmail di browser laptop atau aplikasi Gmail di HP kamu.
  2. Klik profil dan pilih Manage your Google Account. Lalu pilih bagian Data & Privacy
  3. Scroll sampai bagian Download or delete your data, lalu pilih Delete a Google service.
  4. Setelah itu, klik icon tempat sampah di sebelah Gmail. Kamu bisa mengklik Download your data untuk mengunduh semua data penting di layanan Gmail milikmu.
  5. Selanjutnya, kamu harus memasukkan alamat email sebagai pengganti alamat email yang akan dihapus untuk tetap bisa menggunakan layanan Google. Emailnya nggak bisa pakai akun Gmail, ya.
  6. Setelah itu, klik Send verification email.
  7. Kamu akan menerima email dengan Subject “Gmail Deletion Confirmation”. Klik link yang ada di email tersebut dan verifikasi permintaan untuk menghapus layanan Gmail kamu.
  8. Selesai, deh. Alamat email (akun Gmail) kamu sudah berhasil dihapus.

Itu dia cara menghapus akun Google dan juga akun Gmail. Nggak susah, kan? Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!

Kamu bisa belajar berbagai hal tentang teknologi dengan mengikuti kelas-kelas di Skill Academy. Kamu bisa mendapat berbagai tutorial, tips, dan trik berbagai teknologi dalam bentuk video oleh instruktur, jadi lebih jelas dan mudah dimengerti tentunya. Tenang, materi di Skill Academy disusun berdasarkan standar kompetensi yang berlaku dan instrukturnya berkompeten dan berpengalaman. Langsung aja kepoin kelasnya dengan mengunjungi skillacademy.com!

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Profile

Devi Lianovanda

Satu individu dari 7,9 miliar manusia di bumi. Terima kasih sudah baca sampai sini :)

Beri Komentar