8 Cara Terbaru Mendapatkan Uang dari Internet Tahun 2022

cara-mendapatkan-uang-dari-internet

Ingin mendapatkan uang dari internet? Yuk, intip cara berikut.

Ingin menghasilkan uang dari internet? Tapi, tidak tau caranya? Atau masih pemula? Tenang guys, Skill Academy akan membagikan tips yang bisa kamu coba secara langsung. Namun, kali ini tidak hanya sebatas dengan penggunaan media mainstream seperti Youtube dan media sosial. Karena artikel ini lebih membahas bagaimana cara menghasilkan uang dengan keahlian yang kamu miliki. Tanpa basa-basi lagi, yuk, simak tips dan cara mendapatkan uang dari internet berikut. Check it out.

1. Menjual foto dan footage video

Bagi yang suka fotografi dan membuat konten video, ternyata kamu juga bisa menjualnya di internet lho. Sebagai contoh, kamu pasti dapat dengan mudah menemukan website yang menyediakan berbagai foto dan footage video dari yang berbayar hingga gratis.

Di website tersebut lah kamu juga bisa menjadi penjual foto atau video. Adapun konsepnya lebih bersifat kontributor yang mana nantinya kamu akan mendapatkan bayaran setiap orang/subscriber yang mengunduh foto atau videomu. Bagi kamu yang mungkin baru ingin mencoba cara ini, kamu bisa terlebih dahulu mendaftar di beberapa website khusus seperti,

  • Shutterstock
  • Adobe Stock
  • iStock
  • BigStock
  • Getty Images
  • Dreamstime

Setelah itu, kamu diharuskan  melewati beberapa tahapan seperti melengkapi persyaratan data diri, tes sampel karya, dan lainnya. Kemudian, kamu baru bisa memasukkan foto atau footage videomu ke dalam website tersebut.

2. NFT

Nah, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Yap, NFT. Beberapa tahun belakangan istilah yang memiliki arti Non-Fungible Token ini cukup sering menjadi topik pembicaraan. Bersifat blockchain, membuat NFT bergantung pada mata uang crypto. 

Salah satu cara yang cukup populer dalam penggunaan NFT ini yaitu dengan menjual karya seni mu di marketplace seperti Opensea. Nantinya karya seni, seperti foto, motion graphic, gambar, hingga lukisan memiliki kode dan sertifikat kepemilikan. Dan sertifikat kepemilikan inilah yang membuat karya yang ada di NFT menjadi lebih eksklusif. 

Namun, sebelum dapat menjual karyamu, kamu harus memiliki dompet crypto digital dan akun marketplace terlebih dahulu. Dompet digital inilah yang merupakan hal terpenting yang nantinya menjadi sarana transaksi karya dan uangmu. Beberapa dompet digital yang bisa kamu gunakan yaitu, MetaMask, Trezor, Indodax, dan masih banyak lagi. Setelah memiliki dompet digital dan akun marketplace, maka kamu sudah bisa menjual karya-karyamu. 

Ikuti kelas: Strategi Efektif Menjalankan Internet Marketing

3. Menjual beat dan samples musik

Seperti yang diketahui, belakangan ini industri musik, khususnya elektronik sangat berkembang pesat. Jika kamu suka membuat musik, kamu tidak hanya sekedar bisa mempromosikannya, tetapi juga menjualnya di internet. Kamu dapat menjualnya dalam bentuk full musik, part sequence, atau paketan bunyian instrumen (sample).

Bentuk musik yang di jual ini biasa juga disebut sebagai beat. Pada saat sekarang ini kamu bisa menjualnya secara bebas di internet. Ada beberapa cara menjual yang bisa kamu coba seperti, melalui media sosial, website pribadi, dan platform digital.

(Giphy)

Jika kamu ingin mencoba menjual dengan pasar yang lebih luas, kamu dapat bergabung dengan marketplace khusus seperti, 

  • Soundcloud
  • Airbit
  • Beatstars
  • Soundgine
  • Traktrain

4. Gamer

Hmm..
Kalau yang satu ini mungkin akan sangat cocok bagi kamu yang jago “ngegame”. Kamu mungkin sudah sering melihat bagaimana para streamer yang memiliki konten game bisa mendapatkan uang yang banyak. 

Jika kamu tertarik, kamu dapat menjadi seorang game streamer untuk mendapatkan uang. Dilihat pada kondisi sekarang ini, sudah banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk live streaming seperti, YouTube, Twitch, Streamlabs, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan uang, kamu bisa menghasilkannya dari subscriber dan juga donasi pada saat live streaming. Namun, untuk dapat mencapai tahap tersebut, harus kamu miliki hal berikut untuk dapat menjadi game streamer profesional,

  • Kemampuan bermain yang baik
  • Kemampuan komunikasi dalam membawakan acaramu sendiri
  • Perlengkapan recording (kamera dan microphone)
  • Peralatan game yang mumpuni seperti pc/hp dengan spesifikasi yang bagus
  • Internet yang lancar

cara-mendapatkan-uang-dari-internet-bagi-pemula

5. Reviewer situs web dan aplikasi

Tahukah kamu? Kalau sekarang kamu bisa mendapatkan uang dengan hanya mengulas serta testing situs web dan aplikasi. Namun, aktivitas ini tidak hanya sekedar mencoba menggunakan aplikasi tersebut. Kamu tentunya harus memahami bagaimana cara kerja sebuah situs web dan aplikasi yang ingin kamu ulas. Jadi tidak bisa sembarangan pada saat melakukan testing.

Biasanya untuk bayaran yang akan kamu terima bergantung dengan kebutuhan dan kebijakan dari perusahaan. Misalnya pada UserTesting, kamu bisa mendapatkan bayaran berkisar dari $4 hingga $120 USD per tes, tergantung pada jenis tes. Tes singkat yang biasanya memakan waktu 5 menit akan mendapatkan bayaran $4. Sedangkan tes 20 menit yang melibatkan perekaman layar, audio, dan hingga pertanyaan tertulis lanjutan bisa mendapatkan $10 USD. 

Selain itu, kamu juga dapat mencobanya dengan bergabung dengan beberapa website tester seperti, 

  • Ubertesters
  • UserBrain
  • Playtestcloud
  • Userlytics
  • TestingTime
  • Userfeel
  • SoftwareJudge

Baca juga: 10 Hobi Menyenangkan yang Bisa Menghasilkan Uang

6. Freelance Web Developer

Masih terkait situs web, pekerjaan yang bisa kamu coba untuk mendapatkan uang dari internet adalah sebagai penyedia jasa pembuatan situs web. Sederhananya kamu membantu klien mu untuk membuat dan mengembangkan situs web untuk berbagai keperluan mereka. 

Jika kamu tertarik menjajal pekerjaan ini, kamu dapat memanfaatkan berbagai media untuk mempromosikan diri hingga mendapatkan klien. Mulai dari media sosial, website pribadi, dan bergabung dengan platform freelancer. Namun, sebelum terjun langsung, kamu tentunya harus memiliki berbagai skill terkait web developer, mulai dari HTML/CSS, responsive design, JavaScript, Basic Back-end, hingga dengan SEO. 

7. Penulis lepas

Apakah kamu suka menulis dan memiliki skill yang mumpuni? Jika iya, maka menjadi penulis lepas di internet bisa kamu gunakan untuk mendapatkan uang. Pada saat sekarang ini, kemampuan menulis ini bisa digunakan dengan tujuan berbagai keperluan. Kamu bisa menjadi kontributor di media, penulis konten di website, hingga menjadi penulis script

Tidak jauh berbeda dengan freelance, kamu tentunya perlu memiliki portofolio yang menunjukkan hasil kerja yang telah dilakukan. Portofolio tersebut biasanya dapat berbentuk blog, tulisan di media, hingga buku/novel. 

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk menjadi penulis lepas atau freelancer writer, kamu harus mengetahui jenis keahlian menulismu beserta niche/kategorinya. Dikutip dari Gathering Dreams ada beberapa jenis penulisan seperti, 

  • Penulisan artikel/feature: menulis topik ringan untuk kepentingan konten di media
  • Blogging: Anda dapat menghasilkan uang dengan memiliki blog sendiri atau menulis posting blog untuk blogger lain.
  • Copywriting: menulis  kreatif untuk membantu bisnis membangun dan mempromosikan brand.
  • Penulisan teknis: Penulisan dengan topik teknis seperti kesehatan, teknologi, dan lainnya. Kamu bertugas untuk membuat tulisan yang bersifat teknikal yang rumit dan menyajikannya dengan bentuk tulisan yang mudah dipahami masyarakat umum.

8. Guru les online

Memiliki konsep yang hampir sama content creator, menjadi guru les online dapat menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang memiliki kemampuan lebih di bidang tertentu. Selain mengajar materi pelajaran sekolah, kamu juga bisa kok membagikan konten terkait dunia kerja. Dengan skill dan pengalaman yang kamu miliki, kamu dapat membuat konten video dengan mengajarkan berbagai topik seperti, marketing, IT, bisnis, hingga kesehatan seperti fitness

Dengan memanfaatkan media seperti YouTube, kamu bisa mendapatkan uang dari subscriber. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan website pribadi untuk membuat konten eksklusif berupa akses bahan ajar (pdf/ppt) yang tentunya bisa kamu kenakan biaya.

 

Gimana guys? Tentunya pasti ada yang membuat kamu tertarik kan? Nah itu lah cara mendapatkan uang dari internet. Selain itu, bagi kamu yang berniat untuk mengembangkan kemampuan, langsung saja ke Skill Academy. Karena di Skill Academy tersedia berbagai kelas dengan materi yang mendalam.

SKill Academy - CTA

Referensi

Gatheringdreams.com. (2021). How To Become A Freelance Writer (And Actually Make Money!). https://gatheringdreams.com/how-to-become-a-freelance-writer/ [Daring] (Diakses 12 Mei 2022)

 

Gulman Azkiya